Trik Dasar Skateboard yang Perlu Anda Ketahui Sebagai Pemula

Mungkin beberapa orang sudah tidak asing dengan skateboard atau papan seluncur yang merupakan salah satu jenis olahraga yang banyak diminati oleh anak muda jaman sekarang. Permainan itu sangat simpel hanya dengan papan seluncur seseorang dapat memperlihatkan beberapa teknik permainan mulai dari yang mudah sampai dengan yang sulit dilakukan sekalipun. Namun sesimpel apapun itu jika untuk seorang pemula tentu akan susah. Jenis olahraga satu ini dapat dikatakan ekstrim, hal ini dikarenakan jika skaters (pemain) tidak bisa menjalankan trik dengan baik tentunya akan beresiko besar bahkan tidak jarang berujung pada cidera patah tulang.

Makanya dari itu sebagai pemula jangan sekali-kali mengikuti tanpa adanya perlengkapan, peralatan ataupun pengetahuan yang pasti mengenai teknik-tekniknya. Nah, berikut ini beberapa teknik dasar dalam sebuah permainan papan seluncur, antara lain:

  • Ollie.

Pertama Anda harus menguasai teknik Ollie dulu sebelumnya supaya dapat belajar teknik lainnya. Tanpa mempelajari teknik ini jangan harap anda dapat melakukan trik yang lebih ekstrim lain. Ollie sendiri berawal dari gerakan yang mengangkat papan skate dengan menghentakkan salah satu kaki di ujung papan sampai dengan papan terangkat dan diikuti oleh kaki lainnya. Jadi secara langsung akan membuat sebuah lompatan yang sangat tinggi sesuai dengan hentakan di kaki.

  • Kickflip.

Selanjutnya ini merupakan trik lanjutannya dari Ollie, karena untuk melakukan teknik ini sebelumnya Anda harus mengawali terlebih dahulu dari lompatan menggunakan Ollie. Kemudian dilanjutkan dengan cara menendang papan skateboard saat berada di udara sampai dengan 360 derajat dan jatuh dengan posisi seperti awal. Sekali dua kali memang masih terlihat susah tetapi jika dilatih tentu akan menjadi mudah.

  • Heelflip.

Sebenarnya teknik ini tidak jauh berbeda dengan trik sebelumnya, perbedaannya hanya pada putaran papan skatenya. Untuk kickflip putaran menggunakan kaki tetapi jika untuk heelflip menggunakan tumit. Tentunya cara itu akan berdampak pada hasil putaran papan yang akan berputar berbalik kearah skater.

  • Indy grab.

Bagi Anda yang telah menguasai teknik Ollie akan lebih mudah melakukan teknik indy grab. Karena trik ini dilakukan dimana skaters memegang papan skate pada sisi samping bagian tengah papan atau tepatnya berada pada antara kedua kaki. Jadi dalam teknik ini seorang skaters akan terlihat seperti melayang dengan papan yang masih berada pada kaki.

  • Airwalk grab.

Kemudian ada teknik yang lebih ekstrim lagi yaitu dengan cara meraih ujung depan papan seluncur saat berada di udara yang diikuti dengan tendangan supaya ujung depan terangkat. Tujuan utamanya tentu berhenti dengan sempurna memakai kedua kaki dengan papan skate melalui genggaman tangan.

  • Manual.

Lalu selanjutnya ada teknik dasar skateboard yang mempunyai kunci utama keseimbangan antara kedua kaki depan dan juga belakang.