Tips Merawat Sepeda Bekas Untuk Pemula

Sepeda bekas – Sepeda adalah alat transportasi yang menyehatkan bagi sebagian besar masyarakat, masih banyak yang menggunakan sepeda untuk pergi bekerja atau melakukan aktifitas di luar rumah dengan menggunakan sepeda.

Tentunya dalam merawat sepeda bekas berbeda dengan merawat sepeda baru. Anda harus sering-sering menjaga dan merawat komponen yang ada di sepeda Anda, agar sepeda Anda tetap tampil maksimal.

Di bawah kami akan bagikan informasi penting tips merawat sepeda bekas untuk pemula yang bisa Anda jadikan bahan referensi.

pertama, cuci bersih sepeda dengan cara menggunakan air dari selang dengan tekanan sedang. jangan pernah mencuci sepeda sekotor apapun dengan menggunakan air bertekanan tinggi (steam). air bertekanan tinggi akan membuat air masuk ke sela – sela komponen dan tidak dapat dikeluarkan dengan mudah. selain itu penggunaan steam akan membuat grease lepas dari perlekatan dengan komponen misal bearing, peluru besi (gotri) yang seharusnya dilindungi.

pakailah sabun atau paling bagus shampoo cuci mobil/motor. gunakan sikat lantai untuk merontokkan dan membersihkan ban dari lumpur kering dan kotoran lain. ingat sikat yang terlalu kaku bisa melukai permukaan ban dan bahkan meninggalkan bekas parut. pergunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan bagian – bagian yang sulit dijangkau seperti tube seputar front derailleur, bagian dalam cassete, dan lain – lainnya. bersihkan cassete dan rantai dengan kuas sambil disemprot dengan air dari selang.

segera keringkan frame sepeda dengan kain khusus penyerap air. coba miringkan sepeda ke kiri dan kanan untuk membuang air yang terperangkap masuk. tidak lupa berdirikan sepeda dengan roda belakang beberapa saat untuk mengalirkan air yang tersisa. beberapa pabrikan sepeda membuat lubang buangan air di beberapa bagian frame untuk memudahkan air mengalir keluar. silakan dilihat dan dicermati bagian mana saja itu. biasanya di chainstay bagian dalam dekat dengan free hub, kemudian bottom bracket bagian bawah. untuk pemakai hollowtech II, pastikan tidak ada air yang tertinggal di dalam as bottom bracket tsb.

langkah selanjutnya, lepaskan rantai dengan bantuan alat pembuka rantai. semprot dengan degreaser. jangan gunakan wd40 kecuali memang kondisi rantai anda telah benar-benar parah, misal karatan. gantung rantai dan biarkan beberapa saat sampai seluruh sisa kotoran yang menempel luruh. jangan semprotkan degreaser selama rantai masih terpasang. ini berisiko cairan masuk ke as bb atau freehub dan melarutkan grease yang terpasang.

jangan pernah gunakan minyak tanah untuk membersihkan rantai, cassete dan crankset. selain minyak tanah semakin jarang didapatkan juga berisiko membuat beberapa bagian komponen khususnya yang terbuat dari karet serta plastik elastis akan mengeras dan bahkan bisa kehilangan fungsinya.