Tips Merawat dan Mencuci Boneka Teddy Bear

Teddy bear merupakan sejenis boneka yang memiliki wujud seperti beruang dan memang menjadi kesayangan banyak orang. Tak hanya anak laki-laki dan perempuan saja yang menyukainya, para gadis dan perempuan dewasa pun jika diberi teddy bear tidak akan menolak karena lucu dan nyaman saat dipeluk. Terutama yang berukuran besar. Namun tentu jika tidak dirawat dengan baik, teddy bear kesayangan Anda akan cepat rusak. Berikut ini adalah cara merawat teddy bear dengan benar:

  • Simpanlah teddy bear Anda pada tempat-tempat yang kering dan tertutup seperti lemari atau lemari kaca. Sesekali dikeluarkan dan diangin-anginkan untuk menghindarkannya dari jamur.
  • Tetap simpan teddy bear Anda di dalam plastik kemasannya, tanpa perlu mengeluarkannya.
  • Jika Anda meletakkannya di kasur Anda, pastikan Anda membersihkannya secara rutin, baik dengan vacuum maupun dengan cara dicuci.
  • Anda bisa juga memasukkannya ke dalam tempat mainan yang berbentuk box atau kotak agar mudah diambil oleh anak-anak.

Teddy bear dapat dicuci serta dibersihkan dengan beberapa macam cara. Namun sebelum Anda melakukan pencucian, lihat dahulu tag pada teddy bear untuk memastikan dengan cara apa ia dapat dicuci. Berikut ini beberapa cara membersihkannya:

  • Teddy bear dengan tingkat kotor ringan.

Gunakan penyedot debu di seluruh bagian boneka teddy bear untuk menyerap debu. Kemudian pukul-pukul teddy bear sehingga debu yang tersisa dapat ikut keluar. Setelahnya jemur teddy bear di tempat yang teduh dan terhindar dari debu. Teddy bear juga tidak boleh disimpan di tempat yang lembab. Segera angkat lalu simpan kembali teddy bear kesayangan Anda.

  • Teddy bear dengan tingkat kotor sedang.

Cara ini adalah untuk teddy bear dengan tingkat ke kotoran yang sedang seperti ada debu dan noda yang agak membandel. Tahap pertama seperti cara di atas, yaitu dengan menggunakan penyedot debu dan dipukul-pukul. Setelah itu, ambil sikat gigi yang bersih, basahi dengan sedikit air yang diberi baking soda. Gosoklah noda tersebut hingga benar-benar bersih. Bilas dengan sedikit air pada bagian tersebut. Segera angin-anginkan teddy bear atau bisa juga dengan mengeringkannya dengan hair dryer. Lalu simpan kembali teddy bear dalam tempat semula.

  • Teddy bear dengan tingkat kotor berat.

Biasanya ini digunakan untuk mencuci teddy bear yang sudah lama tidak dicuci atau disimpan di tempat yang berdebu. Cara mudah untuk membersihkannya adalah dengan membawanya ke laundry, namun jika Anda ingin melakukannya sendiri pun bisa. Caranya, masukkan boneka teddy bear ke dalam kantung laundry, jaga agar ikatannya jangan sampai lepas, cuci dalam putaran mesin cuci yang rendah (smooth) selama 5-10 menit dengan deterjen yang lembut. Kemudian bilas lalu keringkan pada mesin pengering. Jemur di tempat yang terkena panas selama beberapa jam (jangan terlalu lama).