Tips Merawat Bayi Usia 0-6 Bulan yang Wajib Diketahui

Bayi yang baru lahir hingga usia 6 bulan sangatlah rentan dan lemah, sehingga butuh perlakuan khusus. Termasuk dalam merawatnya. Berikut ini tips merawat bayi usia 0-6 bulan yang wajib diketahui oleh ibu dan juga orang-orang di sekitarnya.

Memandikan bayi

Bayi wajib dimandikan agar kulit dan tubuhnya tetap bersih. Selain itu, agar bayi terhindari dari infeksi bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan iritasi kulit. Ada beberaoa hal yang perlu diperhatikan ketika memandikan bayi:

  1. Menyiapkan semua peralatan dan perlengkapan bayi sebelum mandi (seperti sabun, sampo dan lain-lain) dan sesudah mandi (seperti handuk, pakaian, bedak dan sebagainya).
  2. Suhu air yang digunakan untuk mandi bayi sebaiknya sekitar 29,5 derajat celcius. Ketinggiannya antara 5-8 cm.
  3. Sebaiknya mandikan bayi di dalam ruangan dan tidak berangin.
  4. Jangan pernah sekalipun meninggalkan bayi sendirian dalam bak mandinya.
  5. Agar bayi senang, Anda juga bisa menyertakan juga mainannya
  6. Selalu gunakan handuk lembut untuk mengeringkan tubuh bayi setelah mandi.
  7. Berikanlah minyak telon ke tubuh bayi agar dia merasa hangat dan nyaman kembali.

Merawat tali pusar

Perawatan tali pusar bayi sangat penting untuk diperhatikan. Pertama-tama, lepaskan perban yang membungkus tali pusar, lalu bersihkan sekeliling pangkal tali pusar dengan cotton bud yang sudah dicelupkan ke dalam larutan alkohol 70% terlebih dahulu. Setelah dibersihkan, lilit kembali tali pusar dengan kasa steril yang juga sudah dicelupkan ke dalam larutan alkohol 70% terlebih dahulu. Selalu pastikan kebersihan benda-benda atau alat apapun yang digunakan untuk merawat tali pusar.

Membersihkan mata

Membersihkan mata bayi dapat dilakukan dengan kapas. Pertama gulung kapas lalu dicelupkan ke dalam air hangat. Gunakan kapas tadi untuk membersihkan mata bayi dari arah dalam ke ujung luar. Selalu gunakan kapas berbeda untuk setiap mata untuk memastikan kebersihannya.

Membersihkan telinga

Membersihkan telinga bayi juga hal penting. Anda bisa menggunakan cotton bud yang telah diberi baby oil lalu diusapkan pada daun telinga bagian depan dan belakang, kemudian dikeringkan dengan lembut.

Membersihkan gigi dan gusi

Meski belum memiliki gigi, kebersihan mulut bayi juga penting diperhatikan. Anda bisa menggunakan kain atau kasa steril basah untuk membersihkannya tiap hari.

Membersihkan hidung

Untuk membersihkan hidung bayi, Anda bisa menggunakan cotton bud yang dicelupkan dulu pada air hangat. Masukkan hidung sedikit saja, lalu putar dengan lembut. Jangan paksa jika bayi merasa tidak nyaman.

Membersihkan alat kelamin

Bagian penting lain yang harus dibersihkan adalah alat kelamin. Pada bayi laki-laki, bersihkan alat kelaminnya dan sekitarnya dengan kapas basah sampai bagian anus. Bersihkan mulai dari bawah hingga atas alat kelamin dengan menariknya secara perlahan-lahan. Dan lakukan satu arah.

Untuk merawat bayi perempuan, bersihkan daerah lipatan di sekitar alat kelamin dan pangkal paha dengan kapas basah. Lakukan dari daerah tersebut sampai ke arah anus. Selalu keringkan setelah membersihkan bagian ini. Pastikan anak merasa nyaman dan tenang.