Tips Merawat Alat Musik Grand Piano dengan Tepat

Alat musik merupakan alat yang digunakan untuk bermain musik seperti gitar, piano, harmonika, bass, dan juga masih banyak lainnya seperti dari alat modern hingga mendukung musik tradisional. Alat yang sering digunakan untuk mengiringi permainan musik ini misalnya piano yang merupakan alat yang mempunyai harga mahal. Harga dari piano ini tergantung dari jenis yang dipilih misalnya untuk yang paling mahal adalah grand piano yang mempunyai bentuk besar dan desain yang elegan. Grand piano ini harganya ratusan juta rupiah dan digunakan untuk mengiringi konser besar. Karena harganya yang mahal maka grand piano ini perlu dirawat dengan tepat agar tidak rusak. Beberapa cara tepat untuk dapat merawat grand piano ini adalah:

  • Mengatur kelembaban udara

Apabila Anda mempunyai grand piano yang terpajang dengan indah di rumah dan sering dimainkan. Maka cara untuk merawat yang pertama adalah dengan menyesuaikan suhu ruang penempatan grand piano tersebut dengan tepat. Tempatkan grand piano pada ruangan yang mempunyai suhu udara yang tepat dan hindari suhu udara yang ekstrim. Karena apabila ditempatkan pada suhu yang terlalu panas atau dingin akan membuat soundboard grand piano tersebut menjadi mudah rusak. Padahal soundboard pada piano adalah jantung untuk mengeluarkan suara yang indah sehingga tidak boleh rusak.

  • Tuning secara berkala

Perawatan kedua yang dapat dilakukan untuk alat musik grand piano ini adalah dengan tuning secara berkala. Tuning untuk piano yang sering dimainkan akan lebih baik apabila dilakukan setidaknya 6 bulan sekali. Hal tersebut dilakukan agar menghindari suara piano menjadi false atau out of tune sehingga mengeluarkan nada yang tidak pas apabila digunakan untuk mengiringi lagu yang dimainkan. Tuning ini dilakukan dengan konfigurasi dan juga setting pada senar yang ada pada grand piano tersebut.

  • Vocing

Merupakan cara ketiga untuk merawat grand piano agar tidak mudah rusak dan suaranya tetap terjaga dengan baik. Karena suara yang dihasilkan merupakan hal yang paling penting, maka perawatan voicing ini harus sangat diperhatikan oleh pemilik grand piano. Untuk menjaga suara yang dihasilkan sebaiknya lakukan voicing pada hammer head yang ada pada grand piano. Sehingga suaranya tidak akan berubah walaupun dimainkan dalam waktu cukup lama.

  • Regulation

Adalah cara perawatan alat musik grand piano ini dengan menjaga responsiveness pada grand piano tetap seperti dalam keadaan pertama kali membeli. Apabila dipakai setiap hari dan dalam jangka waktu yang lama serta alasan lainnya biasanya bentuk dan dimensi komponen grand piano tersebut akan berubah. Oleh karena itulah untuk perawatan grand piano yang satu ini membutuhkan bantuan ahli karena setidaknya ada 12 ribu komponen dalam grand piano yang harus diperhatikan dengan baik.