Tips Mencari Nama Bayi yang Tepat

Selain sibuk mempersiapkan keperluan bayi, calon orang tua juga biasanya disibukkan dengan mencari nama yang tepat untuk calon bayi mereka. Tidak jarang, orang tua kesulitan mendapatkan nama yang cocok karena berbagai pertimbangan. Berikut ini beberapa tips mencari nama bayi yang tepat, yang bisa Anda coba.

Buat Catatan Ide

Ide nama bayi kadang muncul tidak terduga. Karenanya, tiap kali ada ide yang muncul, catat dan simpan. Sehingga Anda akan punya banyak pilihan alternatif untuk nama bayi Anda.

Ada beberapa ide nama bayi yang bisa dipertimbangkan, seperti nama tokoh terkenal, nama relijius, nama benda, nama dengan arti tertentu, nama unik, nama berdasarkan bulan kelahiran dan lain-lain.

Manfaatkan internet

Di era internet seperti sekarang ini, mendapatkan ide nama bayi tidak lagi sulit. Anda bisa memanfaatkan internet untuk menambah ide nama-nama calon bayi Anda.

Kreativitas Baru

Untuk mendapatkan nama yang unik dan berbeda, Anda juga bisa melakukan kreativitas baru. Anda bisa mengubah huruf-huruf dari nama yang sudah ada, hingga didapat nama baru yang unik.

Hindari Nama yang Terlalu Panjang

Sebaiknya hindari nama yang terlalu panjang. Cukup dua atau tiga kata saja, dengan kata terakhir biasanya adalah nama keluarga, jadi Anda hanya perlu mencari kata pertama dan kata kedua saja.

Perimbangkan nama panggilan

Selain nama lengkap, Anda juga perlu mempertimbangkan nama panggilan anak. Sebaiknya, gunakan nama panggilan dari nama depan, agar lebih mudah.

Hindari Memilih Nama yang Sulit diingat, Dilafalkan dan Dituliskan

Nama yang baik sebaiknya mudah diingat, dilafalkan dan dituliskan. Hindari memberikan nama yang sulit dilafalkan atau dituliskan. Karena ini akan mempersulit anak Anda di masa sekolah atau di dunia kerja nantinya.

Hindari memilih Nama dengan arti negatif dalam bahasa lain

Sebelum memberikan nama, cek lagi arti nama yang Anda pilih. Jangan sampai nama pilihan Anda ternyata memliki arti negatif jika ada dalam bahasa lain.

Jelas laki-laki atau perempuan

Berikan nama yang jelas, hingga tidak menimbulkan salah persepsi. Memberikan nama yang tidak sesuai jenis kelamin ternyata dapat memicu ledekan dari teman-temannya di masa sekolah anak. Di dunia pencarian kerja, sedikit banyak akan menyulitkan juga terutama untuk pekerjaan yang mensyaratkan gender tertentu.

Hindari kata berkonotasi negatif

Sebaiknya hindari memberikan nama yang dapat diplesetkan hingga berkonotasi negatif. Selain itu juga dapat menjadi bahan olok-olok di sekolah.

Berikan Nama yang Bisa Membuat Anak Percaya Diri

Bila anak tidak menyukai namanya, ia akan merasa kurang percaya diri. Sebaliknya, nama yang bagus akan membuatnya bangga atas dirinya. Nama adalah label untuk diri kita. Jadi pilihkanlah nama yang terbaik untuk anak-anak kita.

Demikian tadi beberapa tips memberikan nama pada bayi. Selamat mencoba.