Tips Liburan Hemat

Tujuan utama liburan adalah menikmati waktu dengan menghibur diri dengan suasana baru di tempat yang sudah menjadi pilihan bersama orang-orang spesial. Berlibur tentu tidak selalu harus mahal. Yang penting bisa dinikmati, menambah pengetahuan, akrab bersama keluarga, dan manjur menghilangkan stres. Berikut ini adalah beberapa tips liburan hemat yang bisa anda terapkan ketika akan berlibur tetapi dengan budget yang tidak terlalu banyak :

  • Survey Lokasi atau Tujuan Liburan

Banyak orang melakukan perjalanan wisata, namun bingung begitu sampai di tempat tujuan. Hal itu terjadi karena sebelum berangkat mereka tidak mencari tahu kota atau negara yang akan dikunjungi. Padahal, tempat-tempat wisata tersebut pasti bisa dilihat di internet atau di buku-buku wisata. Survei lewat internet atau persiapan jauh sebelumnya sangat penting dilakukan karena Anda bisa mengetahui apakah ada diskon atau potongan harga, mulai dari tiket pesawat atau hotel. Atau mencari tempat belanja oleh-oleh yang terjangkau seperti pasar tradisional. 

  • Menentukan Budget

Satu hal yang penting untuk mengontrol pengeluaran yang tidak perlu adalah menentukan budget Traveling anda. Tentukan budget minimal yang diperlukan untuk transportasi, akomodasi, dan biaya makan sehari-hari, kemudian lebihkan sekitar 30% untuk jaga-jaga. Dengan adanya budget awal, Anda akan mendapat batasan dan terhindar dari biaya-biaya yang tidak perlu.

  • Menggunakan angkutan umum

Jika memungkinkan, Hindari menggunakan transportasi pribadi dalam perjalanan traveling anda, selain untuk menghemat biaya pengeluaran, andapun akan lebih leluasa untuk berpindah obyek wisata satu ke yang lain, yang mungkin sulit untuk dilalui kendaraan pribadi tanpa harus memikirkan kendaraan anda.

  • Tiket Pesawat

Tips liburan berikutnya adalah pastikan Anda memperoleh informasi pariwisata selengkap mungkin. Mulailah memeriksa harga tiket murah atau promo. Jika Anda belum yakin dengan harganya, periksa lagi tiap beberapa hari, siapa tahu ada penurunan harga. Saat harga turun segera lakukan pemesanan. Jika keberangkatan masih lama, jangan lupa mencatatnya. 

  • Bukan Saat Musim Liburan2

Di kebanyakan tempat wisata, harga pada saat musim liburan atau high season akan lebih mahal daripada ketika di musim biasa atau low season. Oleh karena itu, anda akan bisa lebih berhemat jika pergi sebelum atau setelah musim liburan.

  • Membawa Uang Cash atau Tunai

Tentu saja bukan hanya untuk dipakai berfoya-foya, tetapi dengan membawa uang tunai, anda akan lebih bisa mengatur pengeluaran selama liburan. Dengan membawa uang tunai, anda bisa melihat langsung berapa uang yang tersisa, sehingga dapat berpikir lebih dalam sebelum mengeluarkan uang.

  • Hindari Tourist Spot

Batasi pengeluaran Anda semaksimal mungkin dengan membawa sendiri bekal dari rumah dan tahan keinginan Anda untuk membeli souvenir di dalam tourist spot, karena dapat dipastikan harganya akan sangat mahal dibandingkan Anda membelinya di tempat lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *