Tips Liburan Asyik di Rumah Bersama Keluarga

Liburan asyik itu bukan berarti harus datang sebuah tempat atau pergi ke luar kota. Karena ternyata, liburan di rumah juga tidak kalah asyik dan menyenangkan. Lalu, apa saja sih yang biasa dilakukan saat liburan di rumah? Tips liburan asyik di rumah bersama keluarga berikut ini layak Anda coba.

Hal penting yang harus diperhatikan saat liburan di rumah adalah keterlibatan seluruh keluarga. Tidak perlu membuat rencana atau jadwal yang ribet dan heboh. Cukup kegiatan sederhana yang bisa dilakukan dan dinikmati seluruh anggota keluarga.

  • Melakukan Proyek Seni

Jika keluarga Anda menyukai seni, proyek seni yang dilakukan bersama bisa jadi pilihan menarik. Lakukan kegiatan seni yang tidak biasa dilakukan. Misalnya melukis dalam kertas ukuran jumbo di halaman rumah, menggambar dan mengecat ulang tembok rumah atau membuat benda-benda seni lainnya yang berbeda dari biasanya.

Jangan terlalu fokus pada hasilnya. Yang penting di sini adalah kebersamaan saat melakukannya.

  • Kegiatan Melayani

Kegiatan lain yang bisa dilakukan bersama keluarga adalah kegiatan melayani atau pelayanan. Jika di sekitar rumah ada panti asuhan atau panti jompo, tempat ini bisa jadi tempat liburan yang asyik. Anda bisa mengajak anak-anak atau anggota keluarga lain untuk jadi relawan di tempat ini selama liburan.

Jika tidak ada tempat seperti itu, Anda juga bisa mengajak anak dan keluarga merapikan barang-barang lalu menyumbangkan barang yang sudah tidak digunakan tapi masih layak dipakai.

  • Membuat Kerajinan atau Daur Ulang

Kegiatan seru lain yang bisa dilakukan adalah membuat kerajinan. Anda bisa memanfaatkan barang-barang bekas di sekitar rumah dan mengubahnya menjadi barang baru yang kreatif serta bermanfaat.

Untuk contoh dan modelnya, Anda bisa melakukan berbagai kreasi sendiri. Atau kalau perlu, cek juga contoh yang sudah ada di internet.

Baca Juga : Tips Liburan Ala Traveling yang Hemat dan Seru

  • Menata Rumah

Kegiatan menata ulang rumah juga bisa dilakukan untuk mengisi waktu liburan Anda di rumah. Ganti cat dinding kamar atau mengatur ulang tata ruangan rumah bisa jadi hal asyik saat dilakukan bersama keluarga.

  • Menata Ulang Foto Lama

Anda masih memiliki dan menyimpan foto-foto lama? Ambil dan tata ulang, kalau perlu buat jadi ‘scrapbook’ menarik. Selain asyik, melihat lagi foto-foto lama ternyata juga bisa jadi hiburan tersendiri saat di rumah.

  • Berkebun

Suka melakukan kegiatan outdor dengan tanaman? Liburan di rumah jadi hal asyik, karena Anda bisa menghabiskan lebih banyak waktu di kebun atau lahan Anda. Libatkan anggota keluarga dan anak-anak dalam kegiatan berkebun yang asyik ini.  

Demikian tadi beberapa tips liburan berupa ide menarik dan asyik liburan di rumah bersama keluarga yang bisa Anda coba. Yang paling penting dari semua ini adalah keterlibatan semua anggota keluarga dalam kegiatan liburan. Kebersamaan dan kegembiraan adalah tujuan utama dari liburan di rumah kali ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *