Tertarik Geluti Industri Kreatif, Ketahui Dulu Nilai Lebih dan Kurangnya

Hal yang tak biasa menang selalu bisa menarik perhatian masyarakat, begitu juga ketika Anda memutuskan untuk menekuni sebuah bisnis. Umumnya hanya barang-barang kreatiflah yang bisa mendapatkan penjualan yang sangat tinggi, lain dari pada yang lain sehingga membuat konsumen juga menjadi penasaran. Sehingga bagi Anda yang masih kebingungan ingin menjalankan usaha apa, tak ada salahnya jika ingin melirik industri kreatif. Tentunya tidak asing dengan nama yang satu ini bukan.

Usaha kreatif agaknya memang lebih memainkan ide atau otak dibandingkan dengan modal atau tenaga. Mereka yang biasanya menggeluti bidang ini memang bukan sembarangan orang, melainkan yang memiliki pemikiran cemerlang, terus berubah kedepannya. Semakin unik sebuah produk maka tidak menutup kemungkinan ia akan menjadi sebuah trend baru. Sebut saja dalam beberapa tahun terakhir ini bidang makanan atau cemilan pedas yang tengah mendapatkan banyak sorotan dari masyarakat. Berawal dari ide memberikan rasa tidak biasa pada sebuah panganan membuat berbagai macam industri kemudian ikut serta dalam mencobanya.

Agaknya bagi Anda yang ingin menggeluti sebuah industri kreatif maka juga harus tau akan nilai plus minusnya terlebih dahulu, diantaranya adalah:

Kelebihan:

  1. Modal yang dikeluarkan bisa sangat minim, bahkan tanpa modal sekalipun juga ada, contohnya saja bisnis yang mengandalkan barang bekas atau sampah, ia juga termasuk dalam jenis kreatif, tergantung nantinya akan dimanfaatkan menjadi apa dulu sampah-sampah tersebut nantinya.
  2. Menjalankan bisnis kreatif akan semakin membuat pelakunya terbuka dengan ide-ide baru. Tentunya tidak asing lagi bagi Anda bahwa dengan terus berpikir maka mereka juga akan lebih terbuka, hal-hal kreatif akan masuk, bisa semakin menyehatkan otak.
  3. Peluang untuk sukses di pasaran juga akan semakin tinggi, mengapa demikian? Karena barang yang dijual beda dari yang lainnya, sehingga belum ada di tempat lain, mau tidak mau mereka yang ingin barang tersebut tentunya harus membeli dari Anda bukan.
  4. Bisa bermanfaat juga untuk lingkungan, contohnya saja dengan mengolah limbah yang sudah tidak terpakai tersebut, maka Anda juga berperan dalam mengatasi masalah lingkungan.

Kekurangan:

  1. Sulit mencari tenaga-tenaga terampil yang bisa dijadikan sebagai SDM, karena memang kebanyakan diantaranya masih berpikir lurus kedepan. Sehingga harus banyak diberikan pelajaran terlebih dahulu.
  2. Menemukan pasarnya juga agak sulit jika Anda hanya terpaku pada lingkungan sekitar saja, akan lebih baik dengan menawarkannya secara online.
  3. Terkadang mendapatkan bahan baku untuk memulai bidang bisnis ini juga sangat lama.

Bagaimana, tertarik untuk mencicipi kesuksesan dari industri kreatif ini, bidang bisnis yang tidak mengeluarkan terlalu banyak modal, sehingga apa salahnya untuk Anda coba tekuni, namun harus dimulai dari belajar tentunya.