Tanaman Hias yang Mudah Perawatannya

Ingin memiliki taman yang indah namun takut tidak bisa merawat tanaman dengan baik? Tak perlu khawatir, cukup pilih tanaman hias yang mudah perawatannya agar halaman menjadi indah. Berikut ini adalah beberapa jenis tanaman yang bisa menjadi pilihan bagi para pemula yang ingin menghias halaman rumahnya:

  • Bunga Tapak Dara

Bunga ini berasal dari Madagaskar yang kemudian tersebar ke wilayah tropis. Bunga ini memiliki ciri daun yang susunannya menyirip dengan bentuk bulat seperti sebutir telur. Bunga Tapak Dara merupkan jenis tanaman hias yang perawatannya mudah, cukup disiram dan diberi pupuk secara rutin, maka bunga akan bermekaran.

  • Bunga Melati

Selain mudah dirawat, bunga melati juga tahan terhadap hama sehinga perawatannya sangatlah mudah. Bunga melati hanya butuh sinar matahri yang cukup agar tanaman bisa tumbuh besar. Agar tidak menjalar kemana-mana dan tetap rapi serta cantik, maka ranting-ranting pohon bunga melati perlu dipangkas.

  • Bunga Kemuning

Bunga Kemuning adalah salah satu jenis bunga yang memiliki keharuman tajam, terutama saat malam hari. Selain harum, bunga ini juga indah bentuknya. Oleh karena itu, bunga ini tak hanya digunakan untuk memperindah halaman rumah, namun juga digunakan untuk hiasan dekorasi di acara perkawinan. Bunga Kemuning sangat suka sinar matahari, oleh karena itu cocok untuk ditanam di halaman depan rumah. Perawatan bunga ini juga terbilang mudah karena cukup disiram dan dipupuk sesuai kebutuhan.

  • Bunga Bougenville

Bunga Bougenville berasal dari wilayah Amerika Selatan dan memiliki tekstur bunga seperti kertas. Bunga Bougenville biasanya digunakan untuk menghiasi jalanan atau gerbang. Tanaman ini sangat mudah tumbuh di wilayah beriklim tropis seperti Indonesia. Untuk perawatannya juga mudah dan tak perlu perlakuan khusus.

  • Bunga Amarilis

Tanaman selanjutnya yang mudah dirawat ialah Bunga Amarilis. Bunga ini memiliki varian warna yang beragam, agar bisa tumbuh bagus, maka Amarilis harus ditempatkan di bagian yang terkena sinar matahari secara langsung. Untuk menanam bunga ini tak perlu di halaman yang luas, karena bisa juga ditanam dalam pot.

  • Bunga Lavender

Lavender sangatlah mudah dirawat, selain itu tanaman ini juga sangat cocok ditanam di wilayah tropis seperti di Indonesia. Tanaman ini memiliki bentuk serupa semak pendek serta mempunyai banyak cabang. Ketinggiannya bisa mencapai 60 cm. Bunga ini merupakan bunga nasional dari Portugal yang sangat cocok untuk mengusir nyamuk. Manfaatnya ini akan semakin tinggi jika bunganya dikeringkan.

Itulah beberapa jenis tanaman hias yang perawatannya sangat mudah. Tak perlu mahir dan paham tentang bunga untuk bisa menanam dan merawat bunga-bunga ini. Cukup disiram dan dipupuk secara teratur, maka tanaman akan tumbuh berkembang serta menghasilkan bunga-bunga yang indah.