Tanaman Hias untuk Taman Minimalis

Ingin memiliki taman yang indah penuh bunga dan tanaman akan tetapi hanya memiliki lahan yang sempit? Tak perlu khawatir, karena memiliki taman yang indah tak harus dengan lahan yang luas karena dengan area yang sempit. Dan berikut ini adalah beberapa jenis tanaman hias yang bisa digunakan untuk mempercantik taman minimalis:

  • Siklok (Agave Attenuata)

Tanaman ini banyak dipakai untuk menghiasi taman, mempunyai daun berbentuk runcing serta pangkal batang yang cukup kuat dengan warna keputihan, pada bagian tepi daun agak berduri serta tanaman ini cukup tahan pada panas. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di tanah yang berpasir serta gembur, daun tanaman ini agak berdaging dan bisa tumbuh hingga mencapai dua meter. Tanaman ini akan semakin tinggi tangkainya apabila sudah berusia lima tahun, dan apabila usianya sudah menginjak lima tahun, tanaman ini akan semakin bertambah tinggi dan daunnya berwarna kuning di bagian pucuknya.

  • Mimosa Silver (Acacia Podalyriifolia)

Tanaman ini memiliki bentuk yang mirip dengan putri malu (Mimosa Pudical), daunnya memiliki warna kuning atau putih. Tanaman ini dapat tumbuh sepanjang tahun dan bisa dikembangbiakkan dengan cara mencangkok.

  • Dreacaena Tricolor

Tanaman ini memiliki daun yang runcing, tiap helai daunnya memiliki warna tiga macam, yaitu merah, cokelat, serta hijau. Tanaman ini cocok diletakkan pada bagian pinggir taman.

  • Bawang Brojol (Zephyranthes Grandiflora)

Tanaman hias ini tergolong keluarga bawang-bawangan, dikenal juga dengan bunga hujan atau Rain Lily. Kenapa dinamai Rain Lily, hal ini ini karena ketika berbunga, tanaman ini akan tampak seperti hujan bunga lili. Meski tanaman ini mempunyai ukuran yang lebih kecil, akan tetapi sepanjang tahun tetap bisa berbunga apabila dilakukan perawatan khusus. Bunga tanaman ini berbentuk seperti terompet, setiap mahkotanyanya memiliki 6 lembar kelopak. Beberapa jenis dari bunga ini mempunyai bau yang lembut dan manis. Bunga ini biasanya hanya bertahan sehari saja sebelum kemudian digantikan dengan bunga lainnya. Daun tanaman ini memiliki daun panjang serupa pita dengan warna hijau tua serta agak mengkilap.

  • Kamboja Jepang (Adenium)

Bunga ini berasal dari wilayah Afrika serta Asia Barat yang memiliki tanah yang cenderung keting. Pada bagian bawah tanaman ini batangnya cukup besar, namun daunnya kecil memanjang. Untuk bagian bawahnya akan tumbuh seperti umbi-umbian. Bunganya mirip dengan terompet dengan jumlah kelopak sebanyak lima helai untuk setiap bunga.

Itulah beberapa jenis tanaman hias yang bisa ditanama di halaman dengan ukuran sempit yang minimalis. Beberapa bunga bisa ditanam secara bersamaan akan tetapi harusnya ditata dengan serasi agar mendapatkan hasil taman yang cantik dan indah serta nyaman dipandang mata.