Tahap Perkembangan Bayi 6 Bulan

Setiap momen bayi sangat berharga untuk diikuti dan dipahami. Anda sungguh beruntung jika bisa mengikuti setiap tahap perkembangan bayi. Ini akan menjadi kebahagiaan yang tidak ternilai harganya. Saking menyenangkannya, terkadang Anda mungkin tidak menyadari perkembangan si kecil yang kini sudah menginjak usia 6 bulan.

Berdasarkan Badan Kesehatan Dunia (WHO), standar perkembangan bayi 6 bulan meliputi bobot sekitar 7,9 kg untuk laki-laki dan 7,3 kg untuk perempuan, tinggi sekitar 67,5 cm untuk laki-laki dan 65,8 cm untuk perempuan. Pada usia ini bayi umumnya sudah semakin aktif. Usia ini pun menjadi fase terakhir bayi hanya mendapat asupan ASI saja. Si kecil pun mulai mengoptimalkan setiap fungsi dari organ tubuhnya seperti mulai belajar menggerakan jari jemarinya.

Mulai usia 6 bulan ke atas, perkembangan bayi akan berlangsung dengan sangat pesat, sehingga membutuhkan dukungan penuh dari Anda sebagai orang tua. Berikanlah asupan makanan yang bergizi untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya, serta berikan stimulasi untuk melatih pergerakan tubuhnya.

Anda juga bisa membantu mengoptimalkan perkembangan bayi 6 bulan ke atas dengan memberinya mainan yang sesuai dengan tahapan perkembangannya. Sediakan mainan yang berbahan lembut dan aman untuk digigit oleh si kecil. Mainan yang mengeluarkan bunyi juga bisa membantu menstimulasi perkembangannya.

Selain beberapa hal di atas, berikut adalah milestone perkembangan bayi usia 6 bulan ke atas. Simak penjelasannya!

Merayap dan berguling

Dengan semakin aktifnya pergerakan si kecil, dia kini sudah memiliki kemampuan untuk berguling dan merayap dengan sendirinya. Ini dimungkinkan karena kemampuan otot si kecil berkembang semakin pesat.

Duduk dengan posisi yang lebih baik

Memasuki usia 6 bulan, kemampuan duduk si kecil sudah semakin baik. Sedikit demi sedikit si kecil mulai memiliki kemampuan untuk duduk dengan sendirinya. Ketika duduk, si kecil sudah menggunakan tangannya untuk menopang bobot tubuhnya. Kini si kecil sudah belajar untuk menyeimbangkan tubuhnya.

Kemampuan komunikasi

Dari segi kemampuan komunikasi, si kecil pada usia 6 bulan akan memiliki kemampuan untuk tertawa dengan suara yang lebih nyaring. Selain itu, dia akan mulai mengoceh dan menjawab apa yang Anda ucapkan. Dia akan merespons apa yang Anda tunjukkan padanya meskipun dia belum bisa berbicara dengan kata-kata yang jelas.

Mulai tumbuh gigi

Bila asupan kalsium cukup terpenuhi, mulai 6 bulan ke atas bayi akan mulai menunjukkan tanda-tanda pertumbuhan gigi. Gigi seri tengah bagian bawah adalah gigi yang pertama kali tumbuh. Pertumbuhan gigi ini biasanya disertai dengan kondisi gusi yang sedikit bengkak sehingga si kecil menjadi lebih rewel dan agak sulit makan. Walaupun demikian, Anda tidak perlu khawatir karena kondisi ini wajar dan alami.