Sejarah Singkat Dan Manfaat Mainan Lego

Banyak sekali jenis mainan anak dan salah satu mainan yang sangat popular adalah lego. Lego merupakan mainan yang tebuat dari bongkah kotak kecil-kecil yang bisa disusun menjadi bentuk apapun. Mainan lego ini terkenal hingga ke seluruh penjuru dunia, bahkan tidak hanya anak-anak yang menyukainya banyak juga orang dewasa yang hobi mengumpulkan mainan ini.

Bagi anak-anak bermain lego mendatangkan manfaat, terutama untuk perkembangan pola pikir dan kecerdasannya. Anak-anak akan belajar mengembangkan kreativitasnya dengan membentuk lego menjadi apapun yang mereka inginkan. Mainan ini cocok dimainkan oleh anak laki-laki maupun perempuan. Berikut ini ulasan singkat seputar sejarah dan manfaat mainan lego yang perlu Anda ketahui, khususnya bagi para penggemar lego.

Sejarah Mainan Lego

Awal mulanya lego adalah dari sebuah usaha kerajinan kayu Kirk Chiristiansen di kota Billund Denmark. Pada tahun 1916, Kirk membeli toko kerajinan kayu yang sudah berjalan semenjak tahun 1895. Namun pada tahun 1924 toko tersebut terbakar. Kirk tidak patah semangat, ia memulai lagi membangun pabrik kerajinan kayu yang jauh lebih besar. Ia mulai membuat miniature peralatan rumah tangga. Ia terus memprodilsi mebel dan mainan untuk mempertahankanusahanya.

Pada pertengahan tahun 1930-an, mainan yang ia produksi bernama Yo-yo menjadi mainan favorit di masanya, namun hal tersebut tidak berlangsung lama. Untuk mengurangi sampah ia kemudian menggunakan yo-yo untuk roda mainan truk.

Pada tahun 1934, Kirk mengadakan kompetisi untuk para pegawainya untuk memberikan nama baru bagi perusahaannya dengan hadiah anggur. Pada saat itu Kirk sedang mempertimbangkan nama yang dibuatnya sediri yaitu Legio yang diambil dari bahasa Denmark yaitu led godt yang artinya bermain dengan baik.

KemudianKirk memilih nama yang ia buat sendiri, Lego. Pada tahun 1963 bahan mainan yang digunakan diganti menjadi plastic ABS yang sifatnya stabil, tidak mengandung racun, warnanya tidak mudah pudar, tahan panas dan tidak mudah bengkok.

Manfaat Lego

Bongkahan-bongkahan lego dan kepingan lainnya bisa disusun menjadi bentuk apapun juga, bisa orang,  kapal, pesawat, mobil, robot dan berbagai bentuk lainnya. Bahkan lego bisa dibilang bukan lagi sekedar permainan namun media untuk mengasah kreativitas. Ada banyak manfaat lego, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Manfaat permainan ini adalah memberikan stimulus pemikiran 3D.
  • Mengasah keterampilan anak
  • Mengajarkan anak mengenai pemecahan masalah, pengorganisasian dan perencanaan dengan cara konstruksi.
  • Komunikasi dan berpikir dengan kritis.
  • Membangun kreativitas
  • Melatih kesabaran
  • Pengembangan keterampilan pada motorik halus.
  • Melatih koordinasi tangan dan mata.
  • Melatih mengenai matematika, teknik dan geometri.
  • Memahami bagaimana pola yang kompleks.
  • Mengembangkan logika dan penalaran.
  • Belajar bagaimana caranya membuat perencanaan dan mengaplikasikannya.

Demikian pembahasan singkat mengenai sejarah mainan lego dan manfaatnya. Semoga artikel ini menambah informasi bagi Anda.