Merawat Boneka

Bagaimana merawat boneka supaya tidak berubah warna? Terkadang, bagi penyuka boneka, merawat adalah bagian yang paling sulit. Tidak sesulit ketika membeli, tentunya. Setelah sekian tahun, tentu warna bahan boneka akan pudar seiring berjalannya waktu. Lalu, bagaimana agar ha tersebut tidak terjadi? Bagaimana agar bisa menjaga koleksi bonekamu agar tetap terlihat seperti baru walau sudah berumur bertahun-tahun. Yang terpenting adalah untuk membaca petunjuk pencucian yang terdapat pada label boneka yang akan di cuci. Dengan mengikuti petunjuk yang ada maka tidak perlu khawatir bonekamu akan rusak pada proses pencucian.

Berikut beberapa tips merawat boneka yang bisa kamu lakukan untuk menjaga bahan dan warna supaya tidak lekas pudar:

  • Memberikan plastik, untuk boneka yang tidak digunakan, kamu bisa menutupnya dengan plastik tipis atau membuatnya kedap udara. Dengan demikian bonekamu akan terlindung dari debut, bakteri maupun perubahan warna karena cuaca
  • Mencuci secara berkala menggunakan deterjen herbal dan ramah lingkungan. Tentunya tidak akan menyenangkan bermain dengan boneka namun tertutup oleh plastik, maka mencuci secara berkala menggunakan deterjen ramah lingkungan tentunya akan menjaga warna dan bahan bonekamu lebih awet daripada menggunakan deterjen yang menggunakan bahan kimia yang terkadang akan mempercepat rusaknya bahan
  • Setelah mencuci secara berkala, usahakan tidak menjemur bonekamu langsung kena matahari karena akan berakibat memudarkan warna. Menjemur bonekamu cukup dengan mengangin-anginkan saja di tempat terbuka.
  • Jika hanya berdebu, bisa dibersihkan dengan menggunakan selotip. Cukup tempelkan ke boneka dan tarik sehingga debu yang menempel pada boneka akan tertempel pada selotip.
  • Pembersihan bisa juga menggunakan penyedot debu dengan kecepatan sedot rendah sehingga tidak akan merusak boneka. Merawat boneka dengan cara seperti ini diperlukan kehati-hatian ketika sedang membersihkan.
  • Menaruh boneka pada tempat yang tertutup seperti rak atau lemari kaca. Dengan demikian debu akan dapat di minimalisasi.
  • Memastikan boneka tidak memiliki kerusakan atau sobek. Jika ada, sebaiknya dibenarkan terlebih dahulu sebelum di cuci.
  • Untulk boneka yang sudah berumur, sebaiknya di bersihkan dengan menggunakan tas kertas lalu diberi baking soda lalu di guncang-guncangkan sehingga baking soda menempel rata pada boneka tersebut. Setelah sekitar setengah jam, barulah bersihkan boneka tersebut menggunakan handuk.
  • Untuk boneka yang berbulu, setelah proses pencucian dan pengeringan, sisir bulu-bulu dengan menggunakan sisir yang jarang, supaya tidak melepaskan bulu-bulu tersebut.
  • Pastikan mengembalikan boneka-boneka ke tempatnya supaya tidak terkena kotoran-kotoran lain yang bisa mengotori boneka tersebut.

Demikian, sedikit ulasan mengenai cara merawat boneka agar tetap bersih dan terawat walaupun sudah berumur bertahun-tahun. Semoga informasi ini berguna bagi mereka yang membutuhkan.