Menikmati Wisata Kuliner di Kota Semarang

Jika Anda berkunjung ke kota Semarang, tak lengkap rasanya jika tak menikmati berbagai masakan khas daerah ini. Kota yang terkenal dengan sejarah peninggalan jaman Belanda ini memang sudah sejak lama dikenal oleh banyak orang, memiliki berbagai makanan khas yang sangat sayang untuk dilewatkan jika berkunjung ke kota ini. Selain dapat menikmati historical tour atau tour penyusuruan peninggalan sejarah, di kota Semarang Anda juga dapat menikmati sajian wisata kuliner yang dapat memenuhi dahaga Anda akan berbagai makanan nikmat dan lezat dari kota bersejarah ini.

Menu pertama yang dikenal banyak diproduksi dan menjadi ciri khas kota sejarah ini adalah lumpia. Makanan yang terbuat dari bahan dasar olahan tepung terigu yang dibuat sedemikian rupa, untuk membalut bagian isian dalam yang biasanya terbuat dari rebung atau irisan bambu muda yang dicampur dengan berbagai bumbu serta irisan daging ayam dan bahan lainnya. Kuliner khas Semarang ini dapat dengan mudah Anda temukan di sepanjang jalan protokol yang ada di kota Semarang, seperti jalan Pandanaran, jalan Pemuda dan juga jalan MT. Haryono. Di sepanjang jalan tersebut akan dapat Anda temui pedagang lumpia goreng ataupun basah, menjajakan kuliner khas Semarang ini dengan bahan isian yang bervarian serta harga yang cukup murah. Cukup dengan merogoh kocek mulai dari 8ribu rupiah saja, Anda sudah bisa menikmati lezatnya rasa lumpia.

Selain lumpia, Anda juga dapat berburu makanan lain dalam wisata kuliner yang Anda lakukan di kota Atlas ini, yang antara lain adalah:

  • Bandeng presto, merupakan olahan yang terbuat dari bahan utama bandeng yang dimasak dengan cara di presto, sehingga tulang dan duri ikan bandeng menjadi lunak serta dapat dimakan. Kuliner ini banyak disajikan di sepanjang jalan Pandanaran dan pusat-pusat penjualan oleh-oleh dikota Semarang.
  • Wingko babat, merupakan makanan ringan yang terbuat dari olahan kelapa murni yang dimasak dengan menggunakan gula murni. Makanan oleh-oleh khas Semarang ini juga dapat dengan mudah Anda temukan diberbagai pusat penjualan oleh-oleh khas kota Semarang.

Jika Anda ingin menikmati kuliner di kota Semarang ketika malam menjelang, Anda dapat mengunjungi kawasan simpang lima yang merupakan pusat kota Semarang. Dikawasan ini Anda dapat menemukan jajaran pujasera yang menyajikan berbagai olahan masakan khas Semarang seperti nasi pecel, nasi ayam dan olahan masakan lainnya dengan harga yang sangat terjangkau. Di sepanjang kawasan ini telah tertata dengan rapi pusat-pusat penjualan berbagai olahan masakan khas kota Semarang.

Selain di sepanjang kawasan simpang lima Semarang, Anda juga dapat menyusuri kawasan jalan MT. Haryono, dimana dikawasan ini Anda juga dapat menemukan berderet pedagang kaki lima yang menyajikan berbagai olahan masakan khas kota Semarang. Kawasan jalan Gajah Mada pun juga sangat cocok Anda kunjungi di malam hari, jika Anda ingin menikmati wisata kuliner di kota atlas ini.