Mengenal Teknik Dasar Permainan Saxophone

Alat musik melodis adalah alat musik yang memiliki fungsi sebagai pemberi melodi, dimana alat musik ini dimainkan dengan membunyikan susunan nada yang terdapat didalamnya. Pada umumnya alat musik melodi ini, memiliki susunan nada-nada yang secara bergantian akan dimainkan oleh para pemain alat musik tersebut baik dengan cara ditekan ataupun dengan cara lainnya. Salah satu alat musik melodi yang memang dapat digunakan untuk memberikan rangkaian nada secara beraturan adalah saxophone. Alat musik melodis yang satu ini, terbuat dari bahan logam, dimana jangkauan nada yang dimiliki tergolong dalam kategori luas dan besar. Untuk memainkan alat musik yang satu ini, para pemainnya harus meniup bagian ujung dan menekan tuts-tuts tertentu untuk membentuk rangkaian nada yang indah.

Alat musik melodis yang satu ini merupakan alat musik yang berasal dari Belgia dan ditemukan oleh seorang pemain klarinet yang bernama Adolphe Sax, dimana nama akhir dari penemu alat musik ini, menjadi pangkal dalam pemberian nama alat musik melodis yang satu ini. Alat musik yang satu ini, sebetulnya telah ditemukan pada sekitar tahun 1840, dan baru dipatenkan oleh Adolp Sax pada tahun 1846, dengan membaginya dalam 2 kategori yaitu kategori orchestra dan kategori band.

 Selain saxophone ada beberapa teknik lain nya untuk bermain alat musik. Baca Selengkapnya di hobibanget.com

Untuk dapat memainkan alat musik melodi yang satu ini, para calon pemain saxophone atau yang biasa disebut dengan saxophonis, harus mengetahui teknik dasar dalam permainan tersebut. Berbagai teknik dasar wajib dimiliki oleh seorang saxophonis, agar nantinya hasil permainan mampu membentuk melodi dan suara yang indah dan mampu mengimbangi alat musik lainnya yang ada. Adapun teknik dasar dalam memainkan alat musik melodis yang satu ini, antara lain adalah:

  • Teknik memegang, untuk memainkan alat musik ini, para calon pemain haruslah mengetahui teknik dasar dalam memegangnya, dimana posisi jari telunjuk, tengah dan manis haruslah tepat berada pada kutub nada, sehingga nantinya pemain dapat menguasai alat musik dengan posisi yang enak.
  • Teknik pernafasan, dimana untuk memainkan alat musik melodis ini, para pemain haruslah menggunakan teknik pernafasan diafragma, sebagaimana teknik dalam bernyanyi, karena teknik inilah yang mampu menghasilkan tekanan udara yang lebih kuat dan teratur.
  • Teknik embasador atau peletakan bibir, dimana teknik yang baik selalu digunakan dengan meletakkan gigi bagian atas pada bagian mouthpiece dengan bibir terletak pada bagian mouthpiece itu sendiri.

Teknik dasar lainnya yang harus dikuasai untuk dapat memainkan saxophone dengan sempurna adalah teknik peniupan alat musik tersebut. Gunakan selalu tenaga yang kuat untuk meniup alat musik melodis tersebut, tiupan yang kuat ini, lebih dipengaruhi pada teknik pernafasan yang Anda lakukan. Oleh karenanya selalu biasakan diri Anda untuk melatih teknik pernafasan diafragma, agar mampu memainkan alat musik melodi ini dengan tiupan yang sempurna.