Mengenal Action Figure dan Cara Pembuatannya

Boneka karakter merupakan bentuk tiruan dari berbagai macam bentuk karakter kartun, superhero ataupun karakter lainnya, yang pada awalnya lebih dikenal sebagai mainan anak-anak. Namun karena bentuk dan desain yang menarik dari boneka karakter ini, tidak jarang banyak orang dewasa yang menjadikannya sebagai sebuah koleksi yang unik serta menarik. Bahkan kini boneka karakter atau yang biasa disebut dengan action figure inipun, sudah banyak dibuat dengan bentuk dan model tokoh-tokoh pahlawan ataupun tokoh dunia yang ada dalam kehidupan nyata. Mulai dari bentuk para pemain sepak bola, hingga presiden suatu negara pun dapat kita temukan dijadikan sebagai model boneka karakter yang satu ini.

Tahukah Anda bahwa harga dari boneka karakter yang satu ini, dapat mencapai angka jutaan rupiah untuk satu jenisnya, jika memang memiliki bentuk yang hampir menyerupai bentuk asli dengan tingkat pembuatan yang berkualitas tinggi. Tidak hanya dari segi bentuk saja, harga dari boneka karakter ini juga lebih banyak dipengaruhi oleh jumlah atau kuantitas dari produksinya. Jika satu model boneka karakter dibuat dengan edisi yang terbatas, maka harga dari boneka karakter yang satu ini, tentunya akan berbandrol lebih tinggi dibanding dengan yang diproduksi dalam jumlah banyak.

Baca Juga: Tren Tokoh Favorit Action Figures di Tahun 2017

untuk dapat membuat satu bentuk action figure ini, memang diperlukan beberapa tahapan yang membutuhkan tingkat kreatifitas dan ketelitian yang tinggi dari para pembuatnya. Meskipun bahan pembuatan yang digunakan simple dan mudah ditemukan, namun kreatifitas dari para pembuat boneka karakter inilah yang memang menjadi acuan dalam pelabelan harga dari boneka karakter ini. Berikut ini beberapa tahapan dalam pembuatan sebuah boneka karakter, hingga terbentuk menjadi bentuk yang unik dan menarik, yang antara lain adalah:

  • Mempersiapkan bahan dasar pembuatan, yang pada umumnya lebih banyak digunakan clay sebagai bahan dasarnya.
  • Membuat bentuk sesuai dengan karakter kartun ataupun karakter lainnya secara terpisah, mulai dari bentuk kepala tubuh dan anggota badan lainnya.
  • Menyatukan bentuk-bentuk yang terpisah dan menambahkan desain detail seperti kuku, rambut, bentuk hidung, baju, celana dan lainnya.
  • Setelah karakter terbentuk dengan sempurna, tahapan lain yang harus dilalui adalah tahapan pewarnaan, sesuai dengan warna karakter asli yang dibuat.
  • Finishing, tahapan ini adalah tahapan menyempurnakan hasil bentuk boneka karakter, yang biasanya berupa pemberian kesan mengkilap pada warna boneka karakter, serta tahapan finishing lainnya.

Jika kita jeli dan memiliki ketrampilan dalam membuat sebuah action figure ini, maka kemungkinan besar bagi kita untuk dapat menjadikan keahlian tersebut sebagai modal dalam berusaha pun akan semakin besar. Ketelitian dan sistem managemen yang tepat, akan menjadikan hobi dan ketrampilan yang Anda miliki, dapat menjadi ladang usaha yang menjanjikan bagi Anda. Jadi selalu asah kemampuan dan ketrampilan dalam diri kita.