Mengenal 7 Jenis Alat Musik Modern dan Cara Memainkannya

Musik sudah lama dikenal oleh manusia, bahkan sejak ribuan tahun yang lalu sebagai salah satu bentuk hiburan. Namun belakangan ini keberadaannya memang kian menjadi-jadi. Ada semakin banyak aliran yang bisa didengarkan. Begitu juga jenis alat musik modern yang hadir di tengah-tengah masyarakat. Dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir ini beberapa aliran musik cukup mendominasi masyarakat.

Pastinya sebagai anak muda Anda tak ketinggalan mendengarkannya bukan. Sebagian bahkan tak jarang yang juga memiliki hobby bermusik, baik itu dengan menyanyi atau memainkan salah satu alat musik yang ada. Tentunya selain sebagai sarana hiburan, juga sangat cocok untuk mengisi waktu senggang. Ada cukup banyak jenis alat musik modern yang bisa Anda pelajari atau dimainkan, diantaranya adalah:

 Baca juga beberapa alat musik modern yang lain nya hanya di hobibanget.com

  1. Gitar elektrik, gitar elektrik ini berbeda dengan jenis gitar akustik, karena ia hanya bisa dimainkan dan mendapatkan suara yang maksimal ketika dialiri dengan sumber listrik secara langsung. Dari segi harganya juga lebih mahal. Gitar elektrik adalah jenis alat musik petik yang dalam perkembangannya memiliki tampilan berubah-ubah dari tahun ke tahun.
  2. Gitar akustik, alat musik petik yang bisa menghasilkan suara ketika dipetik menggunakan jari jemari. Gitar ini terbuat dari bahan dasar kayu berkualitas dan dibalut beberapa senar. Memiliki berbagai pilihan nada ketika digunakan, sehingga menghasilkan suara yang lebih merdu dan rendah dibandingkan dengan gitar elektrik.
  3. Piano, alat musik yang satu ini banyak digunakan untuk pertunjukan-pertunjukan orkestra, dimana piano memegang peran yang sangat penting untuk menghasilkan nada-nada yang indah. Piano bisa menghasilkan suara dengan cara ditekan tuts-tutsnya.
  4. Harmonika, harmonika dimainkan dengan cara ditiup, hasil suaranya nyaring. Ia sudah ada sejak 5000 tahun yang lalu di China, hingga tersebar di seluruh penjuru negara. Alat musik yang satu ini tergolong mudah untuk dimainkan.
  5. Saxophone, tak jauh berbeda dengan harmonika, karena alat musik yang satu ini juga menghasilkan suara dengan cara meniupnya, bedanya adalah dari segi bentuk, ukuran saxophone jauh lebih besar dibandingkan dengan harmonika, suara yang dihasilkan juga lebih tinggi nadanya.
  6. Drum, alat musik tabuh yang biasa dimainkan pada sebuah grup bank, alat musik ini memiliki serangkaian bagian yang menghasilkan suara berbeda-beda. Tempo permainan juga harus dikuasai ketika ingin belajar drum.
  7. Organ, tak jauh berbeda dengan alat musik tiup yang lainnya, ia akan menghasilkan suara ketika ditiup, udara yang masuk akan dialirkan pada beberapa pipa, sehingga menghasilkan suara seperti yang diinginkan.

Itulah setidaknya beberapa jenis alat musik modern yang harus Anda ketahui, untuk belajar bermain juga tidak terlalu sulit, bisa mulai mengasah kemampuannya mulai dari sekarang.