Manfaat Mainan Lego Untuk Kecerdasan Anak-Anak

Salah satu jenis mainan edukatif yang bisa membantu tumbuh kembang kecerdasan buah hati Anda adalah lego. Mainan lego merupakan mainan yang berasal dari Denmark. Sampai saat ini, lego menjadi mainan favorit dan popular tidak hanya dikalangan anak-anak, banyak juga orang dewasa yang menyukai lego bahkan ada yang sampai menjadikannya koleksi.

Lego tidak sekedar mainan yang bisa membuat anak-anak senang, namun lebih dari itu banyak sekali manfaatnya. Yuk, langsung saja simak manfaat mainan lego berikut ini:

Mengenal Bentuk, Ukuran Dan Warna

Lego hadir dalam bentuk, ukuran dan warna yang beragam. Saat anak bermain Anda bisa memperkenalkan jenis-jenis warna, bentuk dan ukuran. Selain itu mainan ini bisa dijadikan media untuk belajar berhitung.

Koordinasi Tangan Mata Dan Kemampuan Motorik

Pada waktu bermain lego, anak-anak akan melakukan aktivitas memasang balok lego ke balok lainnya. Kegiatan tersebut dapat melatih koordinasi antara mata dan tangan secara langsung. Dengan bermain lego terus menerus kemampuan motorik anak semakin terasah. Selain itu kemampuan anak untuk mengontrol, memilih, menempatkan dan menggerakkan benda semakin berkembang dengan baik.

Kemampuan Berbahasa

Permainan ini tidak mengajarkan secara langsung kemampuannya bersosialisasi dan berbahasa. Tapi pada saat anak bermain lego dengan orang dewasa atau teman-temannya, bisa melatih kemampuan berbahasanya. Anda bisa mengajarkan berbahasa saat bermain bersama, misalnya: pada waktu memasang balok-balok di atas bisa menggunakan kata seperti “di atas”. Selain itu lego bisa digunakan untuk menunjukkan bentuk dan ukuran.

Melatih Kecerdasan Spasial

Saat bermain lego biasanya menjadi pengalaman pertama anak untuk menstimulasi obej 3 dimensi. Hal tersebut menjadikan mainan ini menjadi ajang berlatih dan mengembangkan kecerdasan bentuk dan spasial.

Baca Juga: Tips Memilih Mobil Remote Control Untuk Anak-Anak

Logika Dan Kemampuan Memecahkan Masalah

Lego melatih anak untuk mengikuti urutan atau tahapan sesuai dengan logika yang agak rumit. Anda bisa membantunya dengan memberikan instruksi. Atau Anda bisa serahkan ke anak. Ia akan membuat bangunan sesuai dengan imanjinasinya. Selain itu leg memperkenalkan dengan baik mengenai engineering, matematika, konstruksi bangunan melalui permainan yang menyenangkan.

Nah, bagaimana sekarang Anda sudah mengetahui manfaat mainan lego untuk kecerdasan dan tumbuh kembang anak.

Melatih Kecerdasan Dimensional

Selain melatih kecerdasan parsial, bermain lego bisa membantu kecerdasan dimensional yang bisa terus dikembangkan yaitu melalui konsep bangun ruang mengenai panjang, lebar dan tinggi.

Agar manfaat mainan lego dapat dirasakan dengan maksimal, maka penting bagi Anda menemani anak untuk mendampinginya. Untuk mendapatkan lego saat ini tidak sulit, Anda bisa beli di toko mainan konvensional di daerah Anda atau bisa melalui situs jual beli online, seperti bukalapak.com.

Itulah beberapa informasi mengenai manfaat mainan lego yang mesti diketahui, selamat bermain!