Macam-macam Alat Musik Gesek Lengkap dengan Pengertiannya

Dilihat dari cara memainkannya, alat musik terbagi menjadi 4 jenis, yaitu alat musik tiup, petik atau genjreng, pukul dan gesek. Di antara keempat jenis alat musik tersebut, alat musik gesek memiliki contoh yang paling sedikit. Alat musik ini merupakan alat musik yang cara memainkannya adalah dengan cara di gesek. Karena hanya bisa dimainkan dengan cara tersebut, maka biasanya ada semacam tongkat khusus yang digunakan untuk menggesek instrumen tersebut. Tongkat tersebut disebut dengan bow atau dalam bahasa Indonesia artinya busur. Ada beberapa instrumen permainan musik yang dimainkan dengan cara di gesek, di antaranya:

  • Biola.

Tentu kita semua sudah tidak asing lagi dengan instrumen musik satu ini. Biola atau yang juga dikenal dengan sebutan violin merupakan alat musik modern yang lazimnya digunakan dalam pertunjukan orchestra, pop, melayu hingga jazz. Alat musik ini mempunyai 4 buah dawai dengan urutan kunci nada G-D-A-E yang disetel sedemikian rupa untuk menghasilkan interval nada yang sempurna saat bergesekan dengan bow-nya. Para pemain biola didominasi oleh kaum Hawa yang mana disebut dengan violinist.

  • Contra bass/Double bass.

Contra bass atau double bass merupakan alat musik yang berbentuk seperti biola namun berukuran besar. Sesuai dengan sebutannya, alat musik gesek modern satu ini menghasilkan nada-nada bass (rendah) ketikan dimainkan. Selain dimainkan dengan cara di gesek, instrumen ini juga dimainkan dengan cara dipetik seperti saat memainkan gitar/kecapi. Sama seperti biola, Contra bass lebih banyak terlihat pada pertunjukan musik orchestra, pop dan jazz.

  • Viola.

Banyak yang mengira bahwa viola dengan biola sama saja. Namun sebenarnya kedua jenis alat musik ini memiliki perbedaan. Perbedaannya terletak pada ukuran dan juga nada yang dihasilkan. Umumnya, viola berukuran lebih kecil dan nada yang dihasilkan cenderung rendah/berat.

  • Cello.

Cello atau disebut juga dengan violoncello juga masih termasuk bersaudara dengan biola. Cello juga sekilas nampak mirip dengan contra bass/double bass, hanya saja berukuran lebih kecil. Cello juga merupakan instrumen yang wajib ada dalam pertunjukan orchestra atau musik klasik. Meski demikian, cello lebih populer dimainkan di belahan negara Eropa.

  • Rebab.

Kesenian musik tradisional juga mengenal dan menggunakan alat musik yang cara memainkannya adalah dengan di gesek. Nama alat musik gesek tersebut adalah rebab. Rebab merupakan alat musik yang berasal dari jazirah Arabia dan mulai beredar pada abad ke-8 melalui jalur-jalur perdagangan yang diadakan oleh masyarakat Muslim Timur Tengah. Rebab awalnya merupakan bagian dari kesenian musik tradisional masyarakat Persia namun saat ini rebab juga telah dipadukan ke dalam kesenian musik tradisional Tanah Air.