Jenis – jenis Tanaman Yang Bisa Untuk Tanaman Bonsai

Jenis – jenis Tanaman Yang Bisa Untuk Tanaman Bonsai

Anda termasuk penyuka tanaman hias? Berarti anda tahu tanaman hias yang satu ini. Ciri khasnya adalah ukurannya yang memang sengaja dikerdilkan. Ya, tanaman bonsai namanya. Tanaman hias yang satu ini memang termasuk banyak penggemarnya. Walaupun secara umum banyak penggemarnya, tapi mungkin tidak banyak yang tahu jenis – jenis tanaman yang bisa untuk tanaman bonsai.

Jenis – jenis Tanaman Yang Bisa Untuk Tanaman Bonsai

Pada umumnya teknik mengkerdilkan tanaman bisa dilakukan pada banyak tanaman. Tapi setidaknya ada 6 tanaman yang bisa dijadikan tanaman bonsai. Tanaman – tanaman ini punya karakter yang memang memenuhi kriteria untuk dijadikan tanaman bonsai.

  • Cemara udang

Ini termasuk bahan untuk tanaman bonsai yang banyak dicari. Hal ini memang karena cemara udang mempunyai keindahan tersendiri. Dengan ciri khasnya yang bentuk daun yang unik, lancip pada baigan ujungnya seperti jarum. Ditambah lagi dengan batangnya yang besar dank eras, membuat tanaman ini menjadi sangat unik bila ada versi kerdilnya. Keunikan yang menunjukan keindahan.

  1. Asam Belanda

Sebenarnya ini jenis tanaman yang dijadikan atau difungsikan sebagai peneduh. Oleh karena itu banyak ditemui di pinggir – pinggir jalan. Karakternya yang rindang membuat tanaman ini sangat cocok untuk dijadikan tanaman bonsai. Kelebihan tanaman ini cenderung mudah pembentukan dan perawatannya. Selain itu tanaman ini cocok dengan berbagai aliran dari bonsai.

  • Beringin

Ini termasuk tanaman yang banyak disukai untuk dijadikan bonsai. Karakternya yang mempunyai bentuk batang dan akar yang unik memberikan nilai seni tersendiri. Selain itu beringin juga mempunyai badan besar dan mempunyai daya tahan yang tinggi. Dalam arti tidak mudah mati. Secara keseluruhan beringin memang mempunyai tampilan yang mempunyai nilai estetika atau seni yang tinggi. Ditambah lagi dengan proses pembentukannya yang sulit membuat bonsai ini mempunyai harga yang mahal.

  • Jeruk kingkit

Jeruk kingkit termasuk tanaman yang berkualitas tinggi ketika dijadikan bonsai. Tanaman ini sangat cocok bila ditempatkan pada pot dangkal. Tanaman ini termasuk tanaman yang mudah tumbuh dan termasuk mempunyai daya tahan tahan yang tinggi ketika proses pemangkasan dan pembentukan.

  • Asam Jawa

Tanaman ini  mempunyai struktur batang yang kuat, tidak mudah patah ketika mulai dibentuk. Tanaman ini juga termasuk mudah untuk dibentuk. Secara keseluruhan tanaman ini termasuk jenis tanaman pada jajaran terbaik untuk dijadikan bonsai.

  • Anting putri

Tanaman ini mempunyai karakteristik mempunyai daun hijau kecil dengan bunga utih seperti melati kecil. Habitat aslinya di Afrika, Australia dan Asia. Anting putri termasuk tanaman yang sulit dicari alias langka. Ditambah lagi termasuk sulit untuk dibentuk dan dirawat. Hal ini membuat bonsai anting putri mempunyai harga jual yang sangat tinggi.