Inilah Cara Berkebun Buah Naga yang Mudah

Buah naga berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Buah yang memiliki nama asli Pitaya ini berjenis kaktus bermarga Hylocereus dan Selenicereus dan sekarang sudah dibudidayakan oleh negara-negara Asia seperti Vietnam,Indonesia, Malaysia, Filipina dan Taiwan. Bahkan bisa ditemui di Okinawa dan Austraslia. Banyaknya manfaat yang didapat dari mengkonsumsi buah yang satu ini menyebabkan petani berinisiatif melakukan penanaman dan pengembangan buah naga. Proses penanamannya mudah sehingga banyak orang menanamnya di halaman rumah sebagai tanama rias. Lalu bagaimana cara berkebun buah naga tersebut? Inilah cara berkebun buah naga yang mudah:

  1. Sediakan pot. Disarankan menggunakan pot minimal berdiameter 40cm dan terbuat dari tanah liat sebab Pataya membutuhkan perubahan suhu yang drastis dari siang ke malam untuk proses pembungaan.
  2. Siapkan tiang penopang. Tiang ini digunakan untuk menahan cabang produksi agar tidak roboh. Carilah tiang yang kuat untuk dililit oleh beberapa pohon saat penanaman pertama.
  3. Siapkan media tanam. Media tanam dapat berupa pasir, tanah, pupuk kandang dan kompos dengan perbandingan 2:1:3:1. Biarkan semalam sebelum kita mulai menanamnya.
  4. Pemilihan dan penanaman bibit. Caranya adalah dengan memastikan bibit tersebut terbebas dari penyakit dan dari batang yang besar, tua dan setidaknya cabang tanaman ini pernah berbuah minimal 3-4 kali guna melihat hasil produksi dari hasil yang terdahulu. Bibit biasanya memiliki panjang ideal 30 cm yang ditanam pada pot dengan kedalaman 10 cm lalu letakkan pot di tempat yang terkena matahari langsung.

Selama proses penanaman, tentu ada kendala khusus dalam merawatnya seperti pertumbuhan tunas yang lambat dan lama, buahnya yang belum juga menampakkan hasilnya, buah berbunga tapi tidak muncul buah atau selalu gagal karena gugur dan busuk. Untuk itu, pilihlah pupuk yang sesuai untuk membantu tumbuh kembang tanaman ini.

Baca Juga : Cara Berkebun Singkong yang Menghasilkan

Adapun beberapa manfaat buah naga adalah sebagai berikut:

  • Mencegah kanker

Dalam Pitaya in terdapat kandungan vitamin C yang menjadi antioksidan penting yang berfungsi sebagai pencegah rusaknya sel dikarenakan radikal bebas. Rusaknya sel tersebut adalah salah satu penyebab utamakanker.

  • Mencegah penyakit jantung

Kandungan zat Phytochemical captin dalam Pitaya dapat menurunkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh dan meningkatkan kadar kolesterol baik sehingga baik untuk jantung.

  • Mencegah kencing manis

Serat yang ada di dalam kandungan buah ini selain dipercaya dapat melancarkan pencernaan, ternyata bisa juga berfungsi sebagai pengontrol kadar gula dalam darah. Selain itu, terdapat vitamin B yang baik untuk mengatasi penyakit diabetes baik diabetes mellitus tipe 1 maupun tipe 2.

  • Menjaga kesehatan tulang.

Meskipun memiliki jumlah kalsium yag sedikit, akan tetapi buah ini memiliki jumlah zat besi yang cukup untuk kesehatan tulang.

  • Menjaga kesehatan mata

Buah naga mengandung beta karoten yang baik untuk kesehatan mata. Bagi yang tidak menyukai wortel, kita bisa menjadikan Pitaya sebagai alternative lain guna memenuhi nutrisi yang baik untuk kesehatan mata tersebut.

Nah, mudah kan mengaplikasikan cara berkebun buah naga itu?  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *