Inilah 5 Faktor yang Mempengaruhi Harga Gitar Akustik

Bagi para pemula, memilih gitar akustik yang baik dan berkualitas terkadang bukanlah perkara yang mudah mengingat ada banyak merek dan tipe gitar akustik di pasaran. Nah berikut ini 5 hal yang mempengaruhi harga gitar akustik:

  • Neck gitar.

Neck atau leher gitar merupakan bagian lurus dan memanjang pada gitar sebagai tempat fret-fret gitar. Dalam memilih gitar akustik yang baik dan berkualitas mudah saja, datarkan gitar lalu lihat apakah neck-nya bengkok atau tidak. Selain itu, neck gitar akustik yang bagus memiliki b besi penyangga gitar atau truusord. Pastikan juga memilih gitar dengan neck yang ukurannya pas dan nyaman digenggam.

  • Body dan material gitar.

Masing-masing gitar akustik memiliki proyeksi suara serta tonasi yang berbeda-beda. Tergantung ukuran dari gitar tersebut. Ada gitar akustik yang paling besar, ada pula gitar akustik yang terkecil. Untuk masalah pemilihan ukuran disesuaikan selera masing-masing saja. Namun yang pasti material atau bahan kayu yang dipakai gitar akustik akan mempengaruhi kualitasnya. Untuk material body gitar ada 3 macam, yakni berbahan triplek (all laminated), bahan kayu dan triplek (laminated with solid top) dan full kayu (all solid). Gitar akustik yang terbaik adalah yang all solid karena suara yang dihasilkan lebih berat, jernih dan khas. Tidak heran jika harga gitar akustik all solid akan jauh lebih mahal dari kedua jenis gitar akustik lainnya.

  • Fret gitar.

Fret atau grip gitar merupakan kawat tipis yang berjarak yang terdapat di sepanjang fingerboard. Untuk bahan fret sebaiknya pilih yang dari bahan stainless steel karena awet dan dapat menghasilkan kualitas suara yang baik. Idealnya, gitar akustik memiliki 12-14 fret. Cobalah mainkan gitar tersebut untuk memastikan falls tidaknya gitar akustik tersebut.

  • Tunning peg.

Tunning peg merupakan alat yang fungsinya adalah untuk menyetel senar gitar atau istilah lainnya adalah nyetem atau menyetem. Dalam memilih tunning peg ini harus benar-benar cermat terutama soal akurasi dan fungsi tunning peg tersebut. Anda bisa memilih tunning peg dari bahan stainless steel karena lebih awet, jelas tidak mudah pecah atau gompal dan tidak akan berkarat.

  • Kualitas suara dan merek.

Supaya lebih jelas dan mantap dalam memilih gitar akustik, pertimbangkan juga masalah kualitas suara dan juga merek gitar akustik itu sendiri. Soal kualitas suara sebenarnya itu tergantung pada feel Anda masing-masing, namun berdasarkan bahan senar, kualitas suara gitar akustik dengan senar nylon lebih halus, khas dan cocok untuk memainkan nada-nada klasik. Selain itu lebih lentur dan awet, serta tidak menyakiti jari. Soal merek sudah pasti, merek atau brand sangatlah menentukan harga gitar akustikNamun itu semua kembali soal selera dan budget Anda sendiri.