Ibu Muda, Inilah Perkembangan Bayi Usia 0-3 Bulan yang Wajib Diketahui

Bagi ibu muda, terutama yang baru pertama kali memiliki bayi, melihat pertumbuhan buah hatinya adalah hal yang sangat luar biasa. Apalagi, bayi pada usia 0 hingga 3 bulan biasanya menunjukkan kemajuan yang sangat pesat dan sayang untuk dilewatkan. Ibu muda, inilah perkembangan bayi usia 0-3 bulan yang wajib diketahui.

Usia 0 Bulan

Menangis adalah respon alami bayi. Apalagi di masa-masa awal setelah kelahiran. Saat ini ia masih melakukan usaha untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya. Biasanya, bayi akan tampak berkerut dan keriput. Ada kalanya, bibir dan matanya agak bengkak pada kelahiran normal. Hal ini wajar, karena pada kelahiran normal bayi baru saja melewai jalur persalinan yang sempit.

Pada bayi yang lahir cesar, agak berbeda. Mereka biasanya agak keriput karena terlalu lama berada di dalam air ketuban. Selain itu, bisa juga karena daging di bagian bawah lemak lapisan kulit yang masih belum terisi.

Bayi usia 0 bulan memiliki kemampuan refleks yakni mengisap dan mencari puting. Hal ini adalah refleks paling dasar yang dimiliki bayi untuk bertahan hidup dan menyesuaikan diri. Karenanya, saat ini, bayi yang baru lahir biasanya akan diposisikan tengkurap di atas dada ibunya. Di sini, ia akan berusaha mencari puting dan mengisap air susu ibu (ASI) sebagai nutrisi awal mereka.  

Usia 1 Bulan

Masa awal penyesuaian diri bayi masih terus berlanjut. Pada usia satu bulan, bayi akan lebih banyak tertidur. Mereka belum bisa membedakan siang dan malam, sehingga waktu tidurnya pun tidak bisa ditebak. Saat itu, pigmen mata mereka masih belum berkembang secara sempurna. Sehingga warna mereka akan berubah pada minggu-minggu mendatang.

Refleks alami bayi berupa menangis masih terus ada. Mereka menangis sebagai ungkapan rasa lapar. Pada usia ini, bayi sudah mulai mengembangkan refleks berupa menggenggam jari-jari ibu.

Usia 2 Bulan

Pada usia dua bulan, perkembangan penglihatan bayi sudah meningkat pesat. Bayi sudah mulai bisa mencoba meraih benda-benda di sekitarnya. Karennaya, baik dilakukan dengan memberikan stimulasi berupa mainan yang digantungkan di atas box bayi mereka untuk mereka coba raih.

Refleks lain yang mulai dikembangkan bayi usia dua bulan adalah mengisap jempolnya sendiri. Ia juga sudah mulai suka bermain dengan tangannya sendiri. Selain itu, bayi sudah mulai suka memasukkan barang-barang ke dalam mulutnya sebagai tahap pengenalan.

Usia 3 Bulan

Bayi usia tiga bulan sudah mulai bisa mengenali suara ibunya. Kebiasaan menggenggam pun semakin berkembang. Pada usia ini, bayi sudah lebih kuat menyangga kepalanya dan mulai berusaha bergulung ke kanan dan ke kiri.

Demikian tadi beberapa karakter perkembangan bayi pada usia nol hingga tiga bulan. Semoga bermanfaat.