Cara Merawat Tanaman Hias Agar Tumbuh Subur

Cara Merawat Tanaman Hias Agar Tumbuh Subur—memelihara tanaman hias memang mempunyai seni tersendiri. Keberadaan tanaman hias memang memberikan efek baik bagi tubuh dan pikiran. Terlebih jika anda menempatkannya di beberapa sudut ruangan. Suasana tenteram dan damai menyelimuti pikiran.

Namun memang dibutuhkan trik/ cara tersendiri agar tanaman yang kita tanam dapat tumbuh subur. Anda tentu harus merawatnya secara rutin agar tanaman tersebut dapat terus tumbuh menghiasi tempat anda. Namun anda perlu ketahui, bahwa perawatan tersebut haruslah disesuaikan dengan karakteristik dari tanaman hias yang kita tanam.

Ada tanaman hias yang senang dengan air, namun ada juga tanaman hias yang akan lunglai apabila terkena air berlebih. Maka dari itulah, sebelum merawatnya anda perlu mengenal karakteristik tanaman anda terlebih dahulu.  Berikut sedikit tips Cara Merawat Tanaman Hias Agar Tumbuh Subur untuk anda.

  • Tingkat kelembaban

Mayoritas tanaman hias memerlukan kelembaban yang harus terpenuhi. Anda dapat melihatnya dengan cara memeriksa kondisi dari tanaman hias anda. Cara mengeceknya adalah dengan melihat bagian daun dari tanaman hias tersebut. Jika di sana anda menemukan ada bagian bintik-bintik coklat pada daun yang berwarna kecoklatan, maka anda harus menambahkan kadar kelembamannya.

  • Penyiraman

Lakukan penyiraman rutin pada tanaman hias anda. Sekali lagi sesuaikanlah dengan karakter dari tanaman anda. Jangan beri air berlebih pada tanaman yang tidak memerlukan air berlebih, dan jangan lupa memberikan air pada tanaman yang memang memerlukan air banyak. Untuk mengetahui tanaman mana yang memerlukan air dan tidak memerlukan penyiraman rutin anda dapat menanyakannya pada penjual tanaman hias tersebut. Nah di bagian bawah dari pot tanaman hias anda ini akan terdapat lubang yang berfungsi sebagai saluran air keluar. Sehingga ketika anda menyiramnya, air tidak akan tergenang di dalam pot. Nah ketika anda menyiram dan melihat air telah keluar dari lubang, maka itu tandanya anda diharuskan untuk berhenti menyiram. Anda dapat melanjutkannya ke tanaman lainnya.

  • Pencahayaan

Anda mempunyai tanaman hias yang anda letakkan di dalam rumah? Jika punya, anda perlu mengeluarkannya di setiap pagi hari guna bertemu langsung dengan sinar matahari. Karena tidak semua tanaman hias dapat tumbuh subur di ruangan yang minim cahaya. Agar tanaman hias ada sehat, lakukanlah hal tersebut secara rutin setiap harinya. Anda dapat memasukkannya kembali ketika sinar matahari mulai memanas.  

  • Pupuk Organik

Ini merupakan makanan bagi tanaman hias anda. Ya, berikanlah tanaman hias anda  pupuk organik secara berkala, minimal 2 bulan sekali. Pemberian pupuk organik secara berkala ini dapat meningkatkan daya tahan tanaman hias anda terhadapt hama dan penyakit.