Cara Merawat Boneka Berbulu Agar Awet Tetap Terlihat Baru

Boneka adalah salah satu mainan favorit anak-anak, terutama anak perempuan. Namun banyak juga wanita remaja yang menyukai boneka dan menjadikannya barang koleksi. Agar kondisi boneka tetap awet dan bersih, caranya adalah merawat boneka dengan rutin dan benar.

Merawat boneka merupakan salah satu cara agar boneka dalam kondisi bersih. Apalagi jika boneka terbuat dari bahan berbulu lebih mudah kotor terkena debu. Debu yang menempel di bulu boneka jika didiamkan akan menumpuk dan sulit dibersihkan. Membersihkan boneka berbulu memerlukan perawatan khusus dibandingkan dengan perawatan boneka yang terbuat dari bahan lainnya.

Cara membersihkannya tergantung tingkat kotornya. Jika ingin tahu lebih jelas dan lengkap cara membersihkan boneka berbulu sesuai dengan tingkat kotorannya ikuti pembahasannya berikut ini.

Membersihkan Boneka Dengan Tingkat Kekotoran Ringan

Jika hanya debu yang menempel pada boneka, Anda tidak perlu mencucinya. Cukup gunakan pembersih debu vacuum cleaner ke seluruh bagian boneka yang terkena debu. Atau bisa dengan cara memukul-mukul boneka hingga debu yang menempel jatuh. Setelah selesai, jemur boneka di tempat yang teduh, hindari menjemur di tempat yang banyak debu.

Membersihkan Boneka Dengan Tingkat Kekotoran Sedang

Jika debu yang menempel pada boneka berbulu lumayan banyak, cara membersihkannya bisa dengan memukul-mukul boneka menggunakan penyedot debu. Namun jika sudah dibersihkan masih ada debu yang menempel caranya bisa gunakan sikat gigi yang bersih. Lalu basahi sikat gigi dengan air dan sikat ke bagian bulu boneka yang kotor.

Baca Juga: Boneka : Merawat Boneka Barbie

Jika ternyata kotoran atau debu belum juga hilang, bisa gunakan bantuan sedikit detergen cair. Tetap gunakan sikat gigi, caranya: masukkan sikat gigi ke detergen cair lalu sikat ke bagian bulu yang kotor. Bersihkan menggunakan air dengan sikat gigi.

Perhatian: jangan gunakan terlalu banyak air. Jika sudah selesai dibersihkan, lanjutkan dengan mengeringkan boneka. Caranya: angin-anginkan hingga kering. Hindari menjemur boneka di bawah sinar matahari langsung. Setelah selesai, sebaiknya simpan boneka di tempat yang terhindar dari debu, bisa dengan cara dibungkus pada plastic yang bening.

Membersihkan Boneka Dengan Tingkat Kekotoran Yang Sangat

Jika boneka sudah lama tidak dibersihkan dan disimpan pada tempat yang berpotensi terkena debu, sepertinya akan lebih sulit dibersihkan. Karena debu yang menempel terlalu lama lebih sulit dibersihkan. Jika demikian, cara membersihkannya bisa menggunakan mesin cuci atau dicuci secara manual.

Sebelum dimasukkan ke air, terlebih dahulu bungkus boneka menggunakan sarung bantal lalu ikat rapat. Sebaiknya gunakan sarung bantal warna putih untuk menghindari luntur. Tujuannya adalah agar bulu-bulu boneka tidak rontok. Gunakan kecepatan yang rendah.

Demikian pembahasan mengenai cara merawat boneka berbulu yang benar. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat.