Buku Novel Indonesia Langka yang Wajib Anda Baca

Saat ini aktivitas membaca sudah mulai banyak ditinggalkan. Sejak kemunculan berbagai macam teknologi, banyak orang yang lebih suka menggunakan kemudahan dan kepraktisan teknologi untuk mendapatkan informasi. Padahal, membaca memiliki banyak sekali manfaat untuk otak. Tak hanya membaca buku pelajaran, membaca buku novel pun bisa menambah pengetahuan dan menjadi hobi yang tak kalah menyenangkan untuk ditekuni.

Perlu diketahui jika kurangnya minat terhadap membaca bisa berakibat buruk dimana logika serta alur berfikir otak akan menjadi kurang terlatih. Selain itu, dengan kurangnya logika, maka masyarakat pun akan sangat mudah untuk di provokasi akan berbagai isu yang sebetulnya belum bisa diketahui fakta yang sebenarnya. Pengetahuan dan kemampuan bahasa juga bisa mudah berkurang karena manusia lebih suka segala hal yang praktis dan mudah dalam menemukan jawaban.

Untuk bisa melatih minat baca Anda, Anda juga bisa memulainya dengan membaca buku novel lama Indonesia yang kini sudah mulai langka berikut ini:

  • Bumi Manusia

Novel Bumi Manusia ini merupakan seri yang pertama dari Tetralogi Pulau Buru. Penulisnya adalah sastrawan yang amat terkenal yaitu Pramoedya Ananta Noer. Buku ini menceritakan tentang kisah cinta manis dari Annelies yang merupakan wanita cantik keturunan Belanda-Jawa dan juga Minke yang merupakan tokoh utama dari seluruh kisah di novel ini.

  • Sepotong Senja untuk Pacarku

Selanjutnya ada novel yang merupakan karya dari Seno Gumira Ajidarma. Sang penulis mampu menggambarkan jika senja merupakan barang hidup yang dapat dibawa kemana-mana sehingga bisa diberikan kepada orang yang di sayang. Ditambah dengan kata manis nan romantis menjadikan kalimat yang tidak klise dan utuh. Senja di dalam novel ini pun bisa menjadi imajinatif.

  • Ronggeng Dukuh Paruk

Novel karya Ahmad Tohari ini mengisahkan tentang cerita hidup dari Srintil yang merupakan seorang Ronggeng. Namun bukan hanya ronggeng yang menjadi inti cerita ini, namun ada juga kisah yang menceritakan terkait pergolakan terkait G30S/PKI sehingga kisah masa lalu akan bisa membangkitkan emosi para pembacanya.

  • Harimau! Harimau!

Mochtar Lubis dalam novel ini mampu menceritakan terkait penentangan terhadap pengaruh komunisme dan juga golongan kiri dalam dunia seni. Harimau! Harimau! adalah novel yang menceritakan tentang 7 lelaki pencari damar di dalam hutan yang bertemu dengan harimau. Kejar-kejaran dengan harimau inilah yang memberikan kecemasan dan kegelisahan yang begitu apik ditulis dengan perwatakan masing-masing tokoh.

Itulah beberapa buku novel yang kini sudah langka ditemukan saat ini. Anda bisa menemukan buku-buku langka tersebut di perpustakaan daerah dan kota sekitar Anda. Dengan membaca, bukan hanya ilmu baru saja yang bisa didapat, namun berimajinasi akan apa yang terjadi dalam alur cerita novel juga sangat menyenangkan.