Berlatih Teknik Dasar Bermain Saxophone

Bermain alat musik menjadi suatu keasyikan tersendiri bagi seseorang. Banyak alat musik yang bisa dipilih untuk dimainkan dan salah satunya adalah saxophone. Instrumen yang dimainkan dengan cara ditiup tersebut termasuk ke dalam golongan aerphone, single-reed woodwind instrument. Alat musik yang terbuat dari logam ini membutuhkan keahlian atau kemampuan untuk dapat memainkannya karena instrumen ini memiliki teknik dasar untuk memainkannya.

Terdapat 3 teknik dasar memainkan instrumen seperti terompet yang memiliki bentuk seperti huruf J ini yaitu embouchure, tounge atau teknik lidah dan breathing atau teknik pernafasan. Dalam bahasa Perancis yang berarti mulut sungai. Teknik dasar ini menggambarkan mengenai formasi bibir, gigi, rahang serta otot yang ada di sekitar mulut saat meniupkan udara melalui mouthpiece. Teknik ini akan menghasilkan tone dan kemampuan yang baik dalam menghasilkan suara di instrumen aerphone tersebut.

Jika bagian dari moutphiece saat embouchure ini terlalu sedikit masuk ke mulut maka suara yang akan dihasilkan oleh alat musik tiup tersebut akan lebih kecil dan kemampuan kontrol dari saxophone juga akan berkurang, untuk mengetahui mouthpiece masuk ke mulut terlalu dalam atau tidak maka Anda dapat melihatnya dari samping dengan reed yang ada di mouthpiece. Perhatikan mengenai jarak reed dan mouthpiece yang semakin jauh dan titik pertemuan tersebut yang akan berjarak adalah posisi gigi bagian atas yang menempel di mouthpiece itulah seharusnya diletakkan.

Baca Juga: Alat Musik Modern Paling di Minati

Kedua adalah tounge atau teknik lidah yang merupakan salah satu teknik dasar paling penting karena lidah akan memberikan aksen atau attack saat mulai untuk mengeluarkan suara lewat mouthpiece. Walaupun banyak variasi mengenai tonguing namun umumnya, teknik yang digunakan adalah dengan menyentuhkan ujung lidah ke ujung reed sambil mengucapkan “dah” saat ujung lidah menyentuh ujung reed. Ketiga adalah breathing atau pernafasan. Anda harus memiliki pernafasan yang kuat sehingga Anda bisa meniup alat musik tersebut dengan baik. Untuk latihan dengan menggunakan teknik diafragma maka Anda harus belajar untuk bernafas menggunakan bagian yang paling bawah dari perut agar kapasitas udara yang Anda peroleh tersebut cukup untuk mengontrol dan meniup alat musik tiup tersebut.

Latihan pernafasan yang dapat membantu Anda untuk bermain saxophone ini memiliki manfaat yang lainnya untuk kehidupan Anda, diantaranya adalah:

  • Membantu untuk menghindari munculnya penyakit paru-paru yang disebabkan karena pengambilan nafas yang 10 hitungan lebih lambat dan lebih dalam dan hal tersebut dipercayai oleh para ahli.
  • Membantu meditasi berdasarkan pada aturan yoga. Dengan mengambil nafas yang dalam secara teratur maka dapat membantu untuk Anda agar dapat fokus ke 1 hal tertentu.
  • Membantu untuk mengendalikan emosi sehingga juga bisa membantu menghasilkan suara yang lebih terkendali.

Jadi lewat ke-3 teknik dasar tersebut semoga bisa membantu Anda bermain alat musik tiup tersebut lebih baik.