Beragam Manfaat yang Didapatkan Dari Olahraga Sepak Bola

Dalam perkembangannya olahraga memang bukan lagi sebuah sarana untuk menyehatkan badan saja, melainkan lebih kepada sebuah hobby dan juga hiburan. Sebut saja diantaranya adalah sepak bola, sebuah olahraga nomor satu yang ada di dunia. Tingkat perhatian penonton pada olahraga bola ini memang sangat tinggi. Terbukti dengan banyaknya atribut-atribut bola yang banyak dijual di pasaran, juga antusiasme masyarakat ketika menonton pertandingannya, baik itu langsung di stadion atau dari layar televisi.

Olahraga yang satu ini memang tak hanya tawarkan keceriaan saja, bahkan bagi orang-orang yang gemar melakukan pertandingan sepak bola sendiri ada banyak manfaat bagi kesehatan dan juga sosialnya, diantaranya adalah:

  1. Untuk menjaga kesehatan jantung, ketika Anda tidak terbiasa dengan aktivitas berat, pastinya sekali melakukan kegiatan yang banyak memicu denyut jantung akan terasa sangat menyakitkan. Bahkan tak jarang diantaranya yang terkena serangan jantung mendadak. Olahraga yang satu ini berfungsi untuk menjaga kesehatan cardiovascular, karena paling tidak pemainnya harus selalu berjalan atau berlari mengitari lapangan yang sangat lebar.
  2. Melatih kekuatan, keuntungan lain yang bisa didapatkan dengan bermain bola ini adalah untuk melatih kekuatan, khususnya adalah otot kaki yang setiap hari dipaksa untuk terus berlari dan menendang. Tak hanya itu, bahkan bagian lain seperti otot lengan juga akan mendapatkan manfaat yang sama.
  3. Bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan, jangan salah karena sekarang ini banyak diantara klub-klub besar yang tengah mencari pemain berbakat, ketika sudah terbiasa bermain bola sejak kecil dan memiliki keterampilan yang baik, maka tidak menutup kemungkinan bagi Anda untuk bergabung didalamnya. Tentunya ada pundi-pundi uang yang senantiasa mengalir.
  4. Melatih kekompakan tim, faktanya adalah olahraga yang satu ini tidak dimainkan sendiri seperti cabang atletik, melainkan dimainkan secara berkelompok dengan 10 orang pemain dan 1 penjaga gawang, tanpa kerjasama tim yang baik tentunya akan sangat sulit untuk memenangkan pertandingan. Sehingga semakin sering bermain biasanya juga akan semakin meningkatkan kekompakan tim.
  5. Memberikan keuntungan kognitif, khususnya adalah dari segi melatih pikiran, jangan salah karena olahraga ini tak hanya berkaitan dengan kekuatan saja, melainkan juga pikiran, tanpa diimbangi dengan pikiran pastinya akan sangat sulit untuk memenangkan pertandingan. Pemain bola dituntut untuk bisa bermain cepat dan juga mengambil strategi untuk bisa mengalahkan lawan mereka di atas lapangan hijau.

Jadi bagi yang gemar bermain sepak bola sebenarnya ada banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Untuk itu terus tekuni hobby bermanfaat tersebut. Olahraga lain sejenis bola juga ada seperti futsal ataupun sepak takrow, namun cara bermainnya agak sedikit berbeda, hanya saja manfaatnya juga tak kalah banyak.