Beberapa Alat Musik Sunda yang Semakin Eksis dalam Perkembangan Jaman

Kekayaan Indonesia memang tidak ternilai, salah satunya yaitu dari banyaknya suku dari mulai Sabang sampai dengan Merauke. Suku Sunda merupakan salah satu suku yang ada di Indonesia yang identik dengan kekreatifan masyarakatnya dalam berbagai hal. Makanya tidak heran jika banyak jenis seni yang bermunculan di Jawa Barat. Banyak alat musik Sunda yang sampai saat ini masih eksis dan sering dimainkan dalam berbagai pertunjukan. Bandung sebagai ibu kota memang tidak pernah habis dengan gebrakan barunya dalam berbagai pertumbuhan baik sektor ekonomi maupun industri, namun hal itu tidak menjadikan alasan alat musik yang menjadi ciri khas hilang begitu saja.

Buktinya beberapa acara besar di Bandung ternyata masih banyak alat musik yang digunakan, antara lain:

  • Degung.

Suku jawa memang mempunyai alat musik tradisional yaitu gamelan dan salah satu alat tersebut disebut dengan Degung. Namun ternyata untuk memainkan alat musik satu ini berbeda dengan gamelan. Degung sendiri terdiri dari beberapa instrumen antara lain saron, demung, gong, jenglong, suling dan kendang. Dalam sebuah pertunjukannya alunan musik yang dihasilkan tersebut sangat serasi selayaknya musik klasik pada umumnya.

  • Kecapi.

Ada alat musik tradisional dari Jawa barat ini yang cara memainkannya dengan dipetik, alat ini sering disebut dengan kecapi. Bentuk umum dari alat ini yaitu kotak dan terbuat dari kayu dan dawai yang tersusun diatasnya. Nada yang dihasilkan dalam alat musik ini sangat mendayu, damai dan kegetiran yang merupakan ciri khas alat musik Sunda satu ini.

  • Suling.

Ada lagi alat musik yang cara memainkannya dengan ditiup, mungkin masyarakat sudah tidak asing lagi dengan sebutan suling. Itu merupakan alat musik yang terbuat dari bambu dan diberi beberapa lubang dibagian depannya untuk menghasilkan alunan nada yang indah. Jadi dalam memainkannya Anda tinggal menutup satu per satu lubang sesuai dengan yang diinginkan.

Selain alat musik tradisional ada juga beberapa alat musik modern yang tak kalah menarik nya dengan tradisional. Baca selengkapnya di hobibanget.com

  • Angklung.

Untuk alat musik satu ini masih sangat eksis baik dalam negeri maupun luar negeri. Seperti yang diketahui bahwa alat musik satu ini sering mengikuti perlombaan kesenian diberbagai negara. Alat ini terbuat dari tatanan bambu yang mempunyai ukuran berbagai macam. Untuk ukurannya dapat disesuaikan dengan nada yang ingin dihasilkan, cara memainkannya cukup mudah yaitu Anda tinggal menggoyangkan atau menggerakkan ke samping sesuai nada. Alat musik ini sering dimainkan dalam kelompok dan menghasilkan alunan lagu yang indah dan menenangkan pendengar.

  • Karinding.

Ada lagi alat musik tradisional khas Jawa barat yang sangat sederhana yang disebut dengan Karinding. Alat ini terbuat dari bambu, namun beberapa daerah alat Karinding terbuat dari pelepah pohon aren. Alat musik Sunda ini hanya ditempatkan pada mulut dan digetarkan dengan jari untuk menghasilkan suara.