Aturan Baru dalam Pertandingan FIFA 2017

FIFA atau yang lebih dikenal sebagai federasi sepak bola internasional, telah menetapkan beberapa aturan baru terkait dengan pertandingan konfederasi pada tahun 2017 ini. Aturan baru yang dibuat oleh FIFA ini, tidak hanya berlaku bagi pemain serta sistem pertandingan yang nantinya akan dijalankan oleh kedua kubu sepakbola saja. Namun beberapa aturan baru yang ditetapkan FIFA pun berlaku untuk wasit dan personil lain yang nantinya akan terlibat dalam pertandingan FIFA 2017 ini. Beberapa aturan yang dibuat oleh FIFA memang terkesan lebih ketat dari pertandingan tahun sebelumnya, namun beberapa peraturan lain pun juga lebih memudahkan para personil dalam pertandingan untuk menjalankan pertandingan secara menyeluruh.

Peraturan pertama yang dibuat oleh FIFA terkait dengan berjalannya waktu pertandingan di tahun 2017 ini adalah mengenai perpanjangan waktu pertandingan yang harus diberikan oleh seorang wasit, yang kala itu sedang memimpin sebuah jalannya pertandingan konfederasi antar 2 tim sepakbola. FIFA telah menetapkan pertambahan waktu yang diberikan oleh seorang wasit dengan ketetapan 1 menit tambahan untuk babak pertama dan 2 menit tambahan untuk babak kedua. Aturan ini harus ditetapkan melihat banyaknya waktu pertandingan yang biasanya dihabiskan para pemain untuk merayakan gol yang mereka buat disetiap babaknya.

Aturan lain yang telah ditetapkan FIFA dan telah disetujui oleh IFAB atau Internasional Football Association Board dalam pertandingan konfederasi FIFA 2017 ini, antara lain adalah

  • Kiper tidak diperbolehkan untuk memegang bola lebih dari 6 detik, dan harus melepaskan bola setelah masa 6 detik tersebut.
  • Wasit berhak memberikan sangsi yang tegas kepada kiper yang memang melanggar aturan dengan memegang bola lebih dari 6 detik.
  • Wasit atau pejabat pertandingan lainnya berhak untuk menghentikan pertandingan, apabila terjadi indikasi adanya diskriminasi yang berasal dari supporter, pada saat pertandingan konfederasi berlangsung.

Pihak FIFA telah menetapkan teknologi video asisten wasit, untuk mengetahui situasi lapangan yang terjadi pada saat pertandingan konfederasi berlangsung. Teknologi inipun sudah mulai diterapkan dalam beberapa pertandingan dan memiliki dampak positif yang cukup signifikan dalam jalannya pertandingan. Selain teknologi tersebut, beberapa teknologi lain pun juga diterapkan oleh pihak FIFA untuk lebih menjaga tingkat keamanan dari para pemain yang terlibat serta para pejabat pertandingan yang saat itu sedang bertugas.

Dengan diterapkannya aturan baru oleh pihak FIFA, maka secara otomatis pertandingan konfederasi FIFA 2017 ini, nantinya diharapkan akan berjalan dengan lancar dan sesuai harapan, tanpa adanya gangguan yang cukup berarti. Aturan pertandingan konfederasi ini telah ditetapkan dan diumumkan oleh pihak FIFA sebelum pertandingan pertama di Rusia dimulai pada pertengahan bulan ini. Peraturan baru yang dibuat FIFA ini memang bersifat tegas dan mengikat bagi setiap peserta yang terlibat dalam pertandingan tersebut.