5 Teknik Bermain Gitar Fingerstyle Ala Sungha-Jung

Indonesia punya Balawan, Dewa Budjana dan Jubing Kristianto, Jepang punya duo Depapeped, sedangkan Korea, punya gitaris handal yang tampan bernama Sungha-Jung. Tak cuma tampan, permainan gitar Sungha-Jung selalu memukau. Ia terkenal dengan teknik bermain gitar fingerstyle. Bagi yang belum tahu apa saja teknik fingerstyle yang Sungha-Jung pakai, ini dia 5 di antaranya:

  • Fingering.

Fingering merupakan penempatan jari-jari tangan kanan berfungsi sebagai pemetik senar (fingerpicking) dan jari-jari kiri sebagai penekan senar. Teknik fingering ini juga merupakan teknik membetot senar seperti yang dilakukan para bassis.

  • Dual & triple picking.

Dual & triple picking ini dimaksud dengan memetik senar gitar secara bersamaan dalam harmoni atau dalam ketukan tertentu, hal inilah yang menjadi fungsi dari mempelajari teknik fingering yang sudah disebutkan tadi. Untuk dapat memetik gitar dengan bersamaan secara baik dan benar, teknik fingering wajib di perdalam. Kelincahan jari jemari juga sangat menentukan keberhasilan dalam teknik bermain gitar satu ini. Tempo yang tepat ternyata juga berpengaruh. Oleh karena itu, Anda harus berlatih menyerasikan tempo. Anda bisa menggunakan bantuan metronome dalam hal ini.

  • Teknik melodi.

Bagi para pemain melodi, tentu hal ini terasa gampang karena mereka telah terbiasa. Namun bagi para gitaris pemula atau yang masih belajar, memainkan teknik melodi tidaklah mudah. Sebut saja memainkan sweep picking, rasanya sangat sulit. Beberapa teknik melodi (tablature) yang sering dimainkan oleh Sungha Jung di antaranya adalah hammer on, ghost note, pull of, slude dan sebagainya. Jika Anda ingin cepat bisa maka Anda harus benar-benar mengenal masing-masing teknik melodi ini.

  • Harmony notes.

Harmony notes merupakan teknik untuk membunyikan nada namun hanya dengan menyentuh senar gitar saja alias tanpa memetik, tetapi langsung menuju pada fret-fret tertentu. Pada umumnya, teknik harmony notes ini hanya dipakai untuk fret-fret yang bernada tinggi (12 ke atas). Jika belum terbiasa memang rasanya agak sulit. Masalah yang sering terjadi saat memainkan harmony notes adalah senar yang tak berbunyi, nada yang false hingga tempo yang kurang pas. Perlu banyak praktek latihan.

  • Drifting.

Satu lagi teknik bermain gitar fingerstyle yang dipakai oleh Sungha-Jung. Namun agaknya, teknik satu ini tidak begitu sering dimainkan olehnya. Teknik drifting ini pernah ia pakai saat ia meng-cover lagu Sweet Child O’Mine dari Guns n Roses dan Haru-Haru dari Big Bang. Teknik drifting ini merupakan salah satu teknik yang sangat kompleks karena tak hanya memainkan jari di atas fret langsung dengan atau tanpa memetik senar lalu diikuti dengan irama jari-jemari tangan kiri yang beralih secara cepat dan bersamaan dengan perpindahan dari satu nada ke nada yang lain.