4 TAHAPAN PENTING PERKEMBANGAN DALAM DUNIA BAYI 3-8 BULAN

Gerak refleks mendominasi pergerakan bayi yang baru lahir. Gerakan refleks ini akan semakin berkurang pada usia 2 bulan karena sistem saraf semakin berkembang. Kemampuan kognitif dan sosial bayi pun berkembang pesat. Berikut ini 4 tahapan penting perkembangan dalam dunia bayi rentang usia 3 – 8 bulan.

  • Tengkurap (usia 3 – 4 bulan)

Tahapan penting pertama dalam dunia bayi adalah tengkurap. Ini terjadi ketika bayi berhasil bertumpu pada perutnya dan bertahan pada posisi tersebut selama beberapa saat. Sebelum bisa tengkurap, anak biasanya akan belajar memiringkan badannya ke kanan dan ke kiri, kemudian ia belajar menggulingkan badannya pada usia 1,5-2 bulan. Saat pertama, bayi Anda akan belajar tengkurap pada satu sisi, lalu ke sisi lain, dan akhirnya berbalik lagi. Menginjak usia 3-4 bulan, otot lehernya akan semakin kuat. Dia pun kini dapat berbaring telentang dengan memandang lurus ke depan. Sejalan dengan kemampuannya menggerak-gerakkan kepala, lengan dan kakinya pun jadi lebih bebas bergerak.

  • Mengangkat kepala (usia 4 bulan)

Milestone kedua dalam dunia bayi adalah mengangkat kepala. Setelah mampu mengontrol gerakan leher dan kepalanya pada usia 2 bulan, sebenarnya bayi sudah mampu mengangkat kepala membentuk sudut 45 derajat dengan cara bertopang pada kedua tangannya saat usianya 3 bulan. Namun, baru pada usia 4 bulan bayi bisa mengangkat kepalanya dengan sudut lebih besar yaitu 90º dalam posisi tengkurap. Kemampuannya dalam mengangkat kepala ini membantu melatih ketajaman penglihatannya, sehingga bila mendengar suara Anda, dia pun akan mulai menengadahkan kepalanya untuk mencari Anda.

  • Memekik gembira dan berceloteh (usia 4-5 bulan)

Tahapan penting ketiga dalam dunia bayi adalah memekik gembira. Pada awal hidupnya, suara-suara yang keluar dari mulut bayi merupakan respons tubuhnya terhadap emosi saat itu. Namun kondisi itu berubah pada usia 4 bulan ke atas. Dia mulai mengeluarkan suara dengan tujuan yang lebih jelas. Dia akan berteriak gembira bila berhasil mencapai keinginannya atau saat bertemu Anda. Suara yang dikeluarkannya kali ini merupakan sarana untuk mengungkapkan perasaannya, atau bisa juga untuk berkomunikasi dengan orang-orang di sekelilingnya. Pada masa ini pula bayi akan mulai berceloteh dengan mengeluarkan suara yang menyerupai huruf hidup seperti “aaaahh”, “uuuuhh”, “aaii”. Kegiatan berceloteh ini memang sangat dinikmati oleh si kecil. Bila Anda perhatikan dengan saksama, dia akan selalu berceloteh hampir dalam semua kegiatannya.

  • Memegang dua benda pada dua tangan ( usia 7–8 bulan)

Pada usia 7-8 bulan, keterampilan jari-jemari si kecil meningkat. Dia bisa menggunakan tangan yang berbeda untuk tujuan yang berbeda. Satu tangan untuk memegang, sementara tangan lain untuk mengeksplorasi. Coba Anda perhatikan. Ketika satu tangannya memegang mainan lalu diberi mainan lain, dia akan tetap memegang mainan pertamanya dan mengambil mainan yang Anda tawarkan itu.