4 Alat Musik Tradisional dari Daerah Sumatra

Sumatra merupakan salah satu pulau yang paling barang di Indonesia. Dengan bentuk pulau yang memanjang secara vertikal, pulau ini mempunyai banyak sekali kebudayaan dari berbagai daerah yang ada di dalamnya. Dari kebudayaan suku Batak, suku minang, suku Aceh, dan masih banyak lainnya. Selain kebudayaan seperti makanan, pakaian tradisional, falsafah hidup, dan masih banyak lainnya. Setiap daerah di Sumatra juga mempunyai alat musik tradisional sendiri. Dimana alat tersebut biasanya ditemukan ketika acara-acara tradisional dan bisa dimainkan oleh beberapa orang yang tertarik untuk memainkan kebudayaan tradisional. Beberapa jenis alat yang dapat ditemukan di pulau Sumatra adalah:

  • Serune Kalee

Adalah alat pertama yang bisa digunakan untuk bermain musik dan merupakan alat tradisional dari daerah Aceh. Mempunyai bentuk seperti seruling tetapi kerucut, alat ini juga mempunyai cara kerja yang sama yaitu dengan ditiup. Suara yang dapat dikeluarkan oleh Serune Kalee ini adalah jenis Aerofon. Sehingga untuk pengiringan ketika memainkannya ia akan dapat mengatur nada dengan menutup dan membuka lubang-lubang yang ada pada Serune Kalee dengan tangan sesuai dengan nada dari musik yang dimainkan sama seperti penggunaan seruling.

  • Saluang

Adalah alat musik tradisional selanjutnya dari daerah Sumatra Barat. Alat ini digunakan oleh suku minangkabau untuk mengiringi lagu-lagu tradisional yang dimainkan ketika ada acara khusus dan kebudayaan disana. Alat ini sendiri sama seperti suling dan juga Serune Kalee yang mirip dengan seruling dan cara memainkannya dengan ditiup. Jenis bunyi yang dihasilkannya juga Aerofon yang mempunyai 4 lubang yang ada pada Saluang ini. Untuk memainkannya pemain musik harus mengerti nada sehingga bisa memainkannya dengan menutup lubang dan membukanya dengan kunci nada yang tepat. Sehingga suaranya akan bisa senada dan mempunyai harmoni yang baik dengan alat music lainnya.

Baca Juga:Simak 4 Tips Berikut untuk Lebih Mengenal Beragam Alat Musik Tradisional

  • Aramba

Merupakan alat selanjutnya yang berasal dari Sumatera Utara. Alat ini mempunyai bentuk lingkaran dengan lingkaran kecil menonjol di bagian tengahnya. Untuk bahan yang digunakan membuat alat tradisional ini adalah dari tembaga, kuningan, dan juga logam sehingga akan menghasilkan bunyi yang diinginkan. Alat ini sendiri digunakan untuk memainkan musik pada saat acara pernikahan, upacara adat, dan masih banyak acara lainnya. Dengan cara main dengan dipukul, pemain musiknya harus mengerti nada untuk memainkannya.

  • Gambus

Adalah alat musik tradisional yang berasal dari daerah Riau. Alat ini dapat mengeluarkan bunyi dengan jenis kordofun. Cara memainkannya sendiri bisa dengan dipetik, yang merupakan cara yang sama untuk memainkan alat gitar. Alat ini sendiri sangat identik untuk dengan islam karena digunakan mengiringi acara Islam yang ada di daerah Riau. Sehingga alat ini identik dengan alat yang digunakan untuk media dakwah di Sumatera.