Monthly Archives: September 2016

Asesoris Bross Bunga dari Kain Perca dan Pernak Pernik Unik

Jika Anda senang membuat kerajinan tangan, bisa mencoba membuat kreasi asesoris khusus wanita dengan pernak pernik unik. Ada banyak asesoris wanita yang bisa Anda buat sendiri, contohnya: kalung, anting, tas, gelang, bando dsb.

Banyak orang yang tidak mau repot membuat asesoris sendiri, mereka lebih memilih membelinya langsung di toko-toko asesoris atau dipusat glosir. Namun bagi Anda yang lebih suka membuatnya sendiri, ternyata hobi yang Anda lakukan tersebut bisa dijadikan peluang bisnis rumahan yang menjanjikan.

Ada banyak pilihan asesoris apa yang akan Anda buat, misalnya saja : kalung dengan bahan mute, cincin dari pita, bando dari kain perca, gelang dari kabel yang tidak digunakan dan lain sebagainya.

Contoh-contoh asesoris tersebut adalah sebagian asesoris yang dibuat dari bahan-bahan tidak terpakai. Dalam artikel ini kita akan membahas cara pembuatan asesoris dari kain perca dan pernak pernik unik. Simak pembahasannya berikut ini;

Bross Cantik dari Kain Perca

Semakin berkembangnya fashion busana muslim, membuat banyak wanita muslim yang menggunakan hijab. Hal tersebut, membuka peluang para pengrajin untuk membuat asesoris jilbab, salah satunya adalah bross cantik.

Bross cantik bisa dibuat dari bahan-bahan yang sudah tidak digunakan lagi, salah satunya adalah potongan-potongan kain perca dengan warna-warni yang beragam. Bagaimana cara membuatnya? Ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

Bahan-Bahan :

  • Kain perca, sebaiknya gunakan kain dengan bahan yang sama.
  • Gunting,
  • Jarum jahit,
  • Benang,
  • Kancing,
  • Peniti khusus bros,
  • Jarum pentul,

Langkah-Langkah Pembuatannya:

  1. Pertama-tama gunting kain perca yang sudah disiapkan menjadi kotak. Ukurannya kira-kira 5 cm setiap sisi. Buat sebanyak 10 lembar.
  2. Setelah dipotong, lipat kain menjadi 2 sehingga menghasilkan bentuk segitiga.
  3. Kemudian setiap sudut kiri dan kanan dibawahnya dilipat ke atas. Sisi keduanya saling bertemu ditengah.
  4. Agar bentuknya tidak berubah, lipatan kain perca tersebut disematkan jarum pentul.
  5. Lalu gunting ujung lipatannya.
  6. Selanjutnya tusuk lipatan percanya, sampai terangkai menjadi 10 lipatan perca.
  7. Lalu matikan ikatannya hingga lipatan pertama bertemu dengan lipatan yang terakhir dirangkai.
  8. Rapihkan setiap lipatan perca,
  9. Lalu beri kancing pada bagian tengahnya.
  10. Tahap terakhir membuat bross dari kain perca adalah memasang peniti bross di bagian belakang.

Baca Juga : Tips Traveling ala Backpacker

Nah, mudah sekali bukan? Anda bisa membuat kreasi bros sesuai dengan selera dan kebutuhan. Misalnya jika ingin membuat bros yang warna warni bisa gunakan kain perca yang memiliki motif bunga-bunga atau setiap potongan kain perca menggunakan warna yang berbeda.

Untuk hiasan bagian tengah tidak selalu harus kancing, Anda bisa gunakan pernak pernik unik kecil lainnya, seperti: manik-manik dari plastik yang bentuknya beragam atau bisa juga bandul-bandul kecil yang ditempel dengan cara ditumpuk. Selamat berkreasi!

Tips Traveling ala Backpacker

Traveling saat ini tengah menjadi trend tersendiri. Tidak seperti dulu, sekarang traveling telah menjadi bagian gaya hidup kaum urban. Sosmed sangat berperan besar dalam perkembangan kegiatan satu ini. Dengan begitu informasi mengenai traveling semakin luas dan berisi. Bagi kamu yang hendak bertraveling, amannya sih searching dulu untuk mengetahui info-info terkait tempat tujuan. Baik transportasi, penginapan dan lain sebagainya. Namun sedikit berbeda kalau travelingmu ala backpacker. Karena backpacker lebih mengandalkan intuisi dan spontanitas dalam melakukan perjalanannya. Tidak terjadwal mau naik apa dan nginep dimana. Tidak ada layout ataupun kerangka perjalanannya. Go ahead aja. Itulah serunya backpackeran. Nah, berikut beberapa tips traveling ala backpacker yang bisa kamu terapkan dalam perjalanan kamu.

  • Go Ahead

Ya, backpacker enggak mikir panjang dalam menentukan perjalanan. Abis nentuin lokasi tujuan, kemasin perlengkapan secukupnya yang muat dalam satu Backpack, berangkat!

  • Bawa Peta dan Note

Ini nih yang nggak kalah penting, peta tempat tujuan dan buku catatan. Perlu banget mencatat detail setiap perjalanan mulai keluar basecamp sampai ke tempat tujuan. Catatanmu suatu saat nanti akan berguna kalau kamu berkunjung kembali ke tempat tersebut dan bisa jadi ladang uang juga kalau catatanmu diiterbitkan. Atau setidaknya bermanfaat untuk di share ke sesama traveler. Kalau enggak mau pakai cara klasik seperti di atas, aktifin GPS dan mencatatlah di smartphone kamu.

  • Gabung di Komunitas

Enggak ada salahnya gabung di komunitas-komunitas traveling. Selain nambah pengetahuan juga nambah teman. Kan enak tuh, kalau hendak ke suatu lokasi kamu tinggal kontak teman di kota tersebut untuk mengetahui detail tempat tujuan dan siapa tahu bisa nginep gratis.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Di Surabaya

  • Hemat yang pada tempatnya.

Hemat disini maksudnya adalah enggak kalap dalam menentukan berbagai hal. Kalau bisa naik gratis di mobil bak terbuka, kenapa harus milih bis executif.  Kalau makan nasi kucing saja sudah oke, ngapain milih makanan yang mahal. Kalau dapat homestay yang murah tapi nyaman, enggak usah maksain nginjekin kaki di hotel berkelas.

  • Enjoy Aja

Tips traveling ala backpacker dilarang panik. Kehabisan uang di jalan, speak-speak dikit jadi guide tour dadakan, atau dorongin mobil mogok yang dijumpai di jalan. Jeli melihat peluang untuk dijadikan penyambung hidup. Tapi jangan peluang yang bikin gelap mata loh ya. Urusan nginep bisa di masjid ataupun pom bensin. Hal-hal yang kamu lakuin diatas dikala kamu kehabisan dana perjalanan, akan menempamu menjadi pribadi dewasa yang tangguh, sederhana dan luhur dalam bersyukur dan bermasyarakat.  Enggak usah takut. Enjoy aja. Nikmati perjalanan. Ikuti kemana kata hati dan kakimu melangkah.

Cara Berkebun Dengan Memanfaatkan Pekarangan Menjadi Kebun Mini

Siapa bilang berkebun harus memiliki lahan yang luas? Sekarang, bercocok tanam bisa dilakukan dengan memanfaatkan lahan sempit seperti di pekarangan rumah. Ada banyak cara berkebun dengan memanfaatkan pekarangan menjadi kebun mini. Berkebun dengan cara ini sudah menjadi tren sehingga berbagai upaya dilakukan untuk memperoleh info terkait hal tersebut.

Berikut adalah cara menanam sayuran yang bisa diaplikasikan di pekarangan rumah Anda:

  • Kebun Vertikal

Vertikal berarti garis dari bawah ke atas, artinya Anda bisa membuat rak dari kayu yang disusunnya ke atas, atau bisa dengan memanfaatkan rak sepatu yang sudah tidak terpakai. Yang perlu Anda perhatikan adalah jarak antara susunan satu dengan lainnya agar Anda tidak kesulitan merawatnya. Selain itu, upayakan agar tanaman kebun vertikal Anda mendapat sinar matahari yang cukup untuk proses pertumbuhan.

  • Menggunakan Polybag

Cara berkebun ini sangatlah mudah. Anda hanya diminta menyiapkan plastik polybag sesuai dengan kebutuhan. Isi dengan tanah, pupuk organik, bibit lalu Anda bisa mengaturnya sesuai kemauan.

  • Menggunakan Ember atau wadah lainnya

Jika ada ember, baskom, kaleng atau media lain yang tidak terpakai, Anda bisa memanfaatkannya sebagai pot tanaman. Tentunya ini akan menghemat pengeluaran Anda untuk membeli pot.

  • Menanam di Pagar dan Dinding Rumah

Pasti Anda bertanya-tanya tentang bagaimana menanam tamanan di pagar dan dinding rumah. Simpel saja. Hanya perlu menyiapkan botol plastikbekas yang bisa dimasuki tanaman, selanjutnya Anda bisa menempelkannya pada dinding dengan paku atau pagar rumah Anda sesuai keinginan. Bisa dibuat berbaris atau secara vertikal.

Baca Juga : Cara Berkebun Asik Ala Hidroponik

Nah, setelah mencoba teknik di atas, hal yang lain yang perlu Anda lakukan adalah merawatnya. Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan dalam merawat tanaman:

  • Perhatikan tanaman Anda.

Sinar matahari sangat membantu pertumbuan tanaman melalui proses fotosintesisnya. Untuk itu, Anda harus memerhatikan tanaman Anda agar cukup mendapat sinar matahari.

  • Penyiraman. Lakukan proses ini untuk menjaga kelembaban tanah sehingga tanaman tidak akan layu lalu mati.
  • Pupuk (jika diperlukan). Disarankan menggunakan pupuk organik agar terhindar dari zat kimia yang justru dapat membahayakan kesehatan tubuh.

Berkebun sayuran merupakan hobi yang menyenangkan dan bermanfaat. Hobi ini dapat mengurangi kepenatan selama bekerja. Anda bisa menanam jenis sayuran seperti: cesim, kangkung, bayam, cabe, tomat dll. Keuntungan lain hobi ini yaitu bisa menghemat uang belanja. Anda tak perlu mengeluarkan uang banyak untuk anggaran harian Anda. Cukup ke kebun mini milik Anda dan memetik tanaman untuk dijadikan sayur. Budidaya tanaman organik dalam bentuk sayur juga dapat menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga. Selain itu, Anda juga bisa mendapat penghasilan dengan menjual hasilnya ke tetangga di sekitar rumah Anda. Selamat mencoba!

Cara Berkebun Asik Ala Hidroponik

Budidaya Hidroponik sekarang ini sangat popular. Tahukah Anda bahwa budidaya jenis ini berarti suatu metode bercocok tanam yang tanpa menggunakan media tanah akan tetapi hanya memanfaatkan air atau larutan mineral bernutrisi yang diperlukan tanaman dan bahan lainnya sebagai pengganti media tanah yang mengandung unsur hara. Contoh media penggantinya antara lain sabut kelapa, serat mineral, pasir, pecahan genteng/batu bata, serbuk kayu, dan lain-lain. Bagi yang hobi berkebun namun tidak mempunyai lahan untuk bercocok tanam, cara berkebun asyik ala hidroponik ini bisa Anda jadikan andalan.

Adapun kelebihan dan alasan kuat mengapa Anda harus belajar metode ini, antara lain:

  1. Terbukti hemat. Anda tak perlu menyiram tanaman setiap hari karena larutan nutrisi/media larutan mineral sudah ditampung di wadah yang Anda pakai. Anda hanya perlu melakukan pengontrolan sesekali saja.
  2. Bisa menggunakan lahan kosong di pekarangan rumah, bahkan media tanaman bisa disusun secara bertingkat. Lingkungan cenderung lebih bersih dibanding dengan bercocok tanam di atas tanah. Tanaman
  3. Tidak menggunakan pestisida atau obat pembasmi hama yang akan merusak tanah sehingga aman bagi lingkungan. Hasil tanaman lebih cepat dengan kualitas yang terkontrol.
  4. Hasil tanaman bisa dimakan keseluruhan termasuk akar karena terbebas dari kotoran dan hama, juga rasa takut akan zat kimia dari pestisida

Ada dua macam teknik utama dalam bercocok tanam hidroponik yaitu dengan menggunakan larutan nutrisi dan menggunakan media pengganti. Perbedaan mendasar dari kedua teknik tersebut adalah teknik pertama hanya menggunakan media larutan nutrisi/air saja sementara teknik kedua, Anda bisa menggunakan media pengganti tanah sebagai tempat tumbuhnya akar seperti pecahan batu, serbuk kayu, dan lain-lain.

Cara berkebun hidroponik ini membuat Anda memanfaatkan benda-benda seperti botol bekas air mineral. Langkahnya cukup mudah, yaitu:

  • Potong botol bekas air mineral menjadi dua bagian
  • Panaskan paku, lalu lubangi bagian atas dan bawah untuk aerasi
  • Untuk sistem sumbu, lubangi tutup botol untuk memasukkan sumbu flannel dan biarkan di tempatnya.
  • Untuk sistem apung, buka tutupnya sehingga akar tanaman bisa menembus media lalu berkembang di permukaan larutan nutrisi.
  • Masukan larutan nutrisi ke botol bekas air mineral bagian bawah
  • Masukkan potongan botol bekas bagian atas dengan posisi terbalik ke potongan botol yang sudah diisi larutan nutrisi
  • Masukkan media tanam ke potongan botol bekas bagian atas

Baca Juga: Tips Merawat Anjing Agar Sehat

Adapun cara membuat larutan nutrisi hidroponik adalah sebagai berikut:

Bahan :

  • Pupuk urea 1000 gr
  • Pupuk KCL 1000 gr
  • Pupuk NPK 1000 gr
  • Pupuk daun Gandasil (Growmore) 50 gr

Peralatan

  • Ember bervolume 20 liter
  • Drum plastic bervolume 100 liter
  • Timbangan digital
  • Alat pengaduk
  • Air sumur, air sungai
  • Air PAM tidak diperkenankan kecuali yang sudah diendapkan selama 7-10 hari

Cara membuat

Masukan semua bahan yang telah ditimbang ke dalam ember bervolume 20 liter. Tuangkan air sumur sebanyak 20 liter ke ember tersebut sedikit demi sedikit sambil diaduk agar tidak ada pupuk yang mengendap. Tuangkan larutan pekatan tadi ke bak penampungan bervolume 100 liter. Kucurkan air sumur hingga penuh dan larutan nutrisi siap digunakan.

Tips Merawat Anjing Agar Sehat

Bagi pecinta hewan khususnya anjing, memelihara hewan tidak hanya hobi saja namun bisa menjadi kebahagiaan tersendiri bagi pemiliknya. Memelihara binatang harus dibarengi dengan tanggung jawab merawat dan menjaganya. Dalam artikel ini kita akan membahas cara merawat anjing yang benar agar kondisinya senantiasa sehat dan bulunya tumbuh dengan indah.

Memandikan

Memandikan anjing adalah perawatan yang harus dilakukan. Cara memandikan anjing sangat mudah, Anda hanya tinggal menyiapkan ember, siapkan air hangat dan shamponya. Siram air ke seluruh tubuh anjing lalu beri ia shampoo. Gosok gosok hingga berbusa lalu bilas dengan air hingga busanya hilang.

Memberikan Nutrisi Seimbang

Bukan hanya manusia saja yang membutuhkan nutrisi, hewan peliaraanpun membutuhkan nutrisi termasuk anjing. Nutrisi dibutuhkan oleh anjing terutama yang sedang dalam masa pertumbuhan menuju dewasa. Dengan nutrisi yang seimbang dapat membantu proses pertumbuhan giginya dengan cepat.

Merawat Gigi Anjing

Merawat gigi anak anjing bisa fokus pada kebersihan giginya. Hal ini dilakukan agar gigi tumbuh dengan sempurna. Cara membersihkan gigi anjing bisa dengan sikat gigi dan pasta gigi manusia. Lakukan setiap hari. Gigi anjing yang tidak pernah dibersihkan menjadi sarang kuman yang bisa mengganggu kesehatannya.

Baca Juga:Merawat Anjing Sakit Karena Cacingan

Membersihkan Bagian Wajah Anjing

Bagian wajah (mata, hidung, mulut dan telinga) anjing harus rutin dibersihkan. Berikut caranya:

  • Membersihkan telinga harus jeli dan teliti karena tidak hanya bagian luarnya saja yang harus dibersihkan, Anda harus membersihkan bagian dalamnya juga. Untuk membersihkan telinga anjing bisa mengguankan kapas bersih yang sudah dibasahi dengan cairan karbogliserin, usapkan kapas secara merata, gosok pelan sampai kotorannya terangkat. Carian karbogliserin bisa Anda dapatkan di apotik.
  • Sedangkan perawatan pada mata, hidung dan mulut bisa menggunakan handuk yang sudah dibasahi. Lalu usapkan ke bagian wajah pelan pelan.

Selain bagian wajah, perawatan kuku-kuku jarinya juga harus diperhatikan. Anda bisa memotong kuku secara rutin. Hal ini untuk mencegah kuku panjang dan melukai Anda atau melukai anjing itu sendiri. Anjing yang jarang bergerak kukunya tidak mudah panjang, berbeda dengan anjing yang selalu bergerak aktif kukunya lebih cepat panjangnya.

Memeriksa Kesehatan Anjing

Poin cara merawat anjing yang terakhir adalah rutin memeriksa kesehatannya. Pemeriksaan rutin dilakukan dengan tujuan agar kesehatan anjing selalu terjaga dan jika ada penyakit bisa cepat diobati.

Melatih dan merawat anjing dengan kasih sayang bisa membuat anjing peliharaan Anda menjadi hewan yang pintar, patuh dan setia. Bagi pecinta anjing, anjing bukan sekedar hewan peliharaan saja namun lebih dari itu anjing layaknya seperti anggota keluarga yang akan menemani hari-hari menjadi lebih menyenangkan. Demikian pembahasan singkat mengenai cara merawat dan menjaga kesehatan anjing, semoga artikel ini bermanfaat.

Beberapa Fakta Menarik Tentang Kucing Persia

Dengan ciri khas wajah bulat, tubuh gempal, dan bulu panjang yang indah, kucing Persia merupakan salah satu ras kucing yang paling dikenal di dunia. Berikut ini beberapa fakta tentang kucing cantik ini.

  1.  Asalnya oleh-oleh

Seperti kebanyakan ras kucing, asal-usul kucing Persia masih misteri. Menurut beberapa sumber, kucing berbulu panjang telah ada di Timur Tengah selama ribuan tahun, meskipun penelitian menunjukkan bahwa kucing ras ini memiliki genetika yang sama dengan kucing dari Eropa Barat.

Meskipun tidak ada yang tahu betul kapan atau bagaimana dunia menemukan kucing Persia, cerita yang paling populer adalah kucing mewah berbulu ini diperkenalkan ke Eropa Barat oleh orang Italia bernama Pietro della Valle. Della Valle adalah seorang bangsawan terkenal yang berkelana ke seluruh wilayah Tanah Suci, Timur Tengah, Afrika Utara, dan India. Pada tahun 1620, della Valle berkunjung ke Persia, yang sekarang dikenal sebagai Iran, dan terpesona dengan kucing abu-abu berbulu panjang yang eksotis yang ia lihat di sebuah bazaar. Dia membeli empat pasang kucing tersebut, dan membawanya pulang ke Eropa. Tentu saja, para pelaut, wisatawan, atau pedagang mungkin juga membawa kucing ini dari Timur Tengah ke Eropa.

  1. Kucing pertama yang tampil dalam kontes kucing pertama di dunia

Lebih dari 250 tahun kemudian, kucing Persia menggemparkan London saat ras ini dipamerkan pada kontes kucing resmi pertama di dunia pada tahun 1871 di Crystal Palace. Pameran sehari ini juga menampilkan kucing Siam, kucing Liar Skotlandia, dan kucing Manx, serta kucing eksotis lainnya. Kontes ini menarik lebih dari 20.000 pengunjung, membuktikan bahwa kucing sudah populer jauh sebelum zaman Internet,. Dan siapapun tidak akan terkejut bila kucing Persia memenangkan kategori “Best in Show.”

Baca Juga: 5 Fakta Unik Tentang Kucing Persia

  1. Sangat disukai di Amerika

Suatu hari setelah tahun 1895, kucing Persia dibawa ke Amerika Serikat. Pada tahun 1906, Cat Fanciers’ Association dibentuk di Amerika, dan ras Persia merupakan salah satu kucing yang terdaftar pertama kali. Kini, ras Persia merupakan salah satu kucing yang paling populer di Amerika Serikat.

  1. Sangat disukai oleh tokoh-tokoh terkenal

Sepanjang sejarah, banyak tokoh terkenal yang memelihara kucing Persia. Florence Nightingale seumur hidupnya memiliki 60 kucing, dan sangat memanjakan kucing ras Persia besar yang dinamai Mr. Bismarck. Marilyn Monroe memiliki kucing ras Persia putih bernama Mitsou. Dan Raymond Chandler kabarnya membacakan draf pertama novel-novelnya di hadapan kritikusnya yang paling cerdas, seekor kucing ras Persia hitam bernama Taki.

5 Fakta Unik Tentang Kucing Persia

Dari luar kucing Persia terlihat seperti bola bulu. Tetapi, di bawah mantel bulunya ada tubuh berotot dan kokoh. Berikut ini 5 fakta unik tentang kucing Persia.

  1. Ada banyak ukuran, warna, dan varian

Walaupun kucing Persia yang menjadi ikon budaya pop biasanya berwarna putih atau perak, ras ini memiliki banyak warna dan corak. Dari hijau penyu dan belacu hingga jingga, abu-abu, dan hitam-putih, variannya sangat banyak. Sub-varian lain dari kucing ini ada yang seukuran mainan dan cangkir teh, yakni jenis Himalaya (yang merupakan persilangan antara Persia dan Siam) dan Chinchilla Longhairs, yang memiliki hidung mancung dan bulu hitam.

  1. Jadi ikon budaya pop

Kucing Persia mungkin merupakan ras yang paling terwakili dalam budaya populer. Ernst Stavro Blofield, penjahat super dalam film James Bond, dan alter-ego parodinya, Dr. Evil, keduanya suka kucing putih Persia mereka yang berwarna putih dan bermata biru. Film Cats & Dogs menampilkan kucing ras Persia jahat bernama Kitty Galore.

  1. Wajahnya tidak selalu rata

Selain mantel bulunya, karakteristik yang paling khas dari kucing Persia adalah wajahnya yang rata. Walaupun demikian, ras ini tidak selalu berwajah rata. Kucing ras ini dulu pernah memiliki moncong yang lebih jelas, namun pada tahun 1950 mutasi genetik mengakibatkan sejumlah anak kucing terlahir dengan wajah rata. Peternak menyukai tampilan ini, dan selama bertahun-tahun mereka melakukan pembiakan selektif agar bentuk hidungnya semakin pesek.

Sebagian jenis kucing Persia, yang dikenal sebagai kucing “wajah boneka”, masih terlihat seperti nenek moyangnya yang mancung. Sementara sebagian lainnya memiliki wajah rata yakni ras Persia modern. Sayangnya, ras Persia modern ini memiliki beberapa masalah kesehatan, seperti mata berair, sesak napas, dan sering mengalami kesulitan saat memakan makanan mereka.

Baca Juga: Pentingnya Memberikan Makanan Terbaik Untuk Kucing Persia

  1. Mirip Angora Turki

Kucing Persia sangat mirip dengan kucing Angora Turki, yang merupakan ras lain dari kucing berbulu lebat yang datang ke Eropa dari Mediterania pada tahun 1500-an. Keduanya disilangkan selama bertahun-tahun untuk menghasilkan ras Persia yang berbulu lebih lebat, sehingga kucing Angora hampir saja punah. Turki pun melakukan program pengembangbiakkan untuk menyelamatkan Angora. Ras Persia berperawakan gempal, kepala yang lebih besar, mata bulat, dan bulu yang sedikit lebih panjang, sedangkan Angora Turki berperawakan lentur, telinga lancip, dan ekor berbulu lebat.

  1. Diabadikan dalam lukisan

Baru-baru ini, sebuah karya seni berukuran 183 x 260 cm2, yang konon menjadi “lukisan kucing terbesar di dunia”, terjual dalam pelelangan seharga lebih dari $820.000. Lukisan minyak dari akhir abad 19 disebut My Wife’s Lovers, dan dulunya merupakan milik seorang dermawan kaya yang meminta seorang seniman untuk melukis berbagai jenis kucing Angora Turki dan kucing Persia miliknya.

Pentingnya Memberikan Makanan Terbaik Untuk Kucing Persia

Jika Anda merupakan pemilik kucing Persia, Anda sungguh sangat beruntung.

Makhluk indah berbulu panjang ini telah menyenangkan hati orang-orang di dunia selama ratusan tahun dengan penampilannya yang eksotis dan kepribadiannya yang murni.

Kucing ras ini sangat cocok tinggal di apartemen, yang telah membuatnya tetap menjadi kucing ras nomor satu sejak abad 19!

Namun, menjaga kesehatan kucing ini bukan hanya tentang tempat tinggal Anda. Kucing Persia adalah ras yang sensitif dan memerlukan makanan kucing terbaik agar tetap sehat dan tumbuh dengan baik.

Sekilas Sejarah Tentang Kucing Persia

Nenek moyang kucing Persia modern pertama kali didokumentasikan pada tahun 1620, ketika mereka diimpor ke Italia dari Persia dan ke Perancis dari Turki. Perkawinan antar ras kucing berambut panjang umum dilakukan saat itu, dan pada akhirnya melahirkan kucing indah yang kita kenal saat ini.

Kucing Persia dan Masalah Kesehatan

Akibat proses perkawinan kucing Persia dengan ras lain yang sudah kelewat batas, masalah kesehatan tertentu muncul pada ras ini.

Tengkorak bulat besar dan wajah dan hidung yang pendek membuat kucing Persia modern rentan mengalami masalah pernapasan seperti sesak napas.

Saluran air mata juga sering cacat, yang mengakibatkan tetesan air mata yang berlebihan ke wajahnya. Masalah mata lainnya biasanya berkaitan dengan kelopak mata yang bisa menyakitkan dan menyebabkan infeksi atau kerusakan kornea.

Kucing Persia telah dikawinkan sedemikian rupa sehingga wajahnya menjadi semakin datar dari tahun ke tahun. Bahkan, di sebagian besar kontes kucing, kucing ras ini akan kehilangan poin jika hidungnya tidak rata dengan mata dan mulutnya (tidak berwajah rata). Perkawinan berlebihan ini telah menimbulkan masalah di sekitar wajah.

Baca Juga: Merawat Anjing Sakit Karena Cacingan

Penyakit ginjal polikistik juga muncul pada kucing Persia, yang dapat menyebabkan gagal ginjal jika tidak terdeteksi sejak dini dan diobati secara efektif. Masalah lain yang umum ditemukan di antaranya:

  • Masalah kulit seperti kurap dan dermatitis
  • Masalah mata seperti katarak
  • Penyakit saluran kemih bawah
  • Penyakit hati
  • Hernia diafragma
  • Lupus

Untuk melindungi kucing Persia peliharaan Anda dari salah satu penyakit ini, Anda harus memeriksakannya ke dokter hewan secara rutin dan memberi mereka makanan yang sehat, yakni makanan kucing terbaik untuk ras Persia. Bila perlu, Anda dapat memberinya vitamin dan suplemen tambahan yang tepat.

Makanan kucing yang diformulasikan khusus untuk kebutuhan kesehatan khusus ras Persia akan memungkinkan mereka menjalani hidup lebih lama dan lebih menyenangkan.

Ada banyak sekali makanan kucing terbaik bagi ras Persia yang tersedia di pasaran, tetapi Anda harus mempertimbangkan kandungannya sebelum membeli. Kucing Persia cenderung lebih sensitif daripada ras lainnya dalam hal makanan, dan akan memerlukan lebih banyak vitamin dan mineral agar terhindar dari masalah kesehatan.

Merawat Anjing Sakit Karena Cacingan

Merawat anjing sakit bisa menjadi sesuatu yang menakutkan, mendebarkan apalagi bagi Anda yang baru memelihara anjing. Jika anjing peliharaan Anda sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mengetahui penyakitnya dan cara tepat mengobatinya. Namun sayangnya masih banyak pemilik anjing yang menunda membawa anjing ke dokter.

Penyakit yang biasanya menyerang anjing adalah sakit perut . Berikut adalah cara mengatasi dan merawat anjing yang terkena sakit perut yang bisa Anda coba jika anjing peliharaan mengalami masalah yang sama.

Mengatasi Masalah Sakit Perut

Biasanya penyakit sakit perut karena cacing menyerang anak anjing yang masih kecil. Biasanya akan telihat gejalanya, seperti: kurus, lesu, lemah dn mencret. Namun penyakit ini bisa menyerang anjing yang sudah dewasa, Jika menyerang anjing yang masih kecil dn tidak segera diobati bisa mengakibatkan kematian.

Kekurangan Zat Makanan dan Kurang Darah

Ada beberapa jenis cacing yang menyerang anjing, diantaranya adalah cacing pita atau Toxocara canis dan cacing tambang atau Ancylostoma canis. Kedua jenis cacing tersebut sangat berbahaya. Hidup sebagai paraasit di usus halus, ia akan menghisap semua sari makanan yang masuk.

Akibatnya anjing kekurangan zat makanan dan darah sehingga lama kelamaan badannya akan kurus, lesu, perutnya membucit, kotorannya lunak dan berwarna hitam. Biasanya penyakit ini akan berakibat fatal jika menyerang anak anjing yang masih berumur 1-6 bulan.

Jika tidak diobati cacing terus berkembang biak di dalam usus halus. Larva telur akan mengikuti aliran darah menuju ke hati, paru-paru, lambung dan saluran pernapasan. Penyakit ini bisa mengakibatkan kematian karena saluran pernapasan anjing tersumbat oleh larva cacing.

Baca Juga: Cara Merawat Anjing Kampung dan Kelebihannya

Cara Mengobati

Cara mengobati penyakit ini harus menggunakan obat cacing yang digunakan oleh manusia, seperti: combantrin, upixon. Pemberian dosisnya cukup seperempat saja dari dosis yang biasanya diberikan untuk manusia. Pemberian obat disesuaikan dengan aturan yang ada pada label obat.

Jika obat yang digunakan berbentuk tablet, cara pemberiannya bisa langsung dimasukkan ke mulut anjing. Simpan kepingan tablet di belakang lidahnya, lalu katupkan mulut anjing.

Sedangkan jika obatnya berbentuk sirup atau tablet yang dibubukkan lebih gampang memberikannya, karena anak anjing suka dengan makanan yang manis-manis. Anda tinggal menyuapkannya.

Cara Pencegahan

Penyakit cacingan bisa dihindari, cara yang paling mudah dan sederhana adalah dengan disiplin merawat anjing, menjaga kebersihan tempat makan dan makanannya. Hindari anjing makan daging, ikan yang masih mentah ataupun makanan sisa yang sudah terkena bibit penyakit.

Selain cacing anak anjing juga beresiko terkena penyakit lainnya yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Jadi merawat anjing yang baik bisa dengan memeriksakan kesehatannya secara teratur ke dokter hewan atau klinik hewan. Jangan lupa untuk memberikan vaksin agar daya tahan tubuh anak anjing lebih kuat dan mencegah terkena penyakit.

Cara Merawat Anjing Kampung dan Kelebihannya

Anjing kampung adalah jenis anjing yang banyak dipelihara oleh masyarakat, karena selain harganya murah anjing kampung adalah anjing keturnan asli hutan dan masih merupakan ras asli bukan hasil dari perkawinan antara jenis lainnya. Cara merawat anjing kampung tidak begitu sulit, berbeda dengan perawatan anjing ras diperlukan perlakuan khusus.

Dari segi pesona anjing kampung kalah pesonanya dengan anjing ras seperti husky, herder, bulldog, rotweler dan anjing ras lainnya. Sebab bulu anjing kampung rata-rata tidak cantik dari postur tulangnyapun kurang tegap. Namun tahukan Anda, ternyata anjing kampung memiliki kelebihan. Ingin tahu apa saja kelebihannya, simak urainannya berikut ini:

Daya Tahan Tubuh yang Kuat

Tidak seperti anjing ras lainnya yang daya tahan tubuhnya tidak sekuat anjing kampung. Anjing kampung memiliki daya tahan tubuh yang kuat, sehingga jarang terkena penyakit. Karena pada dasarnya anjing kampung adalah anjing liar, hidup dialam bebas sehingga tubuhnya kuat dan tahan penyakit. Walaupun daya tahannya kuat, memelihara anjing kampung harus tetap memberikannya vaksin untuk menghidari penyakit yang datang tiba-tiba.

Tidak Penakut dan Menyukai Kebebasan

Karena merupakan anjing yang hidup di alam bebas, anjing kampung memiliki naluri yang berani atau tidak penakut. Bahkan kepada pemiliknya pun ia tidak takut. Itu sebabnya banyak pemburu yang memilih anjing kampung sebagai anjing pemburu.

Karena biasa hidup di alam liar, anjing kampung tidak suka diam di kandang. Baginya kandang adalah penjara, oleh karena itu anjing kampung yang dikandangkan biasanya akan terus menyalak dan ribut. Ia ingin bergerak dengan bebas.

Baca Juga: Beberapa Hobi yang Menyenangkan

Perawatannya Tidak Ribet

Merawat anjing kampung tidak susah. Bahkan dari segi makanan, anjing ini bisa makan apa saja termasuk makanan sisa. Misalnya: diberi nasi dengan sayur dan tulang ayam. Namun jika Anda ingin memberikan makanan khusus anjing tidak apa-apa asalkan tetap di campur dengan nasi.

Walaupun bulu anjing kampung tidak selebat dan sebagus anjing ras, jika Anda memelihara anjing harus memperhatikan kondisi bulunya dan membersikan bulu dengan rajinmenyikat bulunya. Jika dilakukan perawatan dengan rutin bulunya akan terlihat bersih dan indah. Jangan lupa membersihkan bagian wajah mulai dari mata, hidung, mulut dan telinga.

Melatih Anjing Kampung

Agar daya ingatnya kuat terutama kepada pemiliknya, ajak latih anjing secara teratur atau mengajaknya bercanda dan bermain. Selalu sebut namanya atau beri ia panggilan rahasia misalnya: dengan siulan, tepukan dan lain sebagainnya.

Itulah cara merawat anjing kampung dan beberapa kelebihannya dibandingkan dengan anjing ras. Untuk mendapatkan anjing kampung sangat mudah. Anda bisa membelinya di toko hewan (petshop) atau membelinya langsung ke penjualnya. Harga anjing kampung  tidak terlalu mahal, sekitar ratusan ribu untuk anakan.