Ternyata Resep Sayur Enak Ini Punya Peran Dalam Tradisi Jawa Loh

Mimin yakin yang membaca tulisan ini pernah mencoba sayur khas Indonesia. Indonesia punya banyak sekali jenis sayur berkuah seperti sop, sayur kacang, sayur lodeh, sayur asem dan sayur-sayur yang lainnya. Tapi dari sayur-sayur itu ada loh salah satu sayur yang erat kaitannya denga tradisi Jawa. Seperti yang sudah umum diketahui oleh masyarakat bahwa masyarakat Jawa adalah masyarakat yang kental akan budayanya. Bukan hanya pada tradisi berpakaian dan bertutur katanya saja, sebagian lainnya mewariskan kebudayaan-kebudayaan nya pada berbagai jenis makanan. Hal yang khas dari Bumbu sayur lodeh ini adalah adanya santan, atau kata orang bule mah coconut milk xixixi.

Rasanya juga sangat khas karenaterdiri dari sayur-sayuran lokal Indonesia juga menggunakan rempah-rempah khas Indonesia. Jika biasanya sayur identik dengan rasa yang gurih dan hangat. Berbeda dengan sayur yang satu ini, rasanya gurih ditambah dengan rasa sedikit pedas dari cabai khas Indonesia. Selain rasanya yang khas rupanya masyarakat Jawa sendiri menganggap sayur ini sebagai bagian dari kegiatan ceremonial yang penting loh.

Seperti yang sudah mimin sebut sebelumnya kalau masyarakat Jawa dikenal dengan adat dan budayanya yang kental. Khususnya masyarakat Jawa Kejawen. Hubungannya dengan sayur lodeh adalah resep sayur enak yang satu ini adalah salah satu sajianwajib pada perayaan khususnya acara tolak bala. Wah hebat ya sayur yang biasanya dimakan berdampingan dengan gorengan-gorengan dan nasi hangat ini punya makna yang lebih dalam rupanya. Oke gengs sekarag udah pada laper kan membaca cuap-cuap mimin. Karena sudah berbusa-busa membahas sayur lodeh mimin kasih deh cara membuat sayur lodeh. Oke kita mulai dari bahan-bahannya. Khusus untuk resep ini mimin ingin membuat lodeh manisa kacang panjang.

cara membuat sayur lodeh yang enak

Bahan-bahan sayuran:
• Manisa 2 buah
• Terong ungu 2 buah
• Kacang Panjang 5 buah
• Tahu putih berukuran sedang 2 buah
• Tempe ½ papan

Bumbu dan rempah sayur lodeh:
• Bawang merah yang diiris tipis 5 siung
• Bawang putih yang diiris tipis 5 siung
• Cabai rawit 10 buah (bisa disesuaikan dengan selera)
• Lengkuas yang digeprek 3 cm
• Daun salam 2 lembar
• Santan kental 75 ml (jika menggunakan santan instan kira-kira 1 bungku)
• Garam 1sdt
• Gula 2 sdt
• Penyedap rasa ½ sdm

Langkah-langkah pembuatannya:
1. Bersihkan semua bahan-bahan dan bumbu yang akan digunakan.
2. Potong-potong manisa, terong ungu, tempe, kacang panjang dan tahu. Berbentuk dadu atau memanjang
3. Panaskan minyak goreng untuk menumis bawang merah dan bawang putih.
4. Tambahkan cabai, daun salam dan lengkuas. Tumis hingga aromanya menjadi harum.
5. Masukan tahu dan tempe yang sudah diiris-iris.
6. Tambahkan air 1500 ml atau sesuaikan dengan selera.
7. Tunggu hingga mendidih dan mauskan kacang panjang dan manisa.
8. Tambahkan santan, kemudian aduk (jangan samapai) santannya pecah hingga santanya ikut mendidih.
9. Tambahkan bumbu-bumbu penyedap seperti garam, gula dan penyedap dan aduk hingga matang.
10. Sayur lodeh manisa kacang panjang siap dihidangkan.

Mudah kan untuk membuat sayur lodeh manisa kacang panjang ini. Selain bahan-bahan yang tersedia di warung-warung atau penjual sayur. Harga sayuran dan bahan yang digunakan pun tidak terlalu mahal. Selain itu sayur ini juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh karena menggunakan bahan-bahan nabati. Tapi peringatan, untuk yang punya kolesterol jangan kebanyakan ya makan sayur lodehnya. Mentang-mentang enak lupa diri sampai naik kolesterolnya kan bahaya. Oke sekian dulu deh gaes sharing mimin di postingan kali ini. Sampai jumpa di postingan unik dan menarik selanjutnya. Happy cooking.

https://review.bukalapak.com/food/review-bumbu-sayur-lodeh-bamboe-vs-bumbu-sayur-lodeh-racik-72963
Gambar oleh Resep Masakan

Cara Membuat Bakso Sendiri di Rumah, Mudah dan Murah!

Bakso, makanan favorit hampir semua orang di Indonesia. Apalagi memasuki musim hujan seperti ini, rasanya berkemul dalam selimut sambil menyeruput kuah bakso sapi yang mengalir hangat di tenggorokan, ah..terbayang lezatnya.

Di Indonesia, penjual makanan berbahan dasar daging ini cenderung mudah ditemukan. Berbeda ceritanya ketika kamu harus tinggal di luar negeri untuk suatu urusan, mencari penjual bakso bisa jadi seperti mencari jarum di tumpukan jerami (lebay :D). Tapi tenang saja, jika kamu kesulitan menemukan penjual bakso di sekitarmu, atau ingin bakso yang lebih terjamin bahan dan cara pengolahannya, kamu bisa buat bakso versimu sendiri di rumah loh!

Penasaran bagaimana cara membuat bakso sendiri di rumah? Mau coba? Berikut dua resep bakso dari daging sapi dan daging ayam untuk kamu meat lovers!

 

Bakso Ayam

Bahan pentol bakso daging ayam:

4 siung bawang putih, haluskan

2 sendok makan bawang merah goreng

1 butir telur

40 gr es batu, hancurkan

1 kg daging ayam fillet (tanpa tulang), giling

50 gr tepung kanji

½ sendok teh lada bubuk

1 sendok teh garam

2 liter air

Bahan kuah bakso daging ayam:

2 sendok teh kaldu ayam instan

200 gr tulang sapi

2 sendok teh gula pasir

2 sendok makan garam

1 sendok teh merica

4 batang daun bawang, ambil bagian yang berwarna putih, iris tipis

3 liter air

5 siung bawang merah, goreng lalu haluskan

7 siung bawang putih, goreng lalu haluskan

 

Cara membuat pentol bakso daging ayam:

  1. Campur daging ayam giling, tepung kanji, garam, telur, lada bubuk, bawang putih halus, dan bawang merah goreng dalam sebuah wadah. Uleni menggunakan tangan atau alat hingga adonan tercampur semua dan mudah dibentuk.
  2. Apabila adonan masih terlalu lembek dan sulit dibentuk, kamu bisa menambahkan es batu secara perlahan hingga adonan mudah dibentuk. Sementara menguleni adonan, kamu bisa mulai merebus air dalam panci hingga mendidik.
  3. Ambil adonan daging ayam dengan tangan, lalu bentuk bulat, bisa dengan kedua tangan atau dengan satu tangan, tekan hingga adonan keluar melalui celah antara jari telunjuk dan jempol. Cemplungkan ke air yang mendidih. Lakukan hingga adonan habis.
  4. Rebus adonan hingga mengapung ke permukaan air, lalu angkat.

 

Cara membuat kuah bakso daging ayam:

  1. Rebus air dalam panci hingga mendidih.
  2. Masukkan semua bahan kuah, aduk sebentar.
  3. Diamkan hingga mendidih lagi.

 

Bakso Sapi

Bahan Bakso Sapi:

300 gr daging sapi, cincang

100 gram tepung sagu

setengah gelas es batu

 

Bumbu Bakso Sapi:

3 siung bawang putih, iris tipis, goreng kering

1/4 sendok teh merica bubuk

1/2 sendok teh garam

 

Bahan Kuah Bakso Sapi:

200 gr tulang sapi

3 liter air

2 cm jahe

2 sendok teh garam

 

Bumbu Kuah Bakso Sapi:

4 siung bawang putih, iris halus, goreng

1/2 sendok teh merica bubuk

 

Pelengkap Bakso Sapi:

200 gr mi telur, rebus

100 gr bihun, rendam air panas

3 batang seledri, irit halus

bawang goreng secukupnya

 

Cara Membuat Bakso Sapi:

  1. Campur semua bahan dan bumbu bakso sapi, blender.
  2. Masukkan adonan ke plastik piping bag, gunting ujung plastiknya.
  3. Didihkan air sebanyak 1,5 liter. Semprot adonan bakso ke sendok yang sudah dioles minyak goreng. Bentuk bulat. Lalu rebus dalam air mendidih. Jika bakso mengambang tandanya sudah matang.
  4. Kuah bakso sapi: Didihkan air, masukkan semua bahan dan bumbu kuah. Masak selama 30 menit atau sampai kaldunya keluar.
  5. Tata mi, bihun, bakso, dan seledri. Tuang kuah bakso lalu taburi bawang goreng.

Referensi resep bakso sapi >> https://review.bukalapak.com/food/rahasia-di-balik-resep-bakso-sapi-dan-kuahnya-yang-sedap-mantap-23938

Purol Poeder, Bedak Biang Keringat Sejak Zaman Penjajahan Belanda

( Foto : Purol )

Kondisi gatal yang diakibatkan oleh keringat memang cukup mengganggu. Munculnya biang keringat pada kulit akan menimbulkan rasa perih dan gatal yang membuat tangan tak kuasa terus menggaruk. Biang keringat merupakan kondisi kulit yang diakibatkan oleh keringat yang tersumbat oleh adanya kulit mati dan bakteri. Biang keringat biasanya muncul di leher, punggung, dan lipatan kulit. Kondisi ini bisa dialami oleh anak bayi sampai orang dewasa. Semakin diberikan garukan malah semakin menjadi. Oleh karena itulah penting untuk selalu menyediakan bedak atau salep sebagai cara menghilangkan biang keringat pada bayi maupun orang dewasa.

 

Membahas mengenai biang keringat, terdapat satu produk yang sejak dulu menjadi andalan keluarga. Entah kapan persisnya, namun di tahun 1957 iklan produk ini sudah muncul di halaman majalah yang sangat terkenal di zaman itu. Dengan gambar seorang wanita Indonesia bersanggul, sangat populer di zamannya. Produk Purol Poeder ini berasal dari Belanda, diperkirakan mulai masuk ke Indonesia sejak zaman penjajahan Belanda.

 

Produk ini dahulu seolah merupakan produk wajib yang harus ada di kotak obat di setiap rumah. Dengan kemasannya yang sangat legendaris yaitu berupa tabung kecil berbahan kaleng dengan bentuk tutup yang unik. Sayangnya saat ini bedak purol yang beredar luas di Indonesia bukan purol poeder seperti yang dulu dikenal.

 

Purol Poeder yang dulu dikenal sepertinya tidak diperjualbelikan secara umum lagi di Indonesia. Saat ini terdapat Purol Poeder yang diperjualbelikan melalui e-commerce atau jasa titip online. Jika dilihat dari design kemasannya serupa dengan produk Purol Poeder yang dahulu digunakan. Perbedaannya terdapat pada material dan tulisan yang tertera pada packaging. Purol Poeder tersebut bertuliskan keterangan dengan menggunakan bahasa belanda.

 

Berdasarkan testimoni dan keterangan produk, Purol Poeder yang berbentuk bubuk cocok digunakan untuk melembutkan, memberi nutrisi dan memanjakan kulit, mencegah biang keringat, menyerap keringat berlebih yang menyebabkan bau yang tidak menyenangkan. Bedak ini juga mendinginkan tubuh dan dapat menjadikan telapak kaki tetap segar dan kering

 

Purol Poeder juga ampuh untuk mengobati kerusakan yang disebabkan oleh alergi. Kandungan dari produk ini adalahhydrated silica, zinc oxide, parfum, paraffinum liquidum, benzyl benzoate, benzyl cinnamate. Seluruh kandungan tersebut memiliki kemampuan untuk memberikan perawatan terbaik bagi kulit dan biang keringat. Beberapa e-commerce menuliskan keterangan bahwa produk ini merupakan pertolongan pertama untuk semua masalah kulit.

( Foto : Purol )

Selain berupa bedak biang keringat, terdapat 2 jenis produk purol lainnya, yaitu Purol handcream dan salep dengan nama Purol Zalf. Harga untuk kedua jenis purol inimemiliki harga sekitar Rp110.000 sampai Rp150.000. Produk ini cukup laku di Indonesia terlebih konsumen ibu-ibu yang memiliki seorang bayi.

 

Purol memang memiliki kandungan yang dipercaya aman untuk digunakan pada bayi. Selain untuk keluhan biang keringat bayi, produk purol zalf dapat digunakan juga untuk mengobati gigitan serangga. Untuk purol handcream memiliki kandungan panthenol atau vitamin B5, yaitu kandungan yang membantu merestorasi lapisan pelindung kulit. Sangat direkomendasikan untuk melembutkan, dan mengenyalkan tangan yang kering dan pecah-pecah.

 

Bagi Anda yang memang sedang mencari bedak biang keringat khususnya untuk bayi, tentu produk ini bisa jadi pilihan di samping pilihan bedak lainnya seperti yang dapat dilihat di https://review.bukalapak.com/mom/7-rekomendasi-bedak-bayi-yang-efektif-atasi-biang-keringat-di-kulit-balita-27835

 

 

Sayur Sederhana Sehat untuk Kita Si Pemalas

Kalau menu yang sekarang akan mimin share adalah menu super sehat khas Indonesia. Kalau di luar negeri nih banyak tuh yang suka bikin salad. Biasanya, salad sendiri adalah sayur-sayuran, baik mentah atau sudah direbus. Kemudian, diberi bumbu. Kalau bule-bule sih biasanya pakai mayones atau bisa pakai minyak zaitun. Tapi, kalau salad asli Indonesia banyak jenis bumbunya. Ada yang namanya gado-gado dari Betawi, lotek karedok dari Sunda, dan urap dari Jawa. Jenis-jenis makanan ini benar-benar berasal dari sayur loh. Tidak ada tambahan daging-dagingan jenis mana pun. Jadi, untuk kalian yang sedang mengurangi protein hewani, cocok banget deh makan menu yang satu ini. Cara memasaknya intinya sama sayuran dan bumbu xixixi. Sayuran yang digunakan untuk membuat salad asli Indonesia ini juga cenderung sama loh, mulai dari tauge, kacang panjang, daun singkong, kadang ditambah dengan pepaya muda atau nangka. Urap sayur, lotek karedok, dan gado-gado semuanya layak untuk dicoba. Bahkan, menu-menu autentik ini cukup terkenal loh di beberapa negara. Maklum, banyak bule main ke Bali dan disuguhi dengan menu-menu asli Indonesia. Gimana mereka ga doyan, iya ga?

Untuk resep kali ini, mimin akan dengan senang hati membagi resep urap si sayur sederhana. Resepnya enak dan mudah untuk dibuat. Selain itu, menu ini juga sehat dan mengandung banyak khasiat loh karena dibuat dari sayur-sayuran. Kaya daun singkong. Begini-begini, daun singkong mampu melancarkan pencernaan, membantu metobelisme tubuh, menjadi sumber energi juga sebagai antioksidan. Tidak jauh berbeda khasiatnya dengan daun pepaya. Tapi, ada tambahan nih untuk kalian yang sedang sembelit. Coba deh makan daun pepaya, dijamin akan segera lancar karena memiliki banyak kandungan serat. Kemudian tauge, katanya sih kalau makan tauge akan membuat lebih subur. Tapi, yang pasti, tauge ini baik untuk kesehatan karena akan membantu membuang kotoran dalam tubuh, juga menangkal radikal bebas sehingga dengan mengonsumsi tauge akan terlihat lebih muda. Kalau kacang panjang akan mengurangi terkena risiko asam urat dan menjaga kesehatan jantung juga loh. Selain itu, untuk kalian yang punya masalah gangguan tidur, dengan mengonsumsi kacang panjang akan membantu tidur kita agar lebih berkualitas. Oke, itulah khasiatnya. Sekarang, ayo kita buat menu ini. Cus!

Sayuran untuk urap

  • Daun singkong muda (1 ikat)
  • Daun pepaya muda (1 ikat)
  • Tauge (500gr)
  • Kacang panjang (1 kat)

Bumbu urap

  • Cabe rawit merah/hijau (2 buah)
  • Cabe kriting merah (3)
  • Kelapa parut (1/2 butir)
  • Bawang putih (1 siung)
  • Daun jeruk (2 lembar)
  • Penyedap dan garam
  • Minyak goreng (6 sdm)

Langkah-langkah membuat urap:

  1. Cuci bersi dan potong-potong semua sayuran yang sudah disiapkan.
  2. Rebus sayuran dengan air mendidih di atas 100o. Cirinya, sayuran yang matang akan tampak layu.
  3. Haluskan bumbu urap yang sudah disiapkan.
  4. Tumis bumbu urap sampai tercium aroma wangi.
  5. Masukkan sayuran yang sudah direbus dan oseng-oseng sebentar saja hanya sampai bumbunya tercampur rata.
  6. Urap siap dihidangkan.

Mudah bukan membuat urap-urap ini? Resepnya mudah, modal membuatnya juga murah. Selain itu, bumbu urap tadi bisa juga loh dibuat kering untuk persediaan di dalam kulkas. Tinggal masak bumbu urap tadi tanpa sayur ya. Kemudian, buat sedikit lebih kering dan tunggu hingga dingin, baru masukkan ke dalam kulkas untuk persediaan. Sayurannya juga bisa banget dimodifikasi. Tapi, umumnya, sayuran-sayuran yang mimin pakai yang umum jadi bahan dasar urap. Kalau gitu, selamat mencoba readers. Jangan takut bereksperimen.

Baca juga di sini https://review.bukalapak.com/food/makan-sayur-sehat-tapi-tetap-nikmat-dengan-resep-urap-sayuran-sedap-ini-34855

Gambar oleh Uncornered Market

5 Resep Minuman Segar Khas Nusantara yang Siap Menemani Saat Dingin Maupun Panas, Mantap dan Mudah Dibuat!

Hei, kamukah itu yang siang-siang begini masih sibuk googling mencari tahu resep es teler? Memang, es teler adalah salah satu minuman paling segar dan selalu siap meredakan dahaga di kala panas. Nah, kamu yang penasaran dengan resep es teler segar bisa membacanya dengan mengklik tautan berikut ini: https://review.bukalapak.com/food/resep-es-teler-segar-ini-bisa-jadi-dessert-favorit-satu-rumah-41188.

Nah, jika ingin mencoba membuat minuman segar yang lainnya, saatnya kamu mencoba membuat minuman khas Nusantara. Jangan salah, tak hanya makanan khas, hampir setiap daerah di Nusantara juga punya minuman khasnya tersendiri yang punya rasa istimewa dan tak tertandingi dan siap menemani di saat dingin maupun panas. Yuk, coba cek 5 resep minuman segar khas Nusantara berikut ini.

1. Bajigur
Seperti dilansir di laman Bp-Guide, bajigur merupakan minuman penghangat badan khas Sunda yang sangat cocok diminum saat suaca dingin. Untuk membuatnya, kamu perlu menyiapkan setidaknya 100 gram gula jawa sisir, 2 sdm gula pasir, 2 sdm kopi, garam secukupnya, dan 2 lembar daun pandan. Pertama, rebus gula jawa, kopi hitam, dan gula pasir di atas api kompor kecil. Aduk dan tunggu hingga mendidih. Kedua, masukkan garam dan daun pandan, aduk hingga aroma harus keluar. Ketiga, matikan api kompor, kemudian saring dan sajikan selagi hangat.

2. Sekoteng
Siapa sih yang tidak kenal dengan minuman segar asal Jawa Tengah ini? Minuman yang biasa disajikan saat malam hari atau saat hujan menyambut ini dibuat dari 850 ml air, 50 gram jahe bakar, 2 cm kayu manis, 2 lembar daun pandan dan daun jeruk, 150 gram gula pasir, serta isian berupa kolang-kaling, kacang hijau rebus, pacar cina rebus, roti tawar, dan kacang tanah kupas yang telah disangrai. Untuk membuatnya, cukup rebus semua bahan hingga mendidih, kemudian angkat dan saring. Sementara itu, semua isian yang telah disiapkan ditata di dalam mangkuk. Tuangkan air rempah ke dalam mangkuk, taburi roti tawar dan kacang tanah. Siap disajikan, deh!

3. Es Cendol
Minuman khas dari Barat ini dijamin siap membuat siang yang terik menjadi menarik. Cendol dibuat dari campuran tepung honkwe dan pasta pandan atau pewarna daun suji. Cendol dibentuk memanjang, kemudian disajikan bersama kuah sedap nikmat yang terbuat dari santan dan tambahan gula merah serta serutan es segar. Disajikan di siang hari yang panas, hmm benar-benar mantap!

4. Es Pisang Hijau
Minuman dingin yang belakangan sedang populer ini berasal dari Makasar, lho! Seperti namanya, minuman ini memang dibuat dari pisang yang dibalut kulit warna hijau. Adonan kulitnya dibuat dari tepung beras, tepung kanji, air daun suji, dan santan. Disempurnakan dengan isian berupa bubur sumsum, pacar cina, dan kacang tanah sangrai, minuman satu ini siap membuat dahagamu sirna seketika. Apalagi, kamu bisa menyempurnakan es satu ini dengan sirup warna merah, ice cream, susu kental manis, atau es serut super nikmat. Jadi, ingin segera meminumnya, ya?

5. Es Laksamana Mengamuk
Pernah dengar nama minuman segar yang satu ini? Minuman ini berasal dari Riau. Selain pas diminum di tengah udara segar, minuman ini juga punya rasa dan sejarah unik. Dilansir dari laman GotTravelly, mulanya ada seorang laksamana mengamuk di kebun mangga kweni karena sang istri ketahuan selingkuh dengan pemilik kebun. Karena ada banyak buah mangga berjatuhan, masyarakat pun memungutnya dan mencampurnya dengan bahan lain hingga menjadi es satu ini.

Es ini terbuat dari serutan mangga kweni, selasih, dan serutan kelapa. Buah-buah segar itu dipadu dengan kuah yang terbuat dari santan, susu, dan air gula putih. Paduan buah-buahan serta kuahnya benar-benar menggugah selera, lho!

Bagaimana? Jangan lupa mempraktikkan resepnya sendiri, ya.

Sumber gambar: IndoIndians.com

Ini Cara Menghaluskan Tumit Tanpa Harus Rajin ke Salon

 

 

( Foto : Money )

Memiliki tumit yang kering dan pecah-pecah seringkali mengganggu. Walaupun berada di daerah tersembunyi, namun tetap saja akan terlihat saat sesekali menghadiri acara yang mengharuskan membuka alas kaki. Biasanya cara mengobati kaki pecah pecah yang biasa dilakukan adalah secara rutin melakukan perawatan manicure di salon, tapi perawatan ini tidak bertahan lama. Untuk hasil yang maksimal diperlukan kedisiplinan kunjungan setiap dua atau satu minggu sekali. Ada satu cara yang lebih mudah dan ekonomis, yaitu menggunakan Vaseline pure petroleum jelly secara rutin di daerah tumit setiap hari sebelum tidur.

 

Apa itu Vaseline Pure Petroleum Jelly ?

 

Vaseline Pure Petroleum Jelly merupakan produk yang dikeluarkan oleh mek perawatan kulit yang sudah sangat dikenal di dunia. Berdasarkan informasi yang tertulis di situs resminya, Vaseline menyatakan bahwa melalui produknya, mereka telah membantu banyak orang dalam menyehatkan kulitnya yaitu selama lebih dari 140 tahun.

 

Penemuan kandungan bumi yang bermanfaat ini berawal dari petualangan seorang ilmuan Inggris di Titusville, Pennsylvania. Ilmuwan yang bernama Robert Augustus Chesebrough melihat para pengebor minyak memanfaatkan kandungan alami bumi yang ditemukan secara tidak sengaja saat proses pengeboran minyak. Para pengebor minyak mengoleskan zat yang mereka temukan ini ke kulitnya yang terkena luka bakar. Melihat hal itu Chesebrough berinisiatif untuk membawa zat ini ke Amerika, untuk menjadi obat penyembuhan kulit kering.

 

Setelah melewati 5 tahun rangkaian penelitian dan penyempurnaan teknis ekstraksi, pada tahun 1865 Chesebrough mematenkan proses pembuatan petroleum jelly. Zat inilah yang menjadi keunggulan brand Vaseline dalam memberikan perlindungan tiga lapis pada kulit. Hingga di tahun 1874 secara resmi brand Vaseline diluncurkan dan dipasarkan di Amerika dan segera mendapatkan respons yang sangat positif.

 

Beberapa manfaat dari Vaseline pure petroleum jelly, di antaranya ;

  • Melindungi dan mengunci kelembaban untuk membantu mengatasi kulit kering,
  • Tidak menyebabkan reaksi alergi,
  • Tidak menyebabkan munculnya komedo,
  • Membantu menyembuhkan luka kecil, dan luka bakar,
  • Membantu menyembuhkan kulit mengelupas,
  • Terasa lembut di kulit,
  • Mencegah kulit kasar yang diakibatkan oleh kondisi pecah-pecah dan angin.

 

Cara efektif menggunakan Vaseline pure petroleum jelly adalah setiap malam menjelang tidur ketika kaki masih agak basah setelah dicuci bersih. Dengan begitu Vaseline pure petroleum akan membantu mengunci kelembaban dari air yang tersisa di kulit.

 

( Foto : Chick Advisor )

Petroleum jelly merupakan campuran semi padat hidrokarbon dengan jumlah karbon yang lebih tinggi. Zat ini biasa dikenal juga dengan sebutan paraffin lunak atau lilin paraffin. Walaupun memiliki fisik dan pemanfaatan yang serupa, Petroleum jelly berbeda dengan Gliserin.

 

Perbedaannya adalah Gliserin merupakan alkohol yang bersifat menarik air sehingga mampu menarik kelembaban dari udara sehingga dapat memberikan rasa basah pada kulit. Sedangkan petroleum jelly memiliki molekul yang besar sehingga hanya bersifat melapisi kulit dan melindungi dari paparan zat atau partikel lainnya. Itulah mengapa kedua kandungan ini sering dimanfaatkan sebagai cara menghaluskan tumit.

 

Vaseline pure petroleum jelly memiliki dua pilihan ukuran kemasan yaitu ukuran 50 ml dan 100 ml. Harga untuk 50 ml produk ini adalah berkisar di harga Rp23.000 – Rp30.000, sedangkan untuk ukuran 100 ml dijual dengan kisaran harga Rp45.000 – Rp50.000.

 

Selain The Original Vaseline Jelly terdapat juga dua pilihan lainnya yaitu Vaseline Cocoa Butter yang dilengkapi dengan mentega kakao yang juga bisa diandalkan untuk cara menghaluskan tumit yang pecah-pecah.

 

Kondisi tumit yang pecah-pecah dapat dialami oleh ibu hamil, cek cara mengatasinya di https://review.bukalapak.com/mom/bumil-begini-cara-mengatasi-telapak-kaki-pecah-pecah-saat-hamil-17623.

 

 

 

 

 

 

Ternyata Resep Sayur Enak Ini Punya Peran Dalam Tradisi Jawa Loh

Mimin yakin yang membaca tulisan ini pernah mencoba sayur khas Indonesia. Indonesia punya banyak sekali jenis sayur berkuah seperti sop, sayur kacang, sayur lodeh, sayur asem dan sayur-sayur yang lainnya. Tapi, dari sayur-sayur itu, ada loh salah satu sayur yang erat kaitannya denga tradisi Jawa. Seperti yang sudah umum diketahui oleh masyarakat bahwa masyarakat Jawa adalah masyarakat yang kental akan budayanya. Bukan hanya pada tradisi berpakaian dan bertutur katanya saja, sebagian lainnya mewariskan kebudayaan-kebudayaannya pada berbagai jenis makanan. Hal yang khas dari bumbu sayur lodeh ini adalah adanya santan, atau kata orang bule mah coconut milk xixixi. Rasanya juga sangat khas karena terdiri dari sayur-sayuran lokal Indonesia juga menggunakan rempah-rempah khas Indonesia. Jika biasanya sayur identik dengan rasa yang gurih dan hangat. Berbeda dengan sayur yang satu ini, rasanya gurih ditambah dengan rasa sedikit pedas dari cabai khas Indonesia. Selain rasanya yang khas, rupanya masyarakat Jawa sendiri menganggap sayur ini sebagai bagian dari kegiatan ceremonial yang penting loh.

Seperti yang sudah mimin sebut sebelumnya, kalau masyarakat Jawa dikenal dengan adat dan budayanya yang kental, khususnya masyarakat Jawa Kejawen. Hubungannya dengan sayur lodeh adalah resep sayur enak yang satu ini adalah salah satu sajian wajib pada perayaan, khususnya acara tolak bala. Wah, hebat ya, sayur yang biasanya dimakan berdampingan dengan gorengan-gorengan dan nasi hangat ini punya makna yang lebih dalam rupanya. Oke gengs, sekarang udah pada laper kan membaca cuap-cuap mimin. Karena sudah berbusa-busa membahas sayur lodeh, mimin kasih deh cara membuat sayur lodeh. Oke, kita mulai dari bahan-bahannya. Khusus untuk resep ini, mimin ingin membuat lodeh manisa kacang panjang.

Bahan-bahan sayuran:

  • Manisa 2 buah
  • Terong ungu 2 buah
  • Kacang panjang 5 buah
  • Tahu putih berukuran sedang 2 buah
  • Tempe ½ papan

Bumbu dan rempah sayur lodeh:

  • Bawang merah yang diiris tipis 5 siung
  • Bawang putih yang diiris tipis 5 siung
  • Cabai rawit 10 buah (bisa disesuaikan dengan selera)
  • Lengkuas yang digeprek 3 cm
  • Daun salam 2 lembar
  • Santan kental 75 ml (jika menggunakan santan instan kira-kira 1 bungkus)
  • Garam 1 sdt
  • Gula 2 sdt
  • Penyedap rasa ½ sdm

Langkah-langkah pembuatannya:

  1. Bersihkan semua bahan-bahan dan bumbu yang akan digunakan.
  2. Potong-potong manisa, terong ungu, tempe, kacang panjang, dan tahu berbentuk dadu atau memanjang.
  3. Panaskan minyak goreng untuk menumis bawang merah dan bawang putih.
  4. Tambahkan cabai, daun salam, dan lengkuas. Tumis hingga aromanya menjadi harum.
  5. Masukkan tahu dan tempe yang sudah diiris-iris.
  6. Tambahkan air 1500 ml atau sesuaikan dengan selera.
  7. Tunggu hingga mendidih dan masukkan kacang panjang dan manisa.
  8. Tambahkan santan, kemudian aduk (jangan samapai) santannya pecah hingga santannya ikut mendidih.
  9. Tambahkan bumbu-bumbu penyedap seperti garam, gula, dan penyedap, dan aduk hingga matang.
  10. Sayur lodeh manisa kacang panjang siap dihidangkan.

Mudah kan untuk membuat sayur lodeh manisa kacang panjang ini? Selain bahan-bahan yang tersedia di warung-warung atau penjual sayur, harga sayuran dan bahan yang digunakan pun tidak terlalu mahal. Selain itu, sayur ini juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh karena menggunakan bahan-bahan nabati. Tapi, peringatan, untuk yang punya kolesterol. jangan kebanyakan ya makan sayur lodehnya. Mentang-mentang enak, lupa diri sampai naik kolesterolnya kan bahaya. Oke, sekian dulu deh gaes sharing mimin di posting-an kali ini. Sampai jumpa di posting-an unik dan menarik selanjutnya. Happy cooking.

https://review.bukalapak.com/food/review-bumbu-sayur-lodeh-bamboe-vs-bumbu-sayur-lodeh-racik-72963

Gambar oleh Resep Masakan

4 Pompa ASI yang Paling Banyak DiRekomendasikan untuk Ibu Menyusui

Memberikan air susu ibu (ASI) eksklusif minimal selama 6 bulan pertama kepada buah hati tercinta merupakan cita-cita semua Ibu. Sudah dipastikan bahwa tidak ada yang lebih baik daripada ASI dibandingkan dengan susu formula manapun. Hal inilah yang membuat memiliki pompa ASI menjadi penting, tidak hanya bagi para ibu yang bekerja melainkan juga para ibu yang tidak bekerja. Sehingga para Ibu yang harus bekerja atau harus bepergian dapat menggunakan cara menyusui bayi dengan botol.

 

Oleh karena itu saat ini bermunculan berbagai produk pompa asi, dan berikut ada 4 produk yang direkomendasikan ;

 

  1. Medela Pompa ASIElektrik Swing

( Foto : Johnlewis)

Medela telah lama menjadi merk andalan para Ibu yang baru memiliki bayi. Brand yang berdiri sejak tahun 1961 dan bermarkas di swiss ini telah mendistribusikan ke lebih dari 100 negara di dunia.

Keunikan dari produk ini dibandingkan dari produk pompa asi merk lainnya adalah penggunaan 2 phase expression yaitu 2 tahap berupa gerakan stimulasi dan memerah. Fase pertama adalah stimulasi yang merangsang payudara untuk memproduksi ASI dalam jumlah banyak, dan fase kedua adalah fase memerah yaitu berupa hisapan panjang yang menghasilkan tekstur ASI yang halus. Harga untuk satu Medela Pompa ASI Elektrik Swing adalah berkisar di harga Rp1.990.000,-.

 

  1. SPECTRA 9 PLUS PORTABLE Double Electric

( Foto : Baby Mama )

Keunikan dari SPECTRA 9 PLUS PORTABLE Double Electric adalah kemampuannya dalam memompa kedua payudara secara sekaligus. Pemompaan yang dilakukan secara ganda ini dipercaya mampu meningkatkan kadar prolactin, yaitu hormon penghasil ASI. Selain itu nilai lebih dari pompa ASI ini adalah dapat dioperasikan secara portable. Harga untuk satu unit SPECTRA 9 PLUS PORTABLE Double Electric

berkisar di harga Rp1.800.000,-.

 

  1. Pigeon Breast PumpElectric Pro

 

 

( Foto : Baby Mart )

Merk Pigeon memang sudah tidak asing lagi di benak para Ibu. Brand ini berasal dari Jepang dan didirikan pada tahun 1957. Pigeon telah mengeluarkan banyak produk yang mendukung pemberian ASI untuk bayi sampai untuk pemberian makanan pendamping ASI. Walaupun brand ini sudah hadir sejak lama, namun kualitas dari produk-produknya tetap tidak kalah dibandingkan produk-produk baru. Harga untuk Pigeon Breast Pump Electric Pro berkisar di Rp1.399.000,- dengan beberapa kelebihan di antaranya ;

  • Terdapat 7 tingkatan kekuatan hisap dan 4 kecepatan hisap yang dapat disesuaikan dengan pilihan Ibu
  • LED monitor yang mudah untuk digunakan dan dilihat
  • Fitur tanpa arus balik, sehingga mencegah ASI mengalir kembali ke dalam corong
  • Material aman untuk digunakan (bebas BPA) (Bisphenol-A)

 

 

  1. Philips Avent Comfort Manual

( Foto : Phillips )

Phillips memang sudah lama dikenal dengan produk penerangan, elektronik dan berbagai produk rumah tangganya. Sebenarnya phillips juga mengeluarkan berbagai produk personal care dan mother and child care. Untuk merk produk ibu dan anak dikenal dengan nama Phillips Avent, dengan salah satu produknya yaitu Philips Avent Comfort Manual.

Kelebihan dari produk ini adalah bantalan pijatnya yang bertekstur lembut, designnya yang sederhana dan mudah pemasangannya, dan penyempurnaan design sehingga memungkinkan ibu memompa dengan rileks dan menghasilkan ASI yang banyak tanpa harus mencondongkan tubuh ke depan. Harga untuk satu unit Philips Avent Comfort Manual adalah berkisar di harga Rp550.000 – Rp650.000,-.

 

Itulah 4 produk pompa ASI yang paling direkomendasikan untuk mendukung para ibu tetap memberikan ASI pada saat harus meninggalkan rumah. Cek juga 5 cara menyusui bayi yang benar saat payudara lecet di https://review.bukalapak.com/mom/ini-5-cara-menyusui-bayi-yang-benar-saat-payudara-lecet-16725

 

 

 

 

 

 

 

Rekomendasi Susu Ibu Hamil Anti Mual dan Harga Susu Ibu Hamil 2018

Mengatasi mual saat hamil adalah hal penting bagi Anda selama kehamilan. Hal ini karena rasa mual yang disertai dengan muntah, pusing, dan kelelahan sangat tidak menyenangkan dan tidak nyaman. Beberapa ibu hamil bahkan mengalami penurunan berat badan selama trimester awal kehamilan karena rasa mual setiap saat yang menurunkan nafsu makan. Namun demi kesehatan janin, ibu hamil harus segera mengatasi rasa mual tersebut. Untuk perkembangan janin yang sempurna dan sehat dibutuhkan asupan nutrisi yang tinggi, terutama asam folat dan kalsium.

Beberapa cara mengatasi rasa mual yaitu :

  • Makan dalam porsi kecil, namun lebih sering dan makan dengan perlahan-lahan. Selain itu, Ibu hamil disarankan mengonsumsi makanan yang kaya protein dibandingkan makanan yang kaya karbohidrat. Namun sebaiknya makanan tersebut tetap dalam gizi yang seimbang.
  • Hindari stres. Ibu hamil harus menghindari stres dan faktor-faktor yang dapat menyebabkan stres. Jika ibu hamil mengalami stres, maka hormon menjadi lebih tidak seimbang sehingga memperburuk rasa mual saat hamil. Oleh karena itu, ibu hamil harus banyak berpikir positif dan melakukan aktivitas yang menyenangkan bagi ibu hamil seperti berjalan-jalan, mengobrol dengan teman, belanja, dan lain-lain.
  • Hindari aktivitas berat. Dari sejak awal kehamilan, ibu hamil memang dianjurkan untuk tidak beraktivitas terlalu berat dan terlalu lelah, terutama saat masa-masa trimester awal yang masih rawan. Jika ibu hamil beraktivitas fisik yang terlalu berat sehingga menyebabkan ibu merasa mual dan muntah.
  • Konsumsi susu ibu hamil
    Untuk mengatasi rasa mual saat hamil, ibu hamil bisa mencoba susu khusus ibu hamil. Selain rasanya enak dan mudah dikonsumsi, susu khusus ibu hamil diformulasikan memiliki kandungan zat-zat dan vitamin yang dibutuhkan selama kehamilan. Jadi meskipun ibu hamil kurang mengonsumsi makanan akibat rasa mual, namun dapat terbantu pemenuhan nutrisinya dengan meminum susu ibu hamil.

Nah, berikut ini ada beberapa susu ibu hamil yang direkomendasikan agar ibu hamil menjalani masa hamil dengan menyenangkan dan tidak mual muntah sepanjang saat :

  1. EnfaMama A+

Susu Enfamama ini memiliki sedikit perbedaan dengan susu ibu hamil lainnya karena langsung dapat dikonsumsi bagi ibu hamil dan menyusui sekaligus. Sementara susu ibu hamil dari brand lainnya biasanya memiliki produk susu ibu hamil dan ibu menyusui yang terpisah. EnfaMama A+ memiliki kandungan formula A+ yang kaya akan asam folat, zat besi, kalsium, dan vitamin C. Nutrisi tersebut berguna untuk produksi sel darah merah, mempertahankan kepadatan tulang dan gigi, serta memelihara jaringan kolagen. Harga susu ibu hamil Enfamama untuk ukuran 400 gram adalah Rp 89.000.

  1. Lactona Ibu

Susu Lactona memang cukup jarang terdengar namun susu ini memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan harga yang terjangkau. Di dalam susu Lactona terdapat kandungan asam folat, kalsium, zat besi, vitamin, dan mineral yang berguna untuk meminimalisir terjadinya kelainan otak pada anak serta mendukung pembentukan hemoglobin, tulang, dan gigi yang kuat. Selain itu, Lactona Ibu juga dilengkapi oleh DHA yang baik untuk perkembangan otak dan tumbuh kembang anak. Harga susu Lactona untuk ukuran 200 gram sangat terjangkau yakni hanya sekitar Rp 24.000 – Rp 28.000.

  1. SUN Ibu

Biasanya kita mengenal SUN sebagai produk makanan bayi, namun SUN mengeluarkan produk barunya yakni susu ibu hamil. Susu ibu hamil SUN memiliki ukuran kemasan yang berbeda dengan susu lainnya, karena ukuran paling kecilnya adalah 150 gram, sementara susu ibu hamil lainnya biasanya memiliki ukuran kemasan paling kecil 200 gram. Susu SUN Ibu memiliki DHA dan Kolin yang tinggi, serta kandungan zat besi, asam folat, dan kalsium. Susu SUN Ibu juga dibuat untuk mendukung perkembangan dan mengantisipasi kekurangan berat badan bayi saat lahir. Harga susu ibu hamil ini juga terjangkau yakni sekitar Rp 20.000 – Rp 25.000.

  1. Frisian Flag Mama

Frisian Flag bukan hanya menghasilkan susu untuk bayi, balita, dan anak-anak yang berkualitas saja, Frisian Flag juga memiliki produk susu ibu hamil yang tak kalah kualitasnya. Susu ibu hamil Frisian Flag ini mengandung ALA/AA dalam bentuk asam lemak esensial yang dapat menunjang pertumbuhan sel otak dan retina mata pada janin. Kandungan lainnya dalam susu ini yaitu asam folat, zat besi, kalsium, dan serat pangan inulin. Semua nutrisi tersebut berguna untuk menjaga saluran cerna sehingga aliran nutrisi ke janin menjadi lebih optimal, menguatkan tulang, dan mencegah bayi lahir dengan kondisi cacat. Untuk mendapatkan susu ini, Anda perlu mengeluarkan sekitar Rp 25.000 – Rp 30.000.

  1. Susu Vidoran Ibunda

Susu Vidoran Ibunda termasuk susu ibu hamil yang baru di Indonesia. Sama dengan produk susu Vidoran lainnya, susu ini dilengkapi dengan minyak ikan Cod yang biasanya tidak ada pada susu ibu hamil lain. Kandungan susu Vidoran sama seperti susu ibu hamil lainnya yaitu asam folat, zat besi, dan kalsium. Susu dengan variasi rasa Coklat, Vanilla, dan Kacang Hijau ini memiliki harga yang terjangkau lho! Susu Vidoran ini memiliki kisaran harga Rp 35.000 – Rp 40.000.

 

 

Penyebab Perut Kembung pada Bayi dan Cara Mengatasinya

Mungkin dari kamu para kaum Ibu seringkali mendapati bayi kamu menangis tanpa sebab setelah selesai makan atau ketika si buah hati sedang diam mengemut dot. Hati-hati saja, bisa saja si buah hati perutnya sedang kembung. Memang, gejala ini tidak terlihat secara kasat mata. Terlebih lagi, seorang bayi biasanya belum bisa berbicara dan mengeluh apa yang sedang dirasakannya, layaknya anak-anak ataupun orang dewasa. Gejala perut kembung seperti ini jika diabaikan tentunya bahaya karena bisa berdampak pada kesehatan bayi. Lebih parah lagi, bayi Ibu bisa saja demam dan kejang karena Ibu telat mengatasi gejala ini. Untuk itu, dalam artikel ini, kami akan berusaha membantu Ibu mengenali penyebab perut kembung pada bayi dan cara mengatasi perut kembung pada bayi tersebut.

Penyebab perut kembung pada bayi tentunya bisa beragam ya para Ibu sekalian. Mulai dari faktor internal yang menimpa bayinya langsung hingga faktor eksternal yang berasal dari ibu atau hal-hal yang bersentuhan dengan bayi. Pertama, yakni faktor internalnya. Faktor internal penyebab perut kembung pada bayi bisa terjadi karena sistem pencernaan bayi belum sempurna. Karena itu, kadang makanan yang masuk ke perut bayi tidak tercerna dengan baik.

Akibatnya, sistem pencernaan kewalahan dan makanan yang bercampur gas sulit untuk didorong keluar dari tubuh bayi. Selain itu, faktor internal lainnya adalah tubuh si bayi sensitif terhadap makanan tertentu. Setiap bayi terlahir spesial. Karena itu, apa yang ada dalam tubuhnya secara biologis juga spesial. Terkadang, untuk beberapa bayi, akan cukup sensitif merespons makanan tertentu yang banyak mengandung gas. Misalnya saja kemang kol, kubis, kentang, asparagus, kacang-kacangan, maupun brokoli.

Selanjutnya, untuk faktor eksternal ada beberapa rangsangan yang bisa membuat tubuh bayi tidak bisa menerimanya dan membuat perutnya kembung dengan gas. Misalnya, susu formula. Susu formula kadang kurang cocok pada bayi tertentu. Apalagi jika bayi ibu masih ada dalam tahap menerima ASI eksklusif. Jangan sekali-kali ya dibekali dengan susu formula. Salah-salah bayi ibu malah sakit.

Selain itu, faktor eksternal juga bisa datang dari angin yang masuk dalam tubuh, dalam hal ini yang berasal dari kipas angin. Seringkali kalau hawa panas, Ibu mengatasinya dengan menyalakan kipas angin bukan? Boleh-boleh saja, tapi jangn sampai ketiduran dan kelupaan mematikannya ya. Tubuh bayi masih sangat rentan terhadap rangsangan dari luar. Jadi ketika terpapar angin, tubuhnya mudah kembung dan masuk angin.

Tidak hanya susu formula dan kipas angin, faktor eksternal juga bisa datang dari cara menyusui yang salah. Kok bisa begitu? Ya, kesalahan posisi mulut ketika menyusu bisa menyebabkan yang masuk ke dalam tubuh bayi tidak hanya ASI. Karena posisi yang salah, ASI tidak keluar secara maksimal dan hasilnya angin turut masuk ke tubuh bayi.

Nah, untuk mengatasi perut kembung pada bayi yang disebabkan oleh faktor internal dan eksternal tersebut, para Ibu bisa memerhatikan beberapa hal. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan.

  1. Perbaiki posisi bayi saat menyusu. Cobalah untuk selalu membenarkan posisi menyusu yang benar. Posisikan kepalanya lebih tinggi dari perutnya. Dengan begitu ASI yang masuk lebih maksimal.
  2. Sendawakan bayi ketika bayi mulai terlihat menangis. Tempelkan perutnya pada dada Ibu dan mulailah tepuk-tepuk kecil di punggungnya.
  3. Beri pijatan lembut pada punggung atau perut bayi. Lakukan ini satu jam setelah bayi menyusu. Hentikan jika bayi menangis.
  4. Gerakan kaki mengayuh. Gerakan kakinya seperti mengayuh sepeda agar si buah hati mudah membuang udara yang mengisi perutnya.
  5. Beri air hangat. Kamu bisa memberikan air hangat dengan cara meminumkannya atau mengusap air hangat pada bagian perut dan punggung.

 

Itu dia penjelasan singkat mengenai penyebab perut kembung pada bayi dan cara mengatasinya. Semoga Ibu selalu memerhatikan buah hati agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ya.