Home Traveling Wisata Kuliner Khas Kota Semarang yang Wajib Anda Buru

Wisata Kuliner Khas Kota Semarang yang Wajib Anda Buru

by Beverley Kennedy

Semarang adalah kota ATLAS yang memang memiliki tingkat ketertiban dan keamanan yang tinggi, jika dibanding dengan kota-kota besar lainnya di Indonesia. Selain memiliki penataan kota yang terus berbenah, Semarang juga lebih dikenal oleh masyarakat luas sebagai kota wisata sejarah. Berbagai peninggalan sejarah sejak jaman penjajahan Belanda dapat kita temukan di kota ini. Mulai dari rumah sakit, gedung peninggalan sejarah, hingga kuil bersejarah pun dapat dengan mudah kita temukan di kota Semarang. Yang juga tak bisa dilepaskan dari kota ATLAS ini adalah wisata kuliner yang berlimpah, dengan berbagai pilihan makanan khas yang memang dikenal enak dan asli dibuat oleh masyarakat setempat.

Jika Anda berkunjung di kota Semarang, tak lengkap rasanya jika tak berkunjung ke kawasan Simpang Lima, yang merupakan pusat dari kota Semarang. Dikawasan inilah Anda dapat menemukan berbagai sajian khas daerah Semarang, yang pada umumnya banyak disajikan pada malam hari. Disekitar kawasan ini, berjajar pusat penjualan aneka kuliner, yang dapat Anda pilih sesuai dengan selera yang Anda miliki, mulai dari ikan bakar hingga pecel pun dapat Anda temukan dengan mudah. Yang tidak boleh Anda lewatkan adalah sajian khas tahu gimbal dan teh poci dari kota aman yang satu ini.

Berikut ini jenis-jenis makanan khas kota Semarang yang wajib Anda buru, ketika melakukan kegiatan wisata kuliner di kota Semarang, yang antara lain adalah:

Baca Juga: Tips Melakukan Wisata Kuliner yang Tepat yang Bisa Anda Terapkan

  • Lumpia, yang merupakan makanan yang berasal dari adonan tepung bercampur dengan telur yang digunakan untuk membalut berbagai bahan isian yang terdapat didalamnya. Isian lumpia yang khas dari Semarang, pada umumnya lebih menggunakan bahan bambu muda atau rebung, yang dikombinasikan dengan berbagai bahan campuran lainnya.
  • Wingko babat, merupakan bahan makanan yang terbuat dari bahan utama serutan daging kelapa, yang dicampur dengan gula jawa. Makanan ini memiliki tekstur yang lengket dengan rasa manis didalamnya, yang akan membuat Anda ketagihan untuk menikmatinya.
  • Bandeng presto, merupakan olahan ikan bandeng yang dibuat dengan cara di presto, sehingga duri dan tulang dari ikan bandeng tetap dapat dinikmati.

Selain makanan khas tersebut diatas, Anda dapat mengunjungi berbagai restoran kuno yang terdapat di kota Semarang, dimana restoran ini sudah ada sejak jaman penjajahan dahulu. Restoran kuno yang terletak di wilayah jalan Pemuda Semarang ini, tetap menggunakan berbagai perlengkapan kasir kuno. Selain itu menu yang disajikan pun juga merupakan menu kuno yang telah dikembangkan sejak puluhan tahun yang lalu.

Selain kawasan Simpang lima Semarang, untuk melakukan kegiatan wisata kuliner di Semarang, Anda juga dapat mengunjungi beberapa wilayah lain di kota Semarang pada saat malam hari seperti kawasan Pandanaran, kota lama, MT Haryono atau mataram, dan kawasan lainnya. Jika Anda ingin menikmati hasil olahan ikan bakar, kawasan Anjasmoro ataupun gunung pati merupakan pusat olahannya.

 

READ  Kumpulan Tips Travelling ke Luar Negeri

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More