Home Traveling Wisata Kuliner di Kota Kudus

Wisata Kuliner di Kota Kudus

by Beverley Kennedy

Setiap daerah tentunya memiliki kekhasan masing-masing, termasuk juga dalam hal kulinernya. Salah satunya adalah Kota Kudus yang menyimpan beragam pesona kuliner dari leluhur. Apabila datang ke Kota Kudus tentunya tak lengkap rasanya jika tidak melakukan wisata kuliner dan mencoba masakan-masakan berikut ini:

  • Soto Kudus

Menu Soto memang banyak dimiliki oleh beragam daerah, dan salah satu daerah yang memiliki keunikan dalam masakan sotonya adalah Kota Kudus. Jika di kota lain, soto biasanya diberi suwiran daging ayam atau sapi, namun berbeda halnya dengan soto Kudus yang menggunakan suwiran daging kerbau. Penggunaan daging kerbau ini erat kaitannya dengan adat istiadat masyarakat Kudus yang tidak mengkonsumsi daging sapi. Pada zaman dahulu, Sunan Kudus yang juga salah satu dari Walisongo penyebar agama Islam di Pulau Jawa menyebarkan Islam dengan cara lemah lembut pada masyarakat Kudus yang masih banyak beragama Hindu. Masyarakat Hindu yang memuja hewan sapi, oleh karena itu, untuk itu agar menyebarkan Islam dengan damai, maka Sunan Kudus melarang masyarakat Islam Kudus untuk mengkonsumsi daging sapi, dan itu berlaku hingga sekarang.

  • Lentog Tanjung

Lentog merupakan makanan khas daerah Kudus yang bentuknya semacam lontong dengan sayur lodeh. Makanan ini dilengkapi dengan sate telur puyuh. Lentog Tanjung biasanya disajikan dalam piring kecil yang sudah dilapisi dengan daun pisang. Lentog ini biasanya sangat cocok untuk sarapan pagi. Dengan harga yang murah meriah, wisata kuliner dengan lentog tanjung sangatlah mengenyangkan.  

  • Nasi Pindang

Selain lentog dan soto, menu lain yang cocok untuk sarapan adalah menu nasi pindang. Nasi pindang ini tampilannya hampir mirip dengan rawon, akan tetapi kuahnya tidak sehitam rawon. Ada banyak pilihan irisan daging yang bisa disajikan dalam nasi pindang, apakah irisan daging, babat, atau limpa. Nasi pindang ini biasanya disajikan di atas piring kecil yang sudah dilapisi dengan daun pisang, pada kuahnya dicampur dengan daun melinjo agar lebih sedap.

Baca Juga: Tempat Wisata Kuliner Di Yogja Yang Wajib Anda Kunjungi

  • Garang Asem
READ  5 Teknik Bermain Gitar Fingerstyle Ala Sungha-Jung

Garang Asem adalah makanan khas kudus yang lezat. Nama garang asem sendiri diambil dari cara memasaknya yang digarang atau dikukus (digarang) dengan suhu yang panas. Garang asem dibuat dengan cara memasukkan lauk sesuai selera, bisa ayam, ikan, atau jeroan bersama irisan tomat hijau ke dalam daun pisang kemudian dikukus atau digarang.

  • Ayam Gongso

Menu khas Kudus selanjutnya adalah Ayam Gongso. Ayam Gongso biasanya dimasak menggunakan bumbu kecap cabai sehingga warnanya pun hitam eksotis. Ayam Gongso bisa dihidangkan bersam nasi putih hangat dan teh hangat.

Itulah beberapa menu wisata kuliner yang wajib dicoba apabila datang ke Kota Kudus karena tak akan lengkap rasanya jika berkunjung ke kota Kretek tanpa menikmati menu-menu makanan khas yang dimilikinya.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More