Home Tips Ulasan Seputar Tugas dan Wewenang Dokter Hewan Serta Tips Memilih Dokter untuk Kucing Kesayangan Anda

Ulasan Seputar Tugas dan Wewenang Dokter Hewan Serta Tips Memilih Dokter untuk Kucing Kesayangan Anda

by Beverley Kennedy
Ulasan Seputar Tugas dan Wewenang Dokter Hewan Serta Tips Memilih Dokter untuk Kucing Kesayangan Anda

Dokter hewan atau medik veteriner adalah dokter yang menangani hewan dengan beberapa gejala penyakitnya. Selain itu, dokter ini juga bertanggung jawab terhadap kesehatan hewan, meningkatkan kesejahteraan hewan dan kesehatan masyarakat veteriner. Biasanya dokter yang membuka praktik memfokuskan diri pada satu kelompok hewan tertentu baik itu kelompok besar maupun kecil. Kelompok hewan kecil merujuk pada hewan kesayangan seperti anjing, kucing dan juga kelinci. Untuk kelompok hewan besar merujuk pada hewan ternak seperti sapi, kambing, kuda dan babi. Dokter ini juga bertugas sebagai konsultan ahli seperti konsultan unggas dan sebagiannya lagi bekerja di lembaga penelitian dan lainnya.

 Ulasan Seputar Tugas dan Wewenang Dokter Hewan Serta Tips Memilih Dokter untuk Kucing Kesayangan Anda

Berikut adalah tugas dan wewenang dari medik veteriner diantaranya:

  • Melindungi kehidupan atau kesehatan hewan dan resiko yang ditimbulkan dari masuk, berkembang atau menyebarnya hama, penyakit, organisme penyebab penyakit.
  • Melindungi kehidupan dan kesehatan manusia dari resiko yang ditimbulkan oleh bahan tambahan, kontaminan, toksin atau organisme penyebab penyakit dalam.
  • Melindungi kehidupan dan kesehatan manusia dari resiko timbulnya penyakit yang terbawa oleh hewan, produknya, masuknya, berkembangnya dan hama penyakit.
  • Mencegah berkembangnya hama penyakit.

Beberapa tugas dan wewenang diatas perlu diketahui mengingat dokter hewan berbeda dengan dokter umum. Dokter ini juga perlu melakukan tindakan pencegahan penyakit seperti melakukan pemeliharaan kesehatan hewan, pengawasan lalu lintas hewan, dan melakukan karantina pada hewan yang mengidap penyakit. Dengan beberapa gejala tersebut maka dokter akan memberikan diagnosis atau prognosis dan terapi jika diperlukan.

Berikut adalah tips memilih dokter untuk kucing diantaranya:

  • Cari referensi, dengan teman sesama pecinta kucing, dari sumber terpercaya dan dapat melakukan grooming atau googling untuk melihat apa saja yang ditawarkan dan apakah memilih klinik, rumah sakit atau dokter praktek sendiri.
  • Interaksi yang baik, memiliki gaya komunikasi sesuai yang diinginkan dan pemilik kucing harus nyaman dan tidak malu bertanya dan dokter yang baik akan sabar serta perhatikan juga bagaimana dokter dan staff memperlakukan hewan peliharaan.
  • Tanyakan fasilitas, seperti peralatan yang dimiliki dan tidak dimiliki, termasuk dokter spesialis atau memiliki rujukan yang diperlukan dan bagaimana perawatan kucing yang harus dirawat inap dan tanyakan juga fasilitas call center 24 jam untuk sigap melayani ketika dihubungi.

Selain itu, pertimbangkan juga back up jika dokter langganan jauh dan tidak membuka klinik 24 jam dan back up ini dapat didatangi saat darurat. Andalkan juga jika tidak merasakan nyaman saat mendapatkan rekomendasi terbaik. Jika tidak merasa puas maka dapat berganti dokter hewan jika menemukan yang lebih baik. Dokter hewan tentu akan menyelidiki beberapa penyakit seperti zoonosis yaitu sebuah penyakit menular dari hewan ke manusia dan sebaiknya disebut Anthropozoonosis.

READ  Mengenal Industri Kreatif

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More