Home Traveling Tips Umpan Mancing Ikan Lele yang Tepat Saat Malam Hari  

Tips Umpan Mancing Ikan Lele yang Tepat Saat Malam Hari  

by Beverley Kennedy

Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat, walaupun mempunyai bentuk yang menggelikan tetapi jenis ikan ini mengandung banyak manfaat yang tinggi. Kandungan protein yang tinggi menjadikan beberapa kolam pemancingan membudidayakan ikan tersebut untuk dikonsumsi. Untuk bisa mancing ikan lele sendiri tidak bisa sembarangan, harus ada trik-trik khusus apalagi jika dilakukan pada malam hari. Karena melakukan pemancingan ikan pada malam hari dengan siang hari itu memerlukan jenis umpan yang berbeda, hal ini akan membuat ikan yang Anda incar lebih mudah ditangkap.

 

Sebelum membahas mengenai umpan ikan lele yang tepat pada malam hari, berikut ini ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai cara memancing lele yang tepat yaitu:

Persiapkan mata dan benang pancing.
Pertama Anda perlu memperhatikan kail yang akan digunakan, misalnya untuk lele menggunakan ukuran 8 sampai dengan 10 atau juga bisa Anda sesuaikan dengan target sasaran. Lalu untuk pelampungnya lebih baik gunakan yang lebih tinggi supaya ketika umpan terkena ikan masih bisa dilihat saat malam hari.

Tepat pemancingan.
Umumnya ikan lele akan ditempatkan pada sebuah kolam karena memang di budidaya dari kecil, setiap kolam mempunyai ukuran kedalam masing-masing. Anda bisa memilih tempat yang mempunyai kedalaman lebih tinggi karena pada umumnya ikan lele akan lebih suka berada pada kolam yang dalam.

Selera ikan yang berubah.
Terkadang ikan lele mempunyai selera makan yang bisa berubah sewaktu-waktu, maka dari itu perhatikan umpan yang telah Anda siapkan. Sebelum mancing ikan lele lebih baik siapkan dua umpan yang berbeda. Dengan begitu kesempatan mendapatkan ikan lele akan lebih banyak. Jika umpan satu tidak terlalu menarik, Anda bisa merubah menggunakan umpan yang kedua.

READ  Wisata Kuliner berbasis Aplikasi

Tabrakan benang pancing.
Terkadang ada ikan yang memang sudah tidak mempunyai nafsu makan, jadi di kasih umpan seperti apa saja tidak pernah tertarik melahapnya. Walaupun begitu tidak jarang pula ikan lele menabrak benang pancing sehingga bergoyang pelampungnya. Pada saat itu sebaiknya Anda langsung mengangkat pancing dengan harapan ikan tersangkut oleh kail.

Ukuran umpan.

Yang tidak kalah penting adalah ukuran umpan yang perlu Anda perhatikan, satu jenis ikan lele akan menginginkan ukuran umpan yang berbeda pula.

 

Umpan yang dimaksudkan untuk ikan lele tersebut sangat bermacam-macam, mulai dari ulat sutra, cacing tanah, daging, jangkrik dan lain sebagainya. Tetapi sebagian besar pemancing lebih memilih ikan yang berukuran kecil sebagai umpan karena memang lebih menarik untuk ikan lele. Nah, itulah beberapa hal mengenai umpan mancing ikan lele yang tepat dan mudah berhasil. Baik dalam kondisi malam ataupun siang kalau umpan yang diberikan tepat pasti akan mudah mendapatkannya.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More