Home Traveling Tips Travelling Sendirian, Persiapan dan Perjalanannya

Tips Travelling Sendirian, Persiapan dan Perjalanannya

by Beverley Kennedy
tips travelling

Travelling merupakan kesempatan Anda untuk melihat tempat baru, mencari pengalaman unik, dan menyegarkan diri dari rutinitas sehari-hari yang membosankan. Tetapi perjalanan tersebut juga bisa menjadi kesempatan Anda untuk mencari tahu tentang diri sendiri, dengan cara melakukan solo travelling, atau perjalanan liburan sendirian. Temukan tips travelling solo ini di bawah ini!

Ada banyak hal menyenangkan saat bisa melakukan perjalanan secara solo. Misalnya saja bebas untuk menentukan tujuan perjalanan, bebas menentukan tempat menginap, dan menelusuri rute yang mungkin saja tidak terlalu banyak diketahui orang. Namun satu hal yang harus diingat adalah, ini berarti Anda hanya bisa bergantung pada diri sendiri selama di perjalanan tersebut.

Jangan terintimidasi dan takut duluan. Sebelum berangkat, lakukan tips travelling ini untuk persiapan agar Anda lebih tenang:

  1. Tentukan tempat perjalanan

Tentukan dulu ke mana Anda akan pergi. Susun rencana perjalanan, biaya-biayanya, pembagian waktu, serta rute perjalanan.

  1. Riset tiket, penginapan, dan, transportasi, dan keamanan

Setelah itu, lakukan riset tentang tiket perjalanan, di mana saja penginapan yang aman dan murah, bagaimana mode transportasinya, dan mengenali mana tempat-tempat yang aman dan yang berbahaya.

  1. Packing ringan

Karena tak ada yang membantu membawa barang bawaan, kemasi barang Anda seringan mungkin, bahkan cukup satu tas saja. Ini juga akan mempermudah Anda bergerak dari satu tempat ke tempat lain.

  1. Dokumen dan nomor kontak siap

Persiapkan dokumen-dokumen penting seperti izin dan identitas, baik softcopy atau hardcopy untuk jaga-jaga, dan tulis nomor kontak darurat di ponsel maupun buku catatan.

  1. Obat-obatan

Kenali betul apa alergi dan penyakit Anda, dan persiapkan obat-obatan untuk berjaga ketika Anda jatuh sakit di jalan.

See also  Ini Dia Tips Travelling ke Luar Negeri untuk Anda

Baca Juga : Macam-macam hobi yang menghasilkan uang

Jika persiapan sudah beres, maka berikutnya adalah tips saat menjalani travelling ini sendiri:

  1. Tiba di siang hari

Usahakan agar Anda sampai di tempat tujuan di siang hari. Anda bisa mendapatkan kesempatan melihat-lihat sekeliling dalam situasi yang lebih aman, serta lebih mudah mendapatkan transportasi.

  1. Beri tahu posisi Anda pada teman dan keluarga

Selalu beri tahu teman dan keluarga di mana posisi Anda saat ini, terutama di media sosial. Bukan untuk narsis, tapi ini untuk menjaga agar posisi Anda selalu terpantau.

  1. Stay low

Jangan bersikap terlalu seperti turis. Anda hanya sendirian, jadi bersikaplah santai dan jangan seperti orang hilang, agar tak menarik perhatian orang-orang yang ingin memanfaatkan Anda.

Lakukan tips travelling di atas, dan Anda akan bisa melakukan perjalanan solo Anda dengan nyaman dan aman. Cobalah sekali-kali melakukannya, Anda akan merasakan betapa nikmatnya untuk bisa mandiri dan bebas dalam melangkah ke mana saja Anda inginkan. Ini juga akan memberikan pengalaman berharga bagi Anda, yang tak akan Anda dapatkan jika beramai-ramai bersama teman dan keluarga.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More