Home Traveling Tips Traveling dengan Budget Minim Namun Tetap Menyenangkan

Tips Traveling dengan Budget Minim Namun Tetap Menyenangkan

by Beverley Kennedy
Tips Traveling dengan Budget Minim Namun Tetap Menyenangkan

Traveling atau wisata merupakan kegiatan yang tepat dilakukan untuk menghilangkan penat atau stress yang melanda karena aktivitas rutin yang padat. Meskipun melakukan wisata bisa membuat pikiran menjadi lebih plong, namun tak menutup mata jika kita harus mengeluarkan sejumlah uang untuk melakukannya. Budget terkadang menjadi pertimbangan penting bagi sebagian orang untuk melakukan wisata ke berbagai destinasi yang diinginkan. Jika Anda berpikir liburan harus melulu mengeluarkan banyak uang, maka sebaiknya ubah mindset Anda terlebih dahulu. Karena ada banyak sekali wisata yang bisa dilakukan tanpa harus mengeluarkan jumlah rupiah yang banyak.

 Tips Traveling dengan Budget Minim Namun Tetap Menyenangkan

Anda hanya perlu mensiasatinya dengan baik agar bisa menyeimbangkan antara keinginan dengan pengeluaran. Jika Anda ingin meminimalisir pengeluaran saat liburan, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Berikut ini ada tips untuk Anda para traveler yang ingin melakukan wisata dengan budget yang minim.

  • Riset terlebih dahulu.

Agar budget minim tidak menjadi kendala untuk berwisata, maka sebaiknya lakukan riset lokasi terlebih dahulu. Sehingga Anda bisa mengukur jumlah budget yang haru dikeluarkan. Riset akan memudahkan Anda memperoleh gambaran pengeluaran selama liburan. Kumpulkan informasi, mulai dari alat transportasi yang dipakai pulang pergi, penginapan, biaya makan, ongkos tak terduga, biaya masuk tempat wisata, dlsb. Anda bisa melakukan riset dari internet, seperti blog traveler, online travel agent, review-review, dlsb.

  • Menggunakan transportasi umum.

Untuk menekan biaya traveling, menggunakan moda transportasi umum bisa Anda lakukan. Anda bisa menggunakan bisa ataupun kereta untuk perjalanan Anda. Pesan tiket dari jauh-jauh hari agar ketersediaan kursi masih banyak dan bisa menyesuaikannya dengan budget yang Anda miliki.

  • Memilih perjalanan malam.

Untuk yang berbudget minim, memilih perjalanan malam menjadi pilihan yang tepat. Karena Anda tidak mengeluarkan biaya untuk menginap saat sampai di kota tujuan wisata Anda. Berbeda jika Anda melakukan perjalanan di siang hari. Sampai di kota tujuan sudah malam hari, dan mau tidak mau harus mencari penginapan sebelum esok hari berpetualang.

  • Penginapan murah dan strategis.

Dengan mencari penginapan yang murah dan strategis, Anda akan menghemat pengeluaran serta bisa menjangkau transportasi umum, tempat makan, dan tempat wisata dengan lebih mudah.

  • Membawa makanan sebelum memasuki tempat wisata.

Bisanya harga makanan yang dijual di tempat wisata lebih mahal dibandingkan harga biasanya. Untuk itu agar lebih berhemat, sebaiknya Anda membawa bekal makanan dan minuman sendiri sebelum mengunjungi tempat wisata.

  • Obyek wisata gratis.

Cari referensi obyek wisata yang murah atau kalau bisa gratis sehingga akan menghemat biaya liburan Anda.

  • Makan tidak harus yang mewah.

Jika ingin mencicipi makanan lokal dan khas kota wisata tersebut, sebaiknya Anda memilih tempat makan di pasar tradisional dibandingkan dengan di restoran maupun hotel yang tentu dibanderol harga yang mahal.

  • Hindari pergi traveling saat musim liburan.

Hal ini karena di musim liburan, tidak hanya jumlah wisatawan yang membludak namun harga-harga pun ikut naik. Mulai dari harga transportasi, harga hotel, harga tiket masuk objek wisata, harga makanan, dlsb.

READ  Tips Traveling ala Backpacker

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More