Home Aneka Hobi Tips-tips Meningkatkan Kemampuan dalam Permainan Futsal

Tips-tips Meningkatkan Kemampuan dalam Permainan Futsal

by Beverley Kennedy

Permainan futsal merupakan permainan sepak bola yang dilakukan di dalam lapangan yang berukuran lebih sempit yang biasanya indoor (dalam ruangan). Karena permainannya diadakan di dalam lapangan yang sempit, maka jumlah pemain dalam satu tim juga lebih sedikit. Oleh karena itu diperlukan skill yang handal untuk dapat mencetak skor sebanyak-banyaknya dan memenangkan pertandingan. Permainan ini memang bisa dijadikan sarana hiburan yang mengasyikkan, namun jika sudah bertanding dengan tim lawan atau sparing dengan tim lain, tentu perlu tips-tips khusus untuk meningkatkan skill. Apa saja tipsnya? Ini dia:

  • Menggiring.

Menggiring atau dribbling dalam permainan ini tidak seperti dalam permainan sepakbola karena diperlukan timing yang tepat. Artinya dribbling ini harus dilakukan pada saat yang pas untuk memecah kebuntuan, jangan terlalu sering karena permainan ini sangat membutuhkan kerjasama tim. Jika melihat permainan ini pada level internasional, para pemain lebih sering mengoper daripada menggiring. Jadi jangan biarkan rekan tim merasa kesal karena kita terlalu lama dribbling.

  • Mengoper.

Operan dalam permainan ini mengutamakan tingkat akurasi, hal ini dikarenakan lapangan yang sempit dan jarak antar pemain yang dekat membuat operan harus tegas dan akurat sampai benar-benar tiba ke rekan satu tim. Operan ini dapat dilakukan dengan bagian dalam kaki, punggung kaki, maupun dengan ujung kaki. Namun dalam permainan olahraga futsal ini, yang sangat disarankan saat mengoper adalah dengan menggunakan bagian dalam kaki.

Baca Juga:Mau Sparing Futsal? Ini Strateginya Agar Cepat Menang

  • Mengontrol.

Bagi Anda yang masih sering kagok saat mendapatkan bola maka mulailah belajar untuk mengendalikan bola dengan baik. Kontrol yang paling baik adalah dengan menggunakan bagian telapak atau sol sepatu. Hal ini bertujuan agar bola tidak mudah lepas kontrol serta lebih mudah untuk mengubah arah bola sesuai dengan keinginan kita tetapi tetap berada dalam kekuasaan penuh oleh kita. Selain itu, kita juga harus tahu arah bola meski belum sampai pada kita. Sehingga bisa langsung dikontrol dan diarahkan ke tempat yang dituju. Mengontrol bola dengan sol sepatu bisa dilakukan saat tumit kaki sudah berada di lapangan, bukan saat melayang.

  • Pergerakan dan menembak.

Pada lapangan yang kecil, pergerakan yang efektif serta efisien merupakan kunci yang utama dalam permainan futsal. Dengan mata tetap kontak dengan bola, hal ini yang dapat membuat pergerakan kita tidak jadi mubadzir. Jangan ragu untuk meminta operan bola dari rekan Anda. Setelah itu barulah Anda bisa melakukan tembakan dengan maksimal. Arahkan bola dengan penuh rasa percaya diri. Cobalah untuk menembak jika sudah berada di wilayah 10 meter dari gawang atau sekitar titik pinalti yang kedua. Gunakan ujung atau punggung kaki untuk menembak.

 

READ  3 Panduan Merawat Kucing Yang Benar

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More