Home Aneka Hobi Tips Mudah Memilih Saxophone Berkualitas

Tips Mudah Memilih Saxophone Berkualitas

by Beverley Kennedy

Musik menjadi bagian yang sangat penting dalam hidup, tanpa musik atau sesuatu yang enak untuk didengarkan maka semuanya akan terasa sunyi bukan. Beberapa orang memiliki kegemaran yang sangat tinggi akan musik ini, baik itu untuk mendengarkannya atau menjadi pelaku uang memainkan alat musik tersebut. Ada cukup banyak pilihan instrumen musik yang memang bisa untuk Anda mainkan. Diantaranya adalah jenis yang dipetik, dipukul, ditekan atau ditiup, kebanyakan diantara masyarakat sendiri memang lebih condong pada alat musik petik seperti halnya gitar atau yang ditekan dengan jari yaitu piano. Namun juga ada yang ternyata masih menggemari alat musik klasik seperti saxophone.

Sangat jarang jika kita melihat beberapa tahun belakangan ini ada grup musik populer di Indonesia yang bermain dengan mengandalkan alat musik tiup tersebut. Padahal komposisi suara yang bisa dihasilkan jauh lebih menarik untuk didengar. Umumnya ia masih dimainkan untuk beberapa rumah makan dengan konsep makanan enak sambil mendengarkan live music atau beberapa pertunjukan besar.

Khusus untuk Anda yang juga menggemari perpaduan suara unik dengan saxophone, bahkan juga tertarik untuk mempelajarinya, maka berikut ini sedikit tips jika ingin membeli alat musik satu ini, diantaranya adalah:

  1. Kenali jenisnya terlebih dahulu setidaknya ada 2 tipe yang harus Anda ketahui, yaitu sopran dan juga alto, untuk jenis sopran ini sendiri nadanya lebih tinggi dibandingkan dengan seri alto. Namun bagi yang masih pemula, untuk menghasilkan nada-nada yang indah memang jauh lebih disarankan untuk memilih jenis alto dan tenor, karena lebih mudah memainkan nada rendahnya.
  2. Pilih bentuk yang ergonomik atau yang menyesuaikan dengan bentuk tubuh Anda, pentingnya menggunakan jenis yang satu ini adalah agar nantinya otot-otot Anda tidak terasa sakit ketika memainkan alat musik tersebut, karena bentuknya sudah menyesuaikan dengan tubuh, sehingga nyaman ketika digunakan. Jadi jangan hanya melihat dari bentuknya yang unik saja, melainkan lebih kepada kenyamanan pemakainya.
  3. Menyesuaikan dengan jenis musik yang akan dimainkan, beberapa aliran musik tak hanya jazz saja memang banyak memanfaatkan alat musik ini, untuk dapatkan perpaduan indah dalam kualitas suaranya, diantaranya adalah rock and roll yang tergolong sebagai musik keras, maka bisa memilih seri sopran.
  4. Sesuaikan dengan budget yang dimiliki, setiap orang pastinya menginginkan beli produk yang berkualitas bukan, namun bagaimana dengan keuangan Anda, apakah sudah cukup untuk membeli jenis yang bagus tersebut. Jika tidak maka tak masalah beli yang agak murah, asalkan masih bagus.

Menggunakan saxophone untuk bermain musik akan memberikan sentuhan berbeda pada warna suara yang dihasilkan. Mungkin nantinya ada gebrakan baru klub musik yang juga memiliki satu pemain instrumen musik ini.

 

See also  Trik dan Tips Bermain Futsal yang Harus Diketahui dan Bisa Anda Praktekkan

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More