Home Tips Tips Mudah Belajar Menjahit Secara Otodidak di Rumah

Tips Mudah Belajar Menjahit Secara Otodidak di Rumah

by Beverley Kennedy
Tips Mudah Belajar Menjahit Secara Otodidak di Rumah

Dengan memiliki satu bidang keahlian tertentu terkadang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan uang, bahkan bisa menjadi tenar, contohnya adalah menyangi, kemudian juga keahlian menggambar, hingga yang paling digemari oleh anak perempuan saat ini adalah menjahit. Pastinya banyak yang sudah tidak asing dengan kegiatan dalam membuat beragam jenis busana yang satu ini bukan, mengingat pada dasarnya wanita terkadang sangat senang dengan hal-hal yang berbau fashion atau kecantikan.

 Tips Mudah Belajar Menjahit Secara Otodidak di Rumah

Bahkan di beberapa sekolah, terkadang ada bidang pelajaran yang dinamakan sebagai muatan lokal bisa itu tata boga atau tata busana yang paling banyak diterapkan untuk kaum hawa. Bahkan bukan hanya wanita saja, banyak juga diantaranya pria yang memiliki ketertarikan akan membuat busana ini. Jika memang tak memiliki waktu atau uang yang cukup untuk belajar tentang tata busana, maka bukan sebuah masalah, karena sebenarnya Anda tetap bisa mencoba belajar secara otodidak atau belajar sendiri.

Berikut ini ada beberapa cara belajar menjahit bagi pemula agar cepat menjadi handal, diantaranya adalah: 

  1. Luangkan waktu yang dimiliki, meskipun banyak sekali kesibukan, mulai dari bekerja atau mungkin masih dalam tahap belajar atau anak sekolah, namun paling tidak ada waktu luang yang dapat digunakan untuk belajar, misalnya adalah weekend, ingat jangan terlalu memforsir tubuh, tak harus dilakukan setiap hari, bisa seminggu sekali atau dua kali saja, lama-lama akan terbiasa.
  2. Siapkan terlebih dahulu alatnya, pastinya akan sangat sulit untuk belajar tata busana tanpa memiliki alat yang lengkap untuk mengerjakannya, tak perlu banyak, Anda bisa mulai membeli yang paling penting saja, misalnya adalah mesin jahit mini, harganya tidak begitu mahal, namun cukup untuk dipakai belajar.
  3. Perbanyak membaca buku-buku tentang tata busana, jangan khawatir karena bidang ilmu tata busana ini menyediakan secara lengkap teori dasar, teknik-teknik sampai dengan cara prakteknya, Anda harus memperbanyak pengetahuan terlebih dahulu dari membaca, jika tidak mendapatkan pendidikannya secara formal.
  4. Belajar dari video, dengan banyaknya media berbagi video yang ada saat ini, apapun bisa dengan mudah Anda pelajari, termasuk diantaranya keahlian di bidang yang satu ini. Mengingat tak jarang beberapa ahli yang membuat channel guna mempermudah orang-orang di luar sana yang ingin ikut belajar, tinggal ikuti panduan yang diberikan.
  5. Praktek secara langsung, pada dasarnya ini memang bukan ilmu teori saja, melainkan lebih banyak prakteknya, sehingga tanpa mencoba secara langsung tentu akan sangat sulit menguasainya, mulailah dari beberapa teknik dasar, sebelum nantinya mencoba yang lebih sulit. Paling tidak dari waktu ke waktu Anda menunjukkan perkembangan dalam belajar menjahit.

Keahlian yang satu ini bisa mengantarkan Anda menjadi seorang desainer handal di kemudian hari, jika ditekuni.

READ  Ini Dia Pilihan Hewan Peliharaan Kesayangan Beserta Konsekuensi Memeliharanya

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More