Home Aneka Hobi Tips Merawat Boneka Kesayangan Buah Hati

Tips Merawat Boneka Kesayangan Buah Hati

by Beverley Kennedy

Boneka adalah mainan yang paling banyak disukai dan dimainkan oleh anak-anak. Sekarang sudah banyak bentuk boneka, tidak hanya untuk anak perempuan saja. Tidak sedikit boneka yang didesain khusus untuk anak laki-laki. Agar  tetap bersih dan awet caranya adalah merawat boneka dengan cara yang benar.

Yang perlu Anda ketahui setiap tipe boneka memiliki cara perawatan yang berbeda, salah satu faktor penyebab perbedaan merawat boneka adalah karena bahan boneka itu sendiri. Ada bahan boneka yang tebal dan lebat, ada yang bulunya mudah rontok, ada yang kasar, halus dsb. Setiap bahan memiliki karakternya masing-masing, itu sebabnya cara merawatnya-pun berbeda.

Dalam artikel ini, kami akan berbagi tips dan informasi bagaimana mencuci boneka kesayangan Anda atau buah hati Anda dengan benar.

Sebelum Proses Pencucian

Sebelum mencuci ada baiknya Anda memeriksa terlebih dulu label yang terdapat pada boneka. Biasanya di label dicantumkan informasi bagaimana cara mencuci boneka tersebut dengan benar. Misalnya apakah boneka tersebut boleh dicuci menggunakan mesin cuci atau tidak, boleh dikeringkan dengan mesin pengering atau tidak dan jika boleh berapa suhu maksimal pengeringannya.

Jika boneka boleh dicuci menggunakan mesin, sebaiknya jangan disatukan dengan pakaian. Hal tersebut untuk menghindari warna pakaian yang luntur. Pastikan juga tidak ada bagian boneka yang sobek. Apabila di label tidak dicantumkan boleh atau tidak nya menggunakan mesin pengering sebaiknya jangan menggunakan mesin pengering, apalagi jika bahan boneka terbuat dari kain. Karena ditakutkan boneka akan menyusut dan rusak. Sebaiknya boneka dikeringkan dengan cara diangin-angin namun hindari menjemurnya di bawah sinar matahari langsung.

Cara Mencuci Atau Membersihkan Boneka

Jika boneka kotornya hanya berdebu saja, sebaiknya dibersihkan dengan cara diseka dengan lap yang sudah dibasahi air hangat. Atau bisa dibersihkan dengan selotif agar debunya menempel. Jika ada debu menempel, taruh detergen diatasnya dan biarkan beberapa saat sebelum dicuci.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, mencuci boneka sebaiknya tidak disatukan dengan pakaian atau cucian lainnya, tapi jika ternyata ada beberapa kondisi yang tidak memungkinkan bisa masukkan boneka ke dalam sarung bantal dan gunakan kecepatan mencuci yang paling lambat.

Jangan mengeringkan boneka dengan mesin pengering, cara ini untuk mengantisipasi bahan isi boneka menyusut. Jika ingin mencuci boneka dengan cara manual, larutkan detergen ke dalam air kemudian masukkan boneka yang sudah dibasahi sebelumnya,biarkan beberapa menit.kucek lalu bersihkan. Jemur boneka tidak langsung di bawah sinar matahari karena bisa menyebabkan warna cepat memudar. Setelah selesai kering, sisir boneka dengan sisi lembut.

Cara merawat boneka yang umurnya sudah tua dan berbulu lembut caranya bisa masukkan boneka ke dalam tas, lalu beri baking soda. Kemudian goncang-goncangkan hingga backing soda menempel rata. Biarkan kurang lebih 30 menit lalu bersihkan menggunakan handuk.

READ  6 Manfaat Bersepeda yang Bisa Didapatkan untuk Jangka Panjang

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More