Home Aneka Hobi Tips Merawat Bayi Baru Lahir dengan Benar

Tips Merawat Bayi Baru Lahir dengan Benar

by Beverley Kennedy

Merawat bayi memang terbilang susah-susah gampang. Selain membutuhkan kesabaran, Anda juga memerlukan pengetahuan yang memadai mengenai perawatan bayi.

Walaupun merawat bayi sudah menjadi bagian alami dari manusia, cara setiap orang tua pasti tidak persis sama. Ini karena faktor pengetahuan dan pengalaman masing-masing orang tua pasti berbeda-beda juga. Belum lagi kondisi bayi yang berbeda-beda menuntut perlakuan yang berbeda-beda pula. Anda harus menemukan perlakuan yang paling sesuai untuk kondisi bayi Anda saat ini.

Mari simak beberapa tips merawat bayi baru lahir dengan benar berikut ini.

Mengangkat bayi

Kondisi bayi baru lahir masih sangat rapuh. Oleh karena itu Anda harus sangat berhati-hati. Menggendong dan merangkul bayi dengan penuh kasih sayang mutlak dilakukan. Perlakuan lemah lembut akan membuatnya merasa nyaman dan dicintai. Pada awalnya mungkin akan terasa cukup sulit. Namun, jika sudah terbiasa, maka akan terasa mudah.

Mulai dengan memposisikan diri Anda berdiri atau setengah berdiri di hadapannya. Kemudian sodorkan satu tangan ke bawah kepala dan leher, sementara tangan lain ke bawah pantatnya. Angkat perlahan ke arah dada, lalu alihkan kepalanya ke lekukan siku tangan sambil menyangga badannya dengan lengan Anda. Saat meletakannya, tahan kepala dan pantatnya, lalu tarik terlebih dahulu tangan yang memegang pantatnya, kemudian disusul tangan yang menyangga kepala.

Menggendong bayi

Sebagaimana kita tahu, bayi baru lahir masih belum bisa menegakkan kepalanya. Oleh karena itu, tata cara menggendong bayi harus pula diperhatikan. Anda harus menyangga kepala bayi agar tidak terkulai. Anda juga sebaiknya menggendong bayi lebih dekat dengan tubuh Anda (tubuhnya tertahan tubuh Anda) sehingga tangan Anda bisa melakukan aktivitas lain.

Mengganti popok

READ  Tips dalam Memilih Skateboard untuk Pemain Pemula yang Bisa Anda Terapkan

Agar terhindar dari ruam popok, Anda sebaiknya sesegera mungkin mengganti popok bayi ketika basah karena pipis atau BAB. Sebagai informasi, pergantian popok pada bayi baru lahir biasanya berkisar antara 10 -12 kali dalam sehari.

Memakaikan baju

Kebanyakan bayi tidak menyukai baju yang dimasukkan melalui kepala (kaus oblong). Jadi, Anda sebaiknya membeli baju yang memiliki kancing baju depan atau samping. Selain itu Anda juga dapat membeli baju bertali.

Menidurkan bayi

Mayoritas bayi baru lahir akan tidur selama 6 sampai 8 jam pada malam hari. Sedangkan pada siang hari, dia akan tidur antara 3 sampai 5 jam.

Menangis

Menangis merupakan cara bayi Anda memberi tahu Anda mengenai kebutuhannya. Pada awalnya Anda mungkin akan bingung dengan apa yang diinginkannya. Namun, lama kelamaan Anda akan tahu betul mana tangisan lelah, mana tangisan lapar, dan lain sebagainya. Apabila tangisan bayi tidak kunjung berhenti, segera konsultasikan kepada bidan atau dokter.

Itulah beberapa tips seputar merawat bayi baru lahir dengan benar. Semoga dapat memberikan manfaat lebih bagi Anda yang tengah mempersiapkan proses perawatan bayi.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More