Home Aneka Hobi Tips Merawat Anjing Agar Sehat

Tips Merawat Anjing Agar Sehat

by Beverley Kennedy

Bagi pecinta hewan khususnya anjing, memelihara hewan tidak hanya hobi saja namun bisa menjadi kebahagiaan tersendiri bagi pemiliknya. Memelihara binatang harus dibarengi dengan tanggung jawab merawat dan menjaganya. Dalam artikel ini kita akan membahas cara merawat anjing yang benar agar kondisinya senantiasa sehat dan bulunya tumbuh dengan indah.

Memandikan

Memandikan anjing adalah perawatan yang harus dilakukan. Cara memandikan anjing sangat mudah, Anda hanya tinggal menyiapkan ember, siapkan air hangat dan shamponya. Siram air ke seluruh tubuh anjing lalu beri ia shampoo. Gosok gosok hingga berbusa lalu bilas dengan air hingga busanya hilang.

Memberikan Nutrisi Seimbang

Bukan hanya manusia saja yang membutuhkan nutrisi, hewan peliaraanpun membutuhkan nutrisi termasuk anjing. Nutrisi dibutuhkan oleh anjing terutama yang sedang dalam masa pertumbuhan menuju dewasa. Dengan nutrisi yang seimbang dapat membantu proses pertumbuhan giginya dengan cepat.

Merawat Gigi Anjing

Merawat gigi anak anjing bisa fokus pada kebersihan giginya. Hal ini dilakukan agar gigi tumbuh dengan sempurna. Cara membersihkan gigi anjing bisa dengan sikat gigi dan pasta gigi manusia. Lakukan setiap hari. Gigi anjing yang tidak pernah dibersihkan menjadi sarang kuman yang bisa mengganggu kesehatannya.

Baca Juga:Merawat Anjing Sakit Karena Cacingan

Membersihkan Bagian Wajah Anjing

Bagian wajah (mata, hidung, mulut dan telinga) anjing harus rutin dibersihkan. Berikut caranya:

  • Membersihkan telinga harus jeli dan teliti karena tidak hanya bagian luarnya saja yang harus dibersihkan, Anda harus membersihkan bagian dalamnya juga. Untuk membersihkan telinga anjing bisa mengguankan kapas bersih yang sudah dibasahi dengan cairan karbogliserin, usapkan kapas secara merata, gosok pelan sampai kotorannya terangkat. Carian karbogliserin bisa Anda dapatkan di apotik.
  • Sedangkan perawatan pada mata, hidung dan mulut bisa menggunakan handuk yang sudah dibasahi. Lalu usapkan ke bagian wajah pelan pelan.

Selain bagian wajah, perawatan kuku-kuku jarinya juga harus diperhatikan. Anda bisa memotong kuku secara rutin. Hal ini untuk mencegah kuku panjang dan melukai Anda atau melukai anjing itu sendiri. Anjing yang jarang bergerak kukunya tidak mudah panjang, berbeda dengan anjing yang selalu bergerak aktif kukunya lebih cepat panjangnya.

Memeriksa Kesehatan Anjing

See also  Gasing Sebagai Permainan Tradisional yang Perlu Dilestarikan

Poin cara merawat anjing yang terakhir adalah rutin memeriksa kesehatannya. Pemeriksaan rutin dilakukan dengan tujuan agar kesehatan anjing selalu terjaga dan jika ada penyakit bisa cepat diobati.

Melatih dan merawat anjing dengan kasih sayang bisa membuat anjing peliharaan Anda menjadi hewan yang pintar, patuh dan setia. Bagi pecinta anjing, anjing bukan sekedar hewan peliharaan saja namun lebih dari itu anjing layaknya seperti anggota keluarga yang akan menemani hari-hari menjadi lebih menyenangkan. Demikian pembahasan singkat mengenai cara merawat dan menjaga kesehatan anjing, semoga artikel ini bermanfaat.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More