Home Aneka Hobi Tips Memilih Mainan Bayi usia 6 Bulan Hingga 1 Tahun

Tips Memilih Mainan Bayi usia 6 Bulan Hingga 1 Tahun

by Beverley Kennedy

Dengan semakin meningkatnya usia bayi, maka aktivitas yang dilakukan pun semakin banyak. Biasanya mereka akan lebih suka bermain. Karenanya, untuk merangsang perkembangan bayi, orang tua biasanya akan memberikan sejumlah mainan. Orang tua disarankan untuk mengutamakan mainan bayi 6 bulan hingga 1 tahun yang dapat membantunya mengeksplorasi dan mendukung perkembangan panca inderanya. Berikut ini tips memilih mainan bayi usia 6 bulan hingga 1 tahun.

Kayu atau balok

Jenis mainan satu ini adalah salah satu yang populer. Orang tua bisa mengajak bayi bermain dengan balok atau kayu dengan cara menyusun, menjatuhkan atau memasangkannya pada lobang-lobang yang memiliki bentuk sesuai. Biarkan bayi memainkan balok-balok itu sesuai imajinasinya.

Bola

Benda bulat ini adalah salah satu mainan utama. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memainkan benda satu ini. Jika bayi sudah lebih besar, Anda bisa mengajak bayi untuk menggelindingkannya ataupun main lempar tangkap bola.

Boneka

Boneka juga salah satu jenis mainan yang akan disukai bayi. Pastikan boneka yang diberikan tidak memiliki tali, benang atau bagian kecil yang mudah tertelan. Selain itu, berikan boneka dengan ukuran sesuai ukuran tubuh bayi agar mudah dimainkan.

Papan aktivitas

Anda juga bisa memberikan seperangkat papan aktivitas dengan beragam mainan di atasnya. Mainan-mainan tersebut dapat berupa sesuatu yang dapat menarik minat bayi sehingga bayi tertarik untuk memutar, membuka, menutup, menjatuhkan, menggetarkan, dan meremasnya.

Perlengkapan rumah tangga

Sendok, cangkir atau mangkok plastik berwarna juga bisa dijadikan mainan bayi usia 6 bulan hingga 1 tahun. Anda bisa memberikan mainan ini sambil menyiapkan makanan untuk bayi.

Buku

Membacakan dongeng juga bisa jadi salah satu aktivitas menyenangkan bagi bayi. Ini bisa membantu perkembangan keterampilan bahasa mereka. Pilih buku dengan desain dan gambar menarik, tetapi dari kain atau bahan yang tidak mudah sobek agar tidak mudah rusak atau tertelan oleh bayi.

Kardus bekas

READ  Harga Vapor Terkini: Menilik Sistem Kerja Vapor yang Ada Saat Ini

Anda juga bisa memberikan kardus bekas pada bayi yang sudah mulai senang merangkak. Ini akan membantu perkembangan imajinasi mereka. Biarkan bayi menjelajah lewat terowongan atau benteng dari kardus bekas tadi.

Mainan berbentuk

Ada banyak mainan variatif untuk bayi yang saat ini mudah didapatkan. Beberapa diantaranya berbentuk bintang atau segitiga, balok dengan lubang berbentuk bulat atau persegi. Bayi akan terpancing untuk mencocokkan dengan cara memasukkan balok-balok berbentuk yang dipegangnya ke lubang yang sesuai.

Hal paling penting dalam memilih mainan bagi bayi adalah faktor keamanan. Berikan mainan yang benar-benar aman bagi bayi. Dan selalu temani bayi saat ia memainkan mainan tersebut. Anda tidak perlu khawatir mendapatkan mainan bayi. Karena saat ini ragam mainan bayi sudah banyak beredar di toko-toko mainan.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More