Home Tips Tips Memilih Kandang Hewan Kelinci Hias yang Baik dan Nyaman

Tips Memilih Kandang Hewan Kelinci Hias yang Baik dan Nyaman

by Beverley Kennedy
Tips Memilih Kandang Hewan Kelinci Hias yang Baik dan Nyaman

Memelihara binatang menjadi salah satu hobi yang bisa memberikan Anda rasa rileks, nyaman serta berkasih sayang terhadap sesama makhluk ciptaan Tuhan. Dari hewan yang dipelihara untuk di ternak dan diambil manfaatnya hingga hewan peliharaan untuk dianggap sebagai keluarga. Untuk hewan peliharaan, masyarakat sudah mengenal kucing dan anjing sebagai 2 jenis hewan yang banyak dijadikan peliharaan di rumah. Akan tetapi sekarang ini jenis hewan peliharaan semakin bertambah dengan berbagai jenis yang dulunya dianggap liar bahkan wabah. Kini Anda bisa melihat kelinci, iguana, ular hingga tupai terbang sebagai binatang kesayangan. Seperti anggota keluarga lainnya, hewan peliharaan Anda seharusnya juga memiliki kandang hewan yang nyaman untuk ia beristirahat.

 Tips Memilih Kandang Hewan Kelinci Hias yang Baik dan Nyaman

Memilih kandang untuk hewan kesayangan sama dengan memilih kamar tinggal untuk diri sendiri. Sebagai contohnya adalah ketika Anda akan memilih kandang untuk hewan kelinci hias yang saat ini sedang marak dijadikan hewan peliharaan. Meski memiliki bentuk yang mirip kucing terutama untuk jenis bulu panjang, namun kelinci hias memiliki karakteristik dan sifat yang berbeda sehingga diperlukan kesesuaian antara kandang yang akan dihuninya. Ada 2 pilihan untuk memberikan kandang yang nyaman yaitu membuat sendiri atau membeli jadi.

Sebelum membahas mengenai kandang yang tepat, perlu diketahui bahwa kelinci sangat rentan terhadap angin dan air. Angin malam dan air hujan bisa menyebabkan kelinci kembung yang menjadi salah satu penyebab utama kelinci mudah mati. Untuk itu kandang yang hangat dan terlindung dari angin serta air menjadi syarat utama pemilihan kandang hewan untuk kelinci yang tepat.

Untuk memberikan kandang yang nyaman bagi kelinci Anda, berikut ini adalah tips yang bisa dilakukan:

  • Kandang buatan sendiri untuk kelinci.

Ada beberapa bahan yang direkomendasikan untuk kandang kelinci yaitu kayu, besi galvanis dan bambu. Anda bisa membuat kandang segi empat dengan ruji dari kayu, bambu atau besi galvanis. Yang paling penting adalah bagian bawah yang diberikan sela antar ruji dengan ukuran yang memungkinkan kotoran kelinci langsung turun ke bawah sehingga tidak terinjak-injak oleh kelinci. Sisi samping bisa ditutup tanpa celah udara untuk kandang yang lebih hangat dan hanya menyisakan sisi depan saja yang memiliki celah. Untuk bagian atas, Anda bisa memberikan atap dari fiber tembus pandang agar sinar matahari bisa masuk ke area kandang.

  • Kandang beli jadi.

Untuk kandang beli, Anda bisa menggunakan kandang kucing yang memiliki sela di bagian bawah dan penampung kotoran yang langsung jatuh sehingga mudah dibersihkan.

Jangan lupa untuk meletakkan kandang hewan kelinci Anda di dalam ruangan agar terhindar dari angin atau air hujan. Jika terpaksa meletakkannya di luar rumah, berikan perlindungan dari angin dengan menutupinya menggunakan bahan tak tembus udara.

 

READ  Tips Memilih Makanan Anjing yang Aman dan Sesuai Kebutuhan

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More